Skip to content

Ala Carte Darnia Cafe & Dining (Closed)

  • by
cafe latte

Akhirnya crew Makanmana mengunjungi Ala Carte Darnia setelah beberapa kali desakan via twitter dan halaman recommend. Nampaknya antusiasme masyarakat Medan terhadap cafe yang baru buka semakin tinggi. Namun semakin menjamurnya kehadiran cafe di Medan, apa yang membuat Ala Carte Darnia berbeda dari yang lainnya?

Lokasi Ala Carte Darnia ini bertempat di Jalan Hasanuddin (Masuk dari RM Koki Sunda). Dari luar tampaknya tempat ini merupakan kediaman rumah yang disulap menjadi cafe. Minggu lalu kamipun menginjakkan kaki memasuki cafe ini. Kami hadir lebih awal, sekitar pukul 12 siang. Suasana cafe tersebut masih belum ramai.

ala carte darnia interior panorama
Click to enlarge

Dengan jarak langit-langit yang tinggi, cafe ini lumayan spacious, namun sayang sepertinya potensi ini masih belum banyak digarap. Kami merasa satu ruangan besar ini kurang dimanfaatkan, terutama untuk tamu yang smoking. Tidak ada partisi antar meja sehingga anda dapat leluasa melihat sekeliling. Selain itu penggunaan meja dan kursi sepertinya kurang tepat dan lebih terkesan dan terlihat seperti rumah makan ketimbang cafe yang mana nilai jualnya justru kenyamanan dan prestige.

Down to the foods, here’s what we ordered…

Pizza Finger - IDR 18
Pizza Finger

Pizza Finger sebagai menu pembuka katanya sih recommended disini, tapi ntah kenapa pas dicobain rasanya ada yang kurang. Rotinya terlalu tebal menurut kami sehingga menjadi kurang crunchy. Ga tau apakah disengaja atau bukan, karena potongan pizza lebih terlihat seperti American ketimbang Italian Pizza.

Chicken Wings - IDR 18
Chicken Wings

Kekecewaan kami langsung tertutup oleh Chicken Wings. Kami bahkan sampai pesan 2 porsi, in fact Harry’s the one who loved it. Sayap ayam ini digoreng sampe crunchy banget dan dihidangkan dengan saos sambal. At a glance it looked ordinary, tetapi yang bikin nagih justru sambalnya yang dicolek dan dimakan bersamaan.

Nasi Goreng Kampung - IDR 26
Nasi Goreng Kampung

Going to the main course, kami pesan nasi goreng kampung. Again it looks simple, but delicious. Yang bikin sedikit kecewa ialah potongan daging paha ayam yang sedikit dikorupsi, we expected a full chicken thigh.

Fettucine Carbonara - IDR 30
Fettucine Carbonara

This is one good pasta we had. Not creamy, just the right amount of sauce and cheese. Tekstur saosnya juga lebih rough, nampak terbuat dari yolk dan bukan saos carbonara kalengan.

Grilled Chicken Steak - IDR 39
Grilled Chicken Steak

Another recommended item. Yang bikin down sih side dishnya, namun demikian ayamnya di grilled dengan tingkat kematangan yang pas dan rasanya enak.

Australian Tenderloin Steak - IDR 89
Australian Tenderloin Steak

Untuk steaknya, awalnya kami merasa skeptis cuman bayar 89 ribu udah dapet Australian Tenderloin steak, now that’s a steal. Asumsi kami, dagingnya mungkin hanya 150gr ditemani side dish yang presentasinya menyedihkan, tapi ya sudahlah, toh murah kan harganya! We asked for medium tapi datangnya udah hampir cooked. With the price we paid, it’s tolerable. Dagingnya lembut dan rasanya juga enak. *We asked for black pepper sauce btw.

Banana Rama - IDR 28
Banana Rama

Ala Carte Darnia juga menyediakan berbagai variasi minuman, seperti Banana Rama yang sudah pasti smoothies terbuat dari pisang. Sedangkan Leo memesan Energy Booster/Good Morning, sebuah racikan lime, markisa, jeruk, dan kuning telur, katanya buat nambah stamina.. wah! Rasanya manis manis asem, dan request supaya gula dipisah yah, karena menurut Leo ga pake gula aja udah manis.

Good Morning - IDR 28
Good Morning

Preparing good food takes time, dan sepertinya ritme kerja dapur di Ala Carte Darnia tampak tidak maksimal hari itu. Tampak beberapa meja, termasuk kami harus menunggu beberapa saat agar hidangan muncul, namun kami diberitahu setelah itu bahwa hari tersebut head chef dan captainnya absen. Untunglah ada fasilitas wifi untuk mereda kejenuhan.

Sarsi Float - IDR 18
Sarsi Float

Walau masih banyak kekurangan, Setidaknya Ala Carte Darnia sebagai cafe yang baru merintis telah melakukan langkah awal yang tepat; Good Taste Food. Menyandang gelar sebagai cafe, interiornya masih butuh banyak improvement, namun demikian, anda akan dimanjakan oleh harga yang cukup murah menurut kami sebagai kompensasi. Atau kesemua ini hanya sebuah kesengajaan? Mengingat Ala Carte Darnia merupakan pelesetan dari A-la-Ka-dar-nya.

Denger-denger sih katanya Butterscotch Pancake jg menu andalan sebagai hidangan penutup, sayangnya kami ga sabar buat nunggu lagi :p

Ala Carte Darnia
Jalan Hasanuddin no 13/33 (Foursquare map)
061 4567031
AlaCarteDarnia
alacarte.darnia

67 thoughts on “Ala Carte Darnia Cafe & Dining (Closed)”

  1. Baru abis dinner disini… kesannya msh sama dgn yg diulas makanmana, masih mengecewakan..

  2. Thanks updatenya Ivan, secara resto ini juga byk overhaul dan review disini juga uda ga relevan baik dr menu dan foto interiornya, saya mark closed dulu sampe nanti ada review barunya.

  3. For info,after renov, da buka kembali. Dlu sy 2 3 kali ksni sblm renov, dan lmyn suka makanan dsini, trutama chicken maryland dgn mushroom sauce n mashed potatoes (sauce n side dish bole pilih) .

    Sekarang, interior smkin oke, klo dlu bner2 ala kadarnya, skrg lmyn kerenlah, mskipun minusnya, ga ada sofa lagi. Cuma, yg sgt sy kecewa, koq menunya jauh brkurang, ya? Pastanya cuma Aglio Olio n Beef Bolognaise, si Fetucinne enak yg ada di gbr di atas da ilang. Western nya cuma ad Maryland, Fish n Chips, sm Dori Saos Gabu Gabu di menu, ditambah Salmon Steak di papan tulis special menunya. Grilled chicken steak dll ga ad lgi di menu. Trus pas mw minta saos mushroom sm mashed potatoes, ktnya ga bs pilih ky dlu. Dgn penuh harap, tetep sy pesan. Dan trnyta, cuma pake saos sambal botolaaannn…!!!! Sy agak kecewa dgn menu baru dsni, dan ga akan balik lagi.

  4. AlaCarteDarnia

    Good news for all,

    A’la Carte Darnia sedang melakukan renovasi besar-besaran. Thank you so much for all the comments and inputs. We listen to you guys 🙂

    Nantikan wajah baru A’la Carte Darnia dengan konsep yang lebih solid, interior dan suasana yang lebih nyaman, peningkatan kualitas dan kuantitas produk dan juga service yang lebih memuaskan.

    Mohon bantuan doa dan dukungannya.

    Good day to you all

  5. Numpang tanya yh 🙂
    Kalo daftar harga buat acara ulthny yg buffet kisaran hrgany brpn y? Dan bs buat brp org ? Trms 🙂

  6. AlaCarteDarnia

    @aiz, betul sekali, untuk makanannya kita jamin halal karena terbebas dari daging babi, minyak nya dan juga alcohol termasuk rum. cuma untuk minuman kita ada beer 🙂 jadi jangan pilih beer hehehe. thanks for asking <3

  7. maaf ya sebelumnya. Halal kan bukan karena ada daging babinya saja. Tapi terbebas rum, minyak babi dan alcohol. Apa disini memang halal?

  8. @aiz di ala carte blm ada logo halal dari MUI, tapi bisa dipastikan bahan makanan kita tidak mengandung babi. 🙂
    Ditunggu kunjungannya 🙂

  9. AlaCarteDarnia

    Open tix booth for K-pop Concert
    8 & 9 November 2013 di Selecta
    Featuring Hanna Lee, Imazing Soul, Rose-M, I-Voice
    Gold : 100.000,-
    Platinum: 200.000,-
    Korea Fever, kapan lagi bisa nonton K-pop LIVE in kota Tercinta MEDAN !!!

    Come to A’la Carte Darnia and grab the Tix NOW <3
    buruan sebelum tiket habis terjual

  10. ricky julianto

    permisi.

    saya akan mengajukan lamaran pekerjaan pada cafe
    A’la Carte Darnia. Saya memang baru selesai sekolah, oleh karena itu saya ingin mengajukan diri sebagai karyawan di cafe ini.
    Besok lamaran saya akan saya kirim.
    Terima kasih.

  11. AlaCarteDarnia

    Sorry Dori @Fatma for the late reply

    kita ada kok menu Vegetariannya
    Mushroom Pasta
    Cheese Pizza
    Mushroom Pizza
    dan hampir semua menu makanan bisa kok, tinggal request langsung ke waitress ter-ganteng di Resto kami <3

    See you in our place Fatma. xoxo …

  12. AlaCarteDarnia

    PROMO !!
    PROMO !!

    Another promo joining the house yoo!!

    Setelah sebelumnya Bank Mega dan Bank Mandiri bekerja-sama dengan kita untuk memberikan diskon 15% kepada para pengguna kartu kredit tersebut, kini hadir another bank yang bergabung.

    BANK BCA !! Yeeyyyy !!
    15% discount for all BCA credit card users.
    + Benefit lain adalah: BISA REDEEM POINT lho !!

    So, untuk pengguna kartu kredit BCA out there, Tunggu apa lagi?
    Come share the joy of good food, good ambiance and good service at A’La Carte Darnia.

    Cheers

  13. AlaCarteDarnia

    Dear Kieky,

    Tempat kita sudah pernah dan sering menjadi pilihan untuk Arisan, meeting office, Pesta sweet 17th, sampai tempat Propose pun pernah lohhh <3 ( 2 pasangan, and More to come?)
    Dan comment dari mereka sih bilang tempat kita makanannya sedap2 dan harga tidak over-value. Makanya mereka sering balik-balik lagi tempat kita.

    tapiii, kami mengakui memang kelemahan kami ada di lapangan parkir yang limited sampai 20 mobil saja, (lebih si bisa tapi harus jalan kaki sedikit).

    nah itu gambaran dari Cafe&Dining Ala Carte Darnia, dibaca: [Ala KarDarnya]
    mudah2an Kieky cocok dan bisa segera book ditempat kami, kadang2 suka ada big group seperti arisan datang duluan.

    Sampai ketemu di tempat kami <3

  14. AlaCarteDarnia

    Check out the latest promo of A’La Carte Darnia on sumosave.com
    The deal you don’t want to miss out guys 🙂

    Perut kenyang, hati senang, kantong ga meradang.

    Cheers

  15. AlaCarteDarnia

    Paket ulang tahun ? Ada donk pastinya di A’La Carte Darnia. 🙂
    Kapasitas bisa sampai 120 pax sis.

    Langsung datang saja ke resto.
    Biasa untuk paket ulang tahun kita bikinkan buffet dengan pilihan menu yang fleksibel dan sesuai budget.
    Untuk acara juga bisa kita sediakan pilihannya.
    Semua bisa kita sesuaikan dengan budget.

    Ditunggu kedatangannya Sis.
    Cheers

  16. Mana ? Hari jumat minggu lalu saya ke sana tapi tidak ada live music nya. Kata waitress nya diganti di hari Sabtu. T.T

  17. Tuna aglio olio terlalu berminyak
    Porsi baked fried rice nya terlalu besar (walau habis juga) ;p
    Singkong goreng nya enak
    Jus jagung terlalu manis
    Banana milkshakenya juara
    Harga acung jempol
    Service oke lah.
    Parkiran ribet.
    Interior terlihat berbeda dari foto-foto makanmana.

  18. AlaCarteDarnia

    Halo peeps!
    kita currently ada promo 15% off for MEGA dan MANDIRI credit card holder,
    Fast Lunch set Rp 35000 nett with 4 optional meal,
    dan Inhouse Voucher untuk makan lebih murah.

    upcoming Event:
    Live performance acoustic music hari Sabtu for FREE

    untuk semua masukan kami sangat-sangat berterima kasih. Pastinya kita akan terus meningkatkan mutu makanan dan pelayanan kami. Dengan adanya saran dari peeps semua pasti sangat membantu sekali untuk management kami. @milla pastinya kita berusaha untuk menjadi yang PERTAMA!!! hehehe Thanks milla <3

  19. Kecewa dgn aglio olionya.. menurut saya aglio olo terenak itu: 1. Dome, 2. Fountain plus, 3. Spagedies

  20. Sore-sore nyantai ngeliatin pelukis lagi ngegambarin tembok luar resto ini.
    Yang di dalam akan di gambar jugakah?

  21. aku suka sekali sama jus jagungnya. tadi pesan grill chicken steak nya agak gsong, tapi tetap enak. baked fried rice nya cocok untuk yang makan banyak, porsinya besar hihihihiii
    Yang bikin tambah asik juga adalah kietna squash nya. Seger asem nya nendang.
    Sayang promo cc nya 15% aja T.T
    Ayo duonk ditambah lagi diskonnya ;p
    Recommended lahh tempatnya
    Sukses yaa

  22. Dibilang murah juga tidak lho, affordable lah. Paling suka bolognaise pizza, combo cordon blue dan jus jagung nya. Banyak ya ternyata tempat makan baru di Medan.

  23. Wa rasa ala carte bisa jadi tempat nongkrong asik di medan arr. Semalam kesana dan menikmati live musik nya, akustik dan amat bagus. Ada lho yg propose pas dinner semalam di ala carte. <3

  24. Quick comment untuk resto A’la Carte. Saya dan hubby sedang dinner di sini (semoga yg ngurus baca, terus dikasi diskon :p), as expected, weekend pasti full di mana-mana. Sama halnya dengan resto anda, beruntung pada waktu kedatangan kami masi ada tempat. Staff anda juga lumayan gesit untuk approach dan mencarikan tempat. Tapi kelihatan sekali kalau anda kekurangan staff, baik untuk service maupun kitchen, Karna staff service anda kelihatan kewalahan. Dan lagi makanan saya keluarnya agak lama (20-30mins)
    Overall, nice ambiance, packed but still spacious in a way, Playlist nya asik (Amy Winehouse, Adele, The Corrs n Lily Ellen lho XD).
    Favorite dishes nya Salmon Steak dan Chicken Maryland. Chicken wings nya biasa aja ahh.
    Mango squash dan ice mochacino nya MANTAP !!

    Semoga sich bisa tetap jaga standard, rasa dan porsinya ya.
    Maju terus

  25. Restorannya besar ya, semalam pas saya datang sedang ada live music acoustic. Benar-benar sesuai suasana. Lagu-lagu cinta dan dimaininnya akustik, jadi ga berisik dan romantis sekali. Untuk yang couple-couple sich cocok, untuk yang jomblo-jomblo sich langsung galau. hihihiihii
    Service memuaskan, makanannya mantap ( saya coba mushroom soup, buffalo wings sama nasi goreng seafood), Avocado coffee nya asik, penampilan sich standard tapi somehow rasa nya beda sama yg lain punya.

    Live music nya cuma di hari jumat atau ada juga di hari lain ?

  26. Sekedar komen aja buat resto ACD, maafkan ane kalo ada sala kata.
    kemarin ane mampir makan bareng temen disini, ruangan rokok nya sudah buka tapi kurang asik dekornya dan tampak masi berantakan kursi berjejer di pojok. dibikin lebih asik lagi dong tempat ngokarnye biar ane bisa sering” dateng… kalo soal makanan dan harga sudah cocok sama ane.
    Jumat malam ane bakal dateng lagi liat apa itu Fortiz asik neh. itu saja terima kasih.

  27. AlaCarteDarnia

    Halo Halo.. Sekilas info:

    Hari Jumat malam ini 19/4/13 kita akan proudly perform live acoustic music “Fortiz” start at 7PM until 11PM. Yang penasaran sama grup music ini dan ingin melumerkan dinding ES pasangan anda, atau nongkerong bareng teman ditemani suasa live music. YAPPP
    that’s right!! datang aja Ke A’lakadarnya gitu lohh..

    See you there handsome guys and beautiful gals <3
    contact us for booking large group <3
    alacartedarnia@gmail.com or 061 4567031 <3

  28. WUUUUOWW!!
    ini flexible sekali rumah makannya. nanti sore management nya ada? saya mau datang book untuk acara saya, tolong disediakan detail harganya dan apa saja yang didapat ya. Hopefully cuocuoook sama kantong awak

  29. AlaCarteDarnia

    Bisa kami atur sesuai kebutuhan vero urutan acaranya apa saja. Dekor, panggung, dan band bisa kami bantu atur. paket Asian ini maksud vero negara Indonesia bukan? kalau iya kami ada:
    Nasgor kampoeng, teri, seafood.
    mi, bihun, kuetiaw goreng
    ayam balado
    telur balado
    sate bakar
    Blackpepper beef or chicken
    Asian lainnya seperti:
    Tomyum tilapia
    ikan asam manis
    kalau kurang vero bisa input ke kami mau ada tambahan apalagi, nanti kita bisa adakan test food setelah DP..

  30. makanan paket asian adaa?
    mwu niaa sihh entar pass sweet seventeen ada grup dance nari juga
    kalau panggungnya kyk gitu emnk bisa ?

  31. AlaCarteDarnia

    Halo halo Vero and M.YFC
    Kita mulai dari Rp 45.000,00/pax – Rp 100.000,00/pax sudah bisa… minimum 30 pax
    kita pernah ada event sweet 17th sebelumnya bisa dilihat di
    http://www.facebook.com/alacarte.darnia
    untuk panggung kita bisa setting di tengah dining room kita. bisa dilihat-lihat dahulu di facebook kurang lebih seperti itu setting panggung kita. jgn lupa add and follow FB and twitter kita juga ya..
    ada lagi yang mau ditanyakan? dengan senang hati kami menjawab 😀

  32. makanannya berkisar dari harga brapa sampai brapa?
    sorry bro, pertanyaan yang sama dengan vero

  33. AlaCarteDarnia

    Halo halo M.YFC n vero
    kapasitas resto kamu kurang lebih lebih kurang 100 orang.
    sedangkan untuk mengadakan event ditempat kami sangat flexible sesuai kebutuhan, bisa langsung aja datang berdiskusi atau contact kami via.
    email: alacartedarnia@gmail.com
    kami tunggu kedatangan nya hehe

  34. Mas bro, kapasitas restoran berapa nih? gw sedang survei untuk bikin pesta, kliatannya bagus nih tempat. trims

  35. AlaCarteDarnia

    Halo halo Medan,
    Maaf indoor smoking kami sedang tahap renovasi, kapan selesai? nanti kami kabari hehe hopefully soon.
    Thanks Arie for telling your experience with us, hopefully you like our house. And for the tree, itu kami pindah-pindah biar ganti suasana saja, maklum kan kita cafe AlaCarteDarnia (alakadarnya) hahaha. Big thanks for supporting us, we will surely cook delicious food for you ALL !!!!

  36. Cobain fast lunch nya Ala Carte ari ini. Murah2 gimana gt paketnya.
    Gw pesen yg chicken aglio olio, uda termasuk sweet tea.
    Yang namanya fast lunch sich harusnya dibawah 10menit, n tengg orderan gw dihidangkan di bawah 10menit. So, masi sesuai dgn nama paketnya.
    Cocok utk yg kantoran n ngejar jam makan siang yg singkat.
    Dari segi rasa, OK. Dari segi porsi, ga dikurangi dari yg pesan ala carte.
    Mantap dah.
    Sempat juga cobain menu singkong gorengnya tadi, lebih enak dari yg *maaf sebut nama* Macehat lho.

    N btw, kenapa posisi pohonnya dipindah ?? Skarang pohonnya di tengah ruangan gt. Ganti feng sui ya ?

  37. belum tuh, baru mulai renovasi entah kapan selesai untuk indoor smokingnya. <3

  38. AlaCarteDarnia

    Terima kasih Angelica dan Arie atas input2nya. Mohon maaf juga kalau ada kesalahan yang kami lakukan. Tentunya Kami akan terus meningkatkan mutu pelayanan, makanan, dan dekor kami seiring dengan waktu. Scary bahhhh… <3 see you in our humble house again handsome bro and beautiful sis

  39. ohh lupa, satu lagi, hot tea AlaCarte 1 IDR coba. seribu perak doank. Hahahhahaha
    Sumpah, yg bikin menu nya sich kek becanda gt. Malah kata waitress nya, pas awal buka, harga hot tea nya 0.1 IDR CEPEK !!!
    Gila-gilaan. !!

  40. Maren sempat nyobain untuk pertama kali di sini, Malam minggu n tempatnya rame. Spacious dan terlihat sangat lapang pas masuk. Bisa dimasukkan sebagai nilai tambah juga sich, karna kapasitas nya yg besar.

    Secara dekor, hehm, i think minimalist is the word we’re looking for. Terlalu family resto.

    Kesulitan awal sich lahan parkir, tapi untung aja diarahin securitynya utk parkir di parkiran skolahan Sin Suan. Well, agak ribet sich, tapi yg namanya pengen ngebet nyobain, ya sudahlah ya.

    Kita berdua pesan Mushroom soup, Salmon Carbonara, NasGor Kampung n Pancake. Ga ada satupun yg mengecewakan sich, plus ga perlu nunggu lama, service nya ok tuch.
    Menu minuman nya aja yg kurang variasi, sama kopinya blm ada yg special.

    The creamy-ness of both soup n carbonara nya pas (recommended), ga bikin eneg. Kalo nasgor kampung nya agak pedes, kita nya lupa minta jangan terlalu pedes juga sich. But it tastes good.
    dan yg terkhir, Pancake butterscotch nya heaven banget, ga salah sich waitress nya brani jagoin nich dessert. Saos n pancake nya luar biasa.

    Well, overall, satisfied visit.
    Makan banyak gt ga nyampe 150ribu berdua, ada promo cc juga.

    Yg ga sempat kita cobain tuch “supposedly choco lava brownies” Huahahahhaa
    Penasaran dengan penggunaan “supposedly”nya.

    Rate 8/10 utk resto baru ini.

  41. Udah dateng 3x pesen Aglio Olio nya, nagih banget rasanya manteb tuh bawang putih-nya. Kalo gw si sukaan Chicken Wingstick nya dibanding Wings goreng nya. Sekarang menu-nya nambah lagi. seru coba2in masakan baru disana enak masaknya. Cuma nih tempat dekor-nya si beneran alakadarnya sekali wkwkwkwk masi kurang top dibanding yang lain. Asik Medan kalo muncul2 tempat makan yang enak trus murah!!

  42. AlaCarteDarnia

    Fyei, For your extra information:
    Ala Carte Darnia sekarang sudah ada Fast Lunch Set hanya IDR 35,000,- nett
    berlaku di weekdays jam 11.30-14.00

    4 pilihan menu:
    Chicken Aglio Olio
    Carbonara Fettucine
    Blackpepper Chicken with Rice
    Ayam Balado with Rice
    ditambah Hot/Iced sweet tea.

    atau mau makan yang enak lainnya juga ada promo bank Mega dan Mandiri 15% all item*
    Silahkan dicoba ya cowo2 ganteng dan cewe2 cantik dijamin kantung mu tetap cantik.. 🙂
    please follow our twitter, instagram, and facebook for get the latest update of our Resto XD

  43. Tergantung Dr Dre, bisa saja piring yang gede ‘phychologically’ bikin porsi jadi kecil. Saya sendiri merasa porsinya sesuai dengan harganya.

  44. AlaCarteDarnia

    Wuaahhhh akhirnya reviewnya up.
    Thanks makanmana crew

    Perkenalkan, resto(blm bisa dibilang cafe) A’la Carte Darnia (read: alakadarnya), new in town. Baru jalan bulan kedua. 🙂

    Diakui, masi banyak kekurangan kita, thank you untuk inputnya ya.
    Akan kita benahi terus.

    Promo yang sedang berlangsung, Mega cc diskon 15% sampai Agustus.
    Promo in-house untuk yg ga punya Mega cc, setiap konsumsi minimal 100ribu, bisa mendapatkan voucher potongan IDR 15.000.

  45. Iya ini murah kalo gw bilang.. Pas kita makan lagi ada diskon 15% all items, trs pake mega cc diskon another 15% lg.. Tp ga tau sampe kpn.. Harus tny empunya nih…

  46. bikin ngiler hehe 😀 , harganya bersahabat bgt nih, tapi porsinya kaya yg nanggung ya ?

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading