Restoran & Seafood Lembur Kuring

ayam panggang

Bagi sebagian besar masyarakat Medan, rumah makan ini ga butuh introduction lagi. Alkisah, rumah makan ini berawal dari sebuah warung kecil yang menjual makanan khas Sunda, terutama signature dishnya Ayam goreng Kalasan. Dari kesederhanaan resep ini, rumah makan yang kecil dulunya pindah ke lokasi yang berdekatan dengan airport, mencakup areal yang cukup luas dan dikelilingi kolam serta sebuah ‘kapal’ yang berhenti di dermaga buatan. We still remember back then, hal yang paling kami kenang masa itu ialah memberi makan ikan yang berada di kolam, how nostalgic!

alamat lembur kuring medan

Tahun 2007, kesederhanaan itu mulai pudar. Resto yang semakin sukses ini pun akhirnya pindah ke lokasi baru. Lembur Kuring yang sekarang menempati Jalan Amir Hamzah di seberang Griya Dome ini lebih modern dengan arsitektur tradisional Indonesia.

interior lembur kuring medan

Terdapat 2 section di resto ini, open air dan satu lagi didalam ruangan yang ber-AC yang biasa digunakan untuk acara prasmanan. Gone are the conceptual resto seperti zaman kecil kita dahulu, tetapi beberapa elemen masi tetap dipreservasi, seperti kolam ikan dengan makhluk-makhluk yang unik, serta areal bermain anak-anak.

rumah makan lembur kuring medan

Disclosure ahead; karena kita datangnya sebagai Savorsnap untuk pemotretan ulang seluruh menu di Lembur Kuring, we have tasted most, if not all menu yang ada di Lembur Kuring selama kurun waktu 3 minggu itu. Overall the food taste good and sebagai food blogger kami juga diminta untuk memberi masukan. Rata-rata menu yang datang konsisten cita rasanya, hanya saja level keasinan dan kepedesan tiap orang berbeda. Dari seluruh menu yang kami coba, beberapa ini yang menjadi favorit MaMa.

gado gado

*Urm…sepertinya ini menu baru yang blm masuk di buku menu* Tahu Goreng, keliatan seperti gado-gado. Sebenarnya dari bumbu sama, hanya saja penggunaan bahan yang berbeda. Makanan khas orang Indonesia banget.

tahu telor

Hampir setiap meja memesan menu ini… Tahu Telor (29.5rb). Cocok dijadikan santapan pendamping nasi. Bumbu kacang diatas yang kental diaduk dengan telur dadar yang dalamnya berisi tahuJepang. The result is combination of sweet and salty flavor with crunchy texture dari daun selada.

ayam panggang

Ayam panggang (56rb/ekor), alternatif dari ayam goreng karena beberapa hari sebelumnya kami udah makan ayam goreng, jadi kali ini makan ayam bakarnya aja. Ayam yang dipilih di resto ini bukan ayam kampung, tetapi hybrid dari ayam eropa dengan kampung dan menjadi ‘standar’ di pasar tradisional dengan ‘ayam jenis kalasan’. We love the sauce, dan karena ukuran ayamnya ga besar dan marinasi yang cukup lama, bumbunya meresap hingga ke daging.

cumi goreng

Cumi goreng tepung (29.5rb), buat finger foods sambil nunggu pesanan lain datang.

sate kacang ayam

Sate ayam (38rb), salah satu dari sekian sate bakar bumbu kacang yang tersedia di menu, selain ayam bakar juga terdapat sate kambing dan sate cumi.

udang mentega

Udang goreng mentega (58rb) since we had enough of anything ‘bakar’. Udang digoreng terlebih dahulu lalu ditumis dengan kecap, mentega dan beberapa rempah in house. Savory!

kepiting saos pedas

And…the finale! Kepiting jantan masak saos pedas ala Lembur Kuring (26rb/ons). Kalau ditanya apakah ini sama dengan saos padang…well..quite similar, tetapi menurut penuturan pengelola sih katanya campuran antara chilli crab Singapore dengan saos padang. It’sssss soooo delicious! The best part is, dagingnya padat. Kepiting yang dimasak disini dalam foto ialah kepiting biasa, tetapi beberapa hari sebelumnya kami juga sempat mencicipi kepiting jumbo, do you know what the difference is? *Beside the price ehem…*

kepiting jumbo
Mother of Crab!

The difference is satisfaction level and experience…puas banget sih makan seukuran gitu kepitingnya. Tapi yang namanya kepiting jumbo kan ga murah juga toh…Kalo ga salah harganya mulai dari Rp 32.000/ons (Jantan) dan Rp 36.000/ons (Betina). Tapi…nilai plus yang dikasi resto ini ialah money back guarantee, no question asked kalau daging kepitingnya tidak padat, jadi sebagai konsumen juga ga merasa beli kucing dalam karung. Gotta admit this kind of service is exceptional!

jus lembur kuring

Nah, setelah abis kepitingnya baru deh mulai bunyi alarm kolesterol levelnya *kaya polisi yang datang setelah anak mudanya menang* Akhirnya diademin pake beberapa jus yang direcommended disini, diantaranya es limau (12rb), jus timun parut (12rb), es kelapa jeruk (13rb). Refreshing!

Pengalaman mengajarkan segalanya. Dengan business operating record yang sudah lama, manajemen disini tergolong baik. Overall dining experience disini memuaskan. Tempatnya juga bersih dan rapi, beserta servis yang lumayan cepat. Tentu saja pernyataan ini didasarkan dari pengalaman kami selama 3 minggu di Lembur Kuring. But then, tak ada gading yang tak retak, meskipun resto ini mendapat penghargaan ‘Restaurant of the year 2012’ dari Medan Tourism, tentu saja ada hal yang perlu diperbaiki lagi. If you have some feedback and suggestion, please share with us 😀

Restoran Lembur Kuring
Jl. T. Amir Hamzah no. 25
Reservation: 061 – 8465515 / 8459049
Operational hour: 11.00 – 22.00 (Last order 21.30)

28 thoughts on “Restoran & Seafood Lembur Kuring

  1. Mw tnya donk , klw mw pesan buffet utk krg lbih 30 org gtu brpaan yah ?bleh mintak line ID atw WA gak ? Thankyou

  2. selamat siang, saya mau tanya. untuk the mother of crab nya harganya berapa per ons nya ya? terima kasih

  3. Saya mau tanya..
    Kalau saya mau buat acara sweet17..
    Itu berapa ya??..
    Untuk 60orang?

  4. Tnya paket menu apa aja dan brp? Klo utk prasmn brpaan. Sy mau buat acra reuni kira” 30 org..tlg ya konfirm..makasih

  5. @hendriks : yup… Makanya tiap kali kl plan dinner disana siangnya gw dah call reserved t4 n request kepiting asapnya di prepare duluan, jd ampe tinggal makan ngak nunggu lg , kl kepiting sausnya malahan buat gw biasa aja, ada masakan di t4 laen yg lbh maknyus utk varian saus padang, kl kepiting asap jarang dijumpai di t4 laen , so its quite unique … IMHO… Btw dah lama kgk sua, piye kabare bro 🙂

    1. @M1lk: kumaha damang, sefu? aye dah jarang nongol di mall, so kagak2 jumpa. hahaha.. seringnya kita jumpa di makanmana.net aja.

  6. Review Jambul Seafood donk min. Kepiting sana maknyos. Jalan Dr. cipto masuk gang dr kantor PLN. Thanks.

    1. yup… yg rekomen di sana Kepiting Asap nya , kepiting diungkep dlm daun beserta bumbu rempah2, ud itu baru dibakar…. really yummy , yg rasa Lada Hitam juga enak buat yg suka pedes, kl yg asap mild taste nya…. kl malam mo kuliner ke sana usaha call duluan siangnya ke 77552813 (Edy ) minta reserved yg kepiting betina (cimbu) soalnya yg cimbu on the spot sering sold out… minggu lalu kesana pesan yg cimbu 5 ekor, sekitar 300rb /kg ,trus masih ada promo diskon 20% utk menu crab….setelah diskon sekitar 240rb/kg lah…worth it lah utk rasa yg ditawarkan…tersedia area outdoor n indoor….
      p.s kl weekend sering full house, kudu booking t4 duluan…

      1. Kami lebih suka Kepiting Saos Padangnya, sedangkan Kepiting Asapnya mesti tunggu lama, rada asin dan berminyak. Bila mau pesan menu itu bagusan di call setengah jam sebelum nyampe, soalnya lama banget. Pengalamannya udah pada kenyang, nasi dah habis, Kepiting Asapnya baru datang.

        Terong Jambulnya enak. harga Rp 15.000/porsi, porsinya gede. Menu ini gak ada di daftar menunya. yang ada hanya Terong Balado dan Terong Goreng.

        FYI, setiap hari Senin libur.

  7. Kepikiran kakek dan ayah saya waktu masa kecil disini, selesai makan main main di kapal dan main ayunan. but, both of them now already gone..

    Maybe setelah punya anak, mau ajak makan di sini. 😀

  8. Menawarkan Kerjasama

    Kami adalah pemilik tempat/lahan yang sedang kami sewakan/kami kontrakkan pada Rumah Makan Pondok Modokoro & Bakso Mataran di Jalan Asahan Pematang Siantar.

    Mengingat bahwa masa kontrakan dengan pihak pengontrak/pengelola Rumah Makan Pondok Modokoro & Bakso Mataran akan berakhir (habis) pada akhir Juli 2014 maka kami menawarkan kerja-sama dengan pihak bapak/ibu pemilik (owner) Lembur Kuring dengan sistem bagi-hasil.

    Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Jika perusahaan bapak berminat, maka kami akan mempersiapkan untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut.

    Besar harapan kami untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami sampaikan ucapan Terima Kasih.

    CP, Ir. Faisal 081361015559
    Ir Irwansyah 0818638060/082126364697

  9. Tetap menjadi salah satu opsi untuk pecinta kuliner di Kota Medan.
    Salut buat LEMBUR KURING!

  10. Wow lembur kuring, really miss that restaurant, so many memories, family occassions, dating, high school friends gathering etc

  11. ” Bumbu kacang diatas yang kental diaduk dengan telur dadar yang dalamnya berisi TELUR JEPANG. The result is combination of sweet and salty flavor with crunchy texture dari daun selada. ”

    Bro, TELUR JEPANG itu yang gimana ya? penasaran gue…….. atau saltik aja itu? semestinya tahu jepang ya?

  12. Kiong Hee masbro..

    kepitingnya gedee niann.. sluurrppp… yummyy…
    teringat 2 bulan lalu hunting kepiting ampe ke daerah terpencil 25km dari kota Langsa, 1 ekor kepiting jumbo: Rp 110.000/kg. yang pernah saya fotoin dengan berat 1.2 kg. wuihh.. murah gak bro? 😀

    saya pernah makan tahu telornya Kalasan, enakk.. yang disini, lum coba.

    1. Kiong Hee Hendriks brooo…

      1,2kg kepiting 110rb/kg ditambah 25km dari kota langsa, minyak ama waktu udah berapa total harganya mas bro? hahaha…

      Kalasan dan Lembur Kuring manajemennya sama koq 1 grup

      1. hanya karena kebetulan ada urusan di kota langsa sih, sekalian hunting aja. saya inap 3 hari disana. kalo hanya kesana berburu kepiting sih, mikir2… jauhnya perjalanan udah seperti ke kisaran. hahahaha

  13. Baru bbrapa hari yg lalu makan disana barengan keluarga dan cukup kecewa karena nasi yg di hidang belom matang dan servis yg lambat.. Mngkin krena staff ny krg, kebetulan saat itu benar” ramai.

    1. Pertama tama saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf atas ketidaknyamanan anda dan kami akan berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki kekurangan kami. Terima kasih & jangan kapok untuk berkunjung kembali ke restoran lembur kuring. Terima kasih

      1. Pak atau bu saya mau tanya menunya ada yang vegetarian gak ya.soalnya kami besok ada rencan mau kesana rame rame,tapi saya lagi makan vegetarian.tolong dibalas ya pak/bu terima kasih.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s