sari-laut-hawwi

Sari Laut Hawwi

Makan seafood yang segar ga harus sampai ke Belawan koq. Sari laut Hawwi yang keberadaannya di kota Medan sudah puluhan tahun berawal dari kedai kecil di kota Belawan yang terkenal akan hasil tangkapan laut yang fresh. Minggu lalu kami keliling untuk berburu kuliner dan akhirnya berhenti di rumah makan ini. Terletak di Jalan Orion atau lebih gampangnya sebelah Medan Plaza, rumah makan ini tidak begitu ramai ketika berkunjung, karena kami lebih awal tiba sekitar pukul 18.30 namun perlahan pengunjung mulai berdatangan.

Setelah ‘mengamankan’ meja, beberapa dari kami keluar ke depan rumah makan untuk memilih kerang dan kepiting yang akan dimasak. Tampak disini hasil tangkapannya masi segar, dan juga kuantitasnya tidak banyak. Boleh dibilang kepiting disini lebih padat isi dagingnya ketimbang rumah makan Chinese food lainnya. Setelah memilih, kami pun menunggu di meja makan sambil memesan minuman dan makanan lainnya.

Meet your sauce. Saus ini bakal menemani anda dalam petualangan melahap kepiting dan kerang. Bahan utama yang dipakai disini ialah nenas dan cabe, kemudian butiran kacang yang terpisah, agar anda dapat mengestimasi sendiri rasio kacang dengan saus. Apabila anda bukan penggemar kacang, you may skip this one, but you miss the awesomeness.

Kerang batu rebus (35rb) mengawali santapan malam itu sebagai appetizer, karena proses penyajiannya lumayan cepat. It’s just plainly cooked, jadi rasanya hambar namun segar, dan disinilah saus berperan. Daging kerang yang sudah dikeluarkan dari cangkang dicampur dengan saus…oh what a taste!

Sebagai tips, anda juga dapat memesan supaya kerangnya jangan direbus terlalu lama (half-cooked), supaya lebih juicy and raw, but we’d prefer it fully cooked.

Meanwhile, tampak kepiting yang sudah setengah masak dikeluarkan dan dibersihkan, lalu direbus lagi… what a scenery.

Back on the table, Telur goreng tiram (50rb) pun dihidangkan. Sekilas kelihatan seperti telur dadar pada umumnya. But the best part is, ada tiram kecil yang diselipkan dan tersebar di telur dadar tersebut. Soal rasa tidak diragukan lagi, tiramnya tidak berbau amis dan kombinasi rasanya dengan telur pas.

Karena tidak memesan nasi putih, kami menggantinya dengan bihun goreng seafood dan nasi goreng seafood. Beberapa dari kami lebih suka bihun goreng, beberapa lagi suka nasi goreng. Both taste good actually.

Finally, here comes the main course. Kepiting rebus Hawwi. It’s fresh, it’s juicy, dan isi dagingnya padat! Mungkin inilah yang ngebedain kenapa kepiting disini lebih mahal. Kami harus mengeluarkan 540rb untuk 4 ekor kepiting (2 jantan 2 betina). Kasihan yang motretin, karena begitu dibilang ‘ok’, capit tersebut langsung jadi rebutan. Daging kepiting ini juga cocok dimakan bersamaan dengan saus cabe nenas kacang.

Tak luput dari makanan, rumah makan ini juga menyediakan jus Hawwi, yang terbuat dari beberapa jenis buah (kami sampai lupa berapa jumlahnya saking banyaknya). Ada rasa ada harga, total harga yang kami bayar hampir mendekati 1 juta. Apabila harga bukan masalah bagi anda, tempat ini menyediakan sari laut yang segar dengan kualitas dan rasa yang mantap.

Hawwi Seafood
Jalan Orion no 81-83
Telp: 4523552
Foursquare

4 thoughts on “Sari Laut Hawwi”

  1. wah kurang tau juga yah wearen. Hehe udang dan ikannya ada, mgk di dalam… yg jadi specialty sih kerang ama kepiting.. lagian kalo mesan udang ma ikan mau bayar berapa bos? hehe… @Wearen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s