Skip to content

XO Suki

  • by

“Hot pot” atau “สุกี้” (Suki, Thailand) bukan pendatang baru dunia kuliner Medan. Peminatnya juga tidak tanggung-tanggung. Nah, bulan lalu persaingan bisnis F&B di Medan semakin ramai dengan hadirnya XO Suki di lantai 3 (tiga) Sun Plaza Medan. Kru makanmana, yang-sejak-resto-ini-masih-direnovasi-sudah-penasaran, akhirnya berhasil menjajal kehebatan restoran yang satu ini sekalian meramaikan acara perpisahan seorang sahabat.

Semula kami pesimis dengan konsep hot-pot di dalam mall, apalagi beberapa seatingnya berlokasi di dekat eskalator dimana kenyamanan makan menjadi isu ketika ramai pengunjung mall berlalu-lalang sembari menatap Anda bersantap-ria. Suprisingly, respon yang diberikan publik lumayan bagus hingga kami harus booking lebih dulu (takut ngak kebagian tempat). “Reservasi Tempat” amat disarankan bagi anda yang ingin menikmati XO Suki di hari weekend. Begitupun, kami mendapatkan sedikit kendala mengenai reservasi, tapi untunglah semua teratasi dengan baik.

Konsep makanan yang ditawarkan tidak begitu berbeda dengan konsep restoran suki lainnya, dimana Anda memilih bahan makanan yang akan direbus dalam 3 pilihan kuah (Kaldu Ayam, Tom Yum, dan Kaldu Vegetarian). Karena ini pertama kalinya kami ke sini, para pelayan menawarkan Split Soup buat kami, di mana dalam satu panci diisi dengan 2 (dua) pilihan kuah (kami memilih Kuah Ayam dan Tom-Yum) yang dipisah dengan sebuah divider. Setelah itu, kami langsung dipersilahkan ke rak pendingin yang berisi aneka pilihan daging dan sayuran yang tersusun dalam piring yang ditandai dengan beragam warna. Piring berwarna inilah yang menjadi penanda harga, biru muda untuk yang paling murah (puas-puasin deh ambil yang ini) dan piring special (yang agak besar piringnya, terletak di rak paling atas) yang paling mahal. Pilihan kami untuk piring special adalah Fish Glue dan Suki ikan Dora (dimana sangking spesial harganya, kami tidak berani menatap lama).

Selama proses pemilihan bahan ini, kami ditemani seorang waiter yang siap membantu membawa bahan-bahan tersebut ke meja kami. Ragam pilihan yang ditawarkan oleh XO Suki ini boleh diancungi jempol . Mereka berani menawarkan 50 (lima puluh) lebih variasi bahan daging dan sayuran (yang tentunya membuat kami kalap mata dan hampir overspent). Bahan yang ditawarkan pun sangat segar. (Kesegaran ini akan kami kupas lebih mendalam dalam paragraf mendatang)

Setelah kami puas memilih bahan, kami dipersilahkan untuk duduk kembali sembari mereka membawakan kuah dan pesanan kami. Kami pun ditawari menu minuman dengan harga yang rata-rata Rp. 16.000,- (lumrah-lah untuk restoran yang terletak dalam Plaza). Nah, dari sekian minuman yang ditawarkan, pada kesempatan kali ini kami mau meng-highlightApple Iced Tea” nya XO Suki. Tidak seperti Apple Iced Tea pada umumnya, di XO Suki, pada Apple Iced Tea-nya ada sensasi dingin-mint seperti pada Fres-Tea sensasi dingin, jadi makin klop deh dengan makanannya yang serba panas dan mendidih.

Kembali ke makanan, rasanya yang gurih-asem-pedas membuat kuah Tom-Yum menjadi favorit kami dibandingkan kuah ayamnya yang masih dirasa kurang manis. Seperti ritual hot-pot pada umumnya, kami mulai dengan memasukkan batang sayuran ke dalam kuah yang mendidih, diikuti daging merah, lalu sayuran dan seafood agar semua matang pada waktu yang sama. Rekomendasi kami, coba udang kupasnya. Walupun udangnya tidak begitu besar, tapi benar-benar segar hingga sewaktu matang, dagingnya terasa pejal dan garing.

Fish Glue yang berbasis Piring Spesial juga memiliki citarasa tersendiri. Mungkin bagi yang belum pernah mencicipi Fish Glue, ada baiknya meminta tolong kepada waiter untuk membantu mempersiapkannya. Sewaktu sedang asik-asiknya menikmati hot-pot ronde pertama, seorang waiternya menawarkan apakah ada bahan yang perlu mereka goreng. Wah, segera saja kami meminta sebagian pangsit udangnya untuk digoreng. Akhir kata, Kaldu Vegetarian hot-pot makin sedap apabila disantap beramai-ramai. Jadi, pastikan kamu tidak datang berdua saja karena varian bahan yang kamu pesan akan semakin terbatas. Selamat menikmati.

18 thoughts on “XO Suki”

  1. mau tanya kalo masuknya ber5 tapi pesennya 2-3 yg piring biru atau merah muda aja ga papa kan ya? ga diitung per kepala kan? piring biru sama ijo menunya rata2 apa dan rata2 harga berapa? mohon infonya, thanks

  2. niningbawarani

    he…he….pergi lunch ma suami n baby, enak…. mantapbbb…waktu itu hny pengen roasted duck , akhirnya merembet pesan ini itu…jadinya uang kurang, akhirnya papa ambil dl di ATM, kami nunggu aja smbil suapin bayi, kalo kredit dah lunas mau lagi dech sepuasnya kesana!

  3. Utk kepastian Halal atau tidak sebaiknya ditanyakan ke manajemennya, tetapi setau saya resto ini pork free.

  4. hahaaayy,..kemaren ditraktir makan ama temeenn,..beeuuuhhh rasanya manthaabbb,…!!!
    rasanya tajem,..bumbu berasa semua,..ga hambar kayak hanamasa or paregu,..pesen ayam aroma nya enaakk,..yang paling nendang lobster fried garlic (kalo ga salah judulnya itu ;p)
    eeennnaaaakkkk bangett,…! dan ternyata MuaHHaall Buangett..!! shabu2nya pun enak,..dari kuah ampe isinya mantaaapp,…
    tau ga harga kita makan ber 7 berapa…? 3,5 juta…!!!! Gile beneerr… Untuung ditraktir,..wkwkwkkk
    Tapi sebel tuh ama pelayan nya yg ga informatif,..gak ngasih tau ada promo dr kartu bca 50% untuk suki,..dan 20% untuk menu ala carte nyahh,.. payahh deehh,.. kita tau pas buka di internet,.. padahal kan promonya dari bank bca bukan dr suki,.. lumayan banget kan kalo dapet potongann,..HHhhh GGrr,..
    Tapi emang enak kok,.. cuma bokis aja ga mau ngasih tau ada promo.. ;( (kasian yg nraktir kan,,)

  5. XO SUKI is the best…..
    Jadi kepikiran makan trus nich.
    SOal harga si relatif kok, yang penting rasanya tiada duanya…
    Bagi yang belum coba bakalan nyesel dch…

  6. XO SUKI rasanya benar2 MAAAANNNTTTAAAAPPPPPP
    I LOVE XO SUKI…Soal harga terbayar deh dengan cita rasanya.

  7. Yup memang mahal dan pelayanan kurang memuaskan, waiternya tidak terorganisir dengan baik. Harus Extra HATI HATI memeriksa bill, begini kejadian yang saya ngalamin karena nasi putih yang saya pesan setelah sekian lama belum keluar, kami pun menanyakan kembali kepada waiter malah terakhir di charge dobel nasi putih tersebut. Karena saya buru-buru tidak teliti mengecek Bill, saya rugi (5500 x 5) + 10% = 30.250 = 2 x Piring Merah Muda. Apa mau dikata memang salah saya juga.. Overall rasanya MANTAP

  8. Terus terang gua merasa makan di XO suki ga worth the price. Quality makanan biasa2 saja tapi harga per plate nya kemahalan.

  9. Kata teman-teman lumayan mahal ya herga per piringnya? kira kira ada gak contact number untuk dihubungi?

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading