Sari Laut Nelayan, Merak Jingga

Dari sekian banyaknya restoran Nelayan Group yang tersebar di mal kota Medan, Sari laut Nelayan di Jalan Merak Jingga ini boleh dibilang sebagai headquarternya karena areal restoran yang luas. Tempat ini cocok dijadikan tempat untuk makan bersama keluarga. Resto ini terbagi 2 area, area yang pertama lebih difokuskan ke dinner keluarga ataupun acara kecil, dimana area yang satunya lagi lebih mirip aula yang biasanya dijadikan wedding dinner venue.

Kebetulan ada kesempatan untuk dinner disini bersama keluarga, kami memilih duduk di meja yang agak kecil, walaupun kesemua mejanya berbentuk bundar sesuai tradisi Chinese. Jika anda yang sudah biasa berkunjung disini maka biasanya menu akan direkomendasikan sang kapten (Senior waiter), terutama kapten Acu yang legendaris. Sayangnya beliau sudah pensiun dan sekarang digantikan oleh beberapa staff yang tidak kalah profesional.

Ada sih buku menu disini, tetapi ada beberapa makanan yang seasonal yang kapten rekomendasikan. Just tell them what you’d like to eat, misalnya ikan. Nantinya akan direkomendasikan ikan goreng atau ikan steam, nah kemudian anda akan disuggest menu yang klop dengan sajian lainnya. Sang kapten juga biasanya bisa menyesuaikan porsi makanan sehingga anda tidak perlu khawatir apabila pesanan anda terlalu sedikit atau banyak.

Anyway, here’s what we ordered that night. Beberapa nama menu dah rada lupa tapi kalo pengen nunjukin aja fotonya ke kapten yah hehe… Ada ayam 2 rasa, basically mesan 1 ekor ayam, cuman dibuat 2 style, 1 goreng kering (ala binjai) dan satunya asam mangga (kalo ga salah). Terus gambar paling atas, itu haisom saus tiram. Haisom (teripang) yang dimasak dilumuri sau tiram yang berisi daging ayam cincang.

Terus ada tahu hotplate Nelayan, this one is not to be missed. Tahu yang berbentuk seperti semangkuk nasi ini dibuat sendiri oleh chef Nelayan, yang kemudian dilumuri telur seperti omellete dengan beberapa irisan sayuran lalu disirami saos diatas hot plate yang sudah dipanaskan, sehingga dalam sekejap telur yang tadinya masi setengah masak ketika disajikan sudah bisa dinikmati.

Tentunya tak ada lauk yang lengkap tanpa sayuran dan kuah. Untuk sayuran, ada cah sayur Tomiaw polos. There’s nothing special here, sedangkan sup burung dara malam itu lumayan special. Entah karena chefnya sedang gembira atau gimana, sup yang disajikan terasa kental dan kaya akan lauk, tidak seperti biasanya.

Ada kalanya ketika resto ini ramai dikunjungi, makanan anda lambat disajikan, tetapi sepertinya pihak resto sudah mengakalinya dengan menyajikan beberapa menu dimsum sebagai ‘appetizer’, walaupun pilihan dimsum disini tidak sevariatif resto Nelayan lainnya seperti yang di Sun Plaza. But it’s enough to kill waiting time, and fuel your hunger.

Last but not least, with appetizer comes dessert. Dengan minimum order tertentu, terkadang pihak restoran akan membagikan dessert secara gratis. Menu dessert sebagai komplimen ini seperti random, walau most of the time anda akan disajikan dengan sup markisa dengan konyaku. At last, when it comes to price, menu disini tidaklah terlalu mahal apabila dibandingkan dengan pelayanan serta kebersihan dan kenyamanan serta cita rasa yang ditawarkan.

6 thoughts on “Sari Laut Nelayan, Merak Jingga

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s