Skip to content

Lye Kitchen, Masakan Khas Penang

  • by
steven ngan

Di akhir bulan Juli 2015, jalan Meranti simpang Merbau yang biasanya sepi kian mulai rame dan makin susah parkir terutama di jam makan siang & malam. Nah, uncle Lye yang datang dari Penang ini ternyata diam-diam sudah membuat seruko rumah makan dengan nama Lye Kitchen. Ayo kita lihat apa yang spesial disini.

lye kitchen medan

Dari segi bangunan ataupun layout rumah makan sih nga ada yang spesial. Hampir sama seperti rumah makan chinese food pada umumnya dengan dapur didepan dan tempat duduk didalam. Bedanya disini no capchai. Yes, hampir nga ditemukan sayur untuk sharing di buku menu karena rata-rata ialah menu ala carte untuk perorangan. Read on.

lye kitchen meranti

Menu wajib yang MaMa rekomendasikan disini ialah Horfun / Kwetiaw goreng kering. Kalau kamu pernah dan suka dengan Horfun Ationg di Asia Mega Mas, maka kamu juga bakal suka horfun disini.

Aroma burnt dari horfun karena teknik memasak yang singkat dengan api besar jadi nilai jual kenapa horfun atau kwetiaw disini sangat spesial. Oya, harganya juga cukup bersahabat, 23K untuk seporsi horfun dengan potongan seafood didalamnya. Denger dari temen yang sudah nyobain, horfun siram-nya juga recommended.

kwetiaw goreng penang medan

Kalau kwetiaw atau horfun bukan favorit kamu, then go for the Nasi Goreng. Ada beberapa pilihan nasi goreng disini dan kebetulan Fried Rice with Crispy Pork (30K) jadi pilihan MaMa siang itu.

Crispy pork-nya sebetulnya pork belly yang digoreng garing dan disiram saos ala Thai yang pedes manis, sementara nasi gorengnya digoreng dengan teknik yang sama dengan horfun, kering dan aromatik. Ada beberapa varian nasi goreng disini dan MaMa cukup yakin semuanya menjanjikan.

fried_rice_crispy_pork

Nah sebetulnya disini juga tersedia menu western food ala Malaysia seperti Chicken Steak Rice, Pork Steak, dan Fish n Chips. Namun karena masih baru dan kekurangan karyawan, kami harus puas dengan pilihan chinese food.

nasi pai kut ong

Nasi Paikut Ong (25K) kami order atas rekomendasi uncle Lye. Taste is good, tapi porsi dagingnya sedikit dan sudah habis saat nasi masih setengah.

Kemudian menu yang ditunggu tiba di meja yaitu paket Nasi Ayam Komplit (ayam + siobak + chasio, 28K). Kamu juga bisa order ayam saja, atau kombinasi sesuka hati.

Nah nasi ayam disini tidak se aromatik beberapa nasi ayam favorit MaMa di Medan, tapi terkesan bersih dan daging ayamnya cukup lembut. Kalau kamu pernah mencicipi nasi ayam di Penang, beginilah rasanya. Not the best in town, but not bad either.

nasi ayam penang
roasted chicken lye

Overall Lye Kitchen menawarkan masakan otentik Malaysia dengan harga terjangkau. Apakah MaMa akan kembali? Absolutely (in fact sampai review ini di publish, MaMa sudah 3x berkunjung kesana). Buat kamu yang sudah pernah kesini, ayo share pengalaman kamu.

Lye Kitchen
Jalan Meranti simpang Merbau

15 thoughts on “Lye Kitchen, Masakan Khas Penang”

  1. The Lye Kitchen

    Thx for your kind feedback..
    We have read this… And try to improve our service ..

    At the time , rob came, we still a very new restaurant, with all new employee.. We still have difficulties handle the crowd, as our new employee is still new and havent adapted to the situation..

    But now, we already have a solid team , we have cut the waiting time significantly…

    We hope , you can still come and visit us, when you have time.. And can enjoy our special dishes…

    We now have family package for 5 persons and 7 persons, with afforadable price, and special good taste …

    Hope to see you again rob, and special thanks to Mama who have come and make review of our place…

    Im very glad if you can come again and taste our special dishes… @ mama , cant wait to see you again 😀

    Thx for your kind feedback 🙂

  2. Ok, ralat dikit. terakhir pegi uda ganti ceret dua biji sebagai pengganti plastic bucketnya.

  3. Rasanya emang enak..servisnya yg masi ancur2an, orderan salah dicatat, kdg salah dikasi ke meja lain. .yah, mau harap gimana. Trus satu lg…pake plastik tong ato bucket gt tuk tampung air panas, uda pasti ga bpa free. Nampak jelas itu mereka taruh di station tmpt mereka servis air.

  4. The thing with food is that although we had good experience, we couldn’t guarantee you feel the same like we did. Our review is based on the price and taste on that occasion, definitely if you’re comparing with famous stall who sell roast pork and hainan chicken rice, this place is out of league. But anyway, I felt sorry for you and I hope the owner read this and improve their service.

  5. I just tried all of the recommended dishes here including hainan chicken rice, roasted pork, and 2 types of the hor fun.
    Frankly speaking here, i think that all of the hype about this place is overrated.
    The main pro about this place is that everything is affordable.
    Taste wise? Not exactly the best.
    Service wise? It’s basically a nightmare for me due to the idleness of the waitresses and WE HAD TO WAIT FOR 1 HOUR FOR A PLATE OF HOR FUN.
    Well, by the end of the day, expecting for a good service in such an affordable place is probably too inconsiderate.

  6. Penang horfan basah 25k sangat recomended. Juice jeruk blender recomended jg. Teh bunga ny asli homemade. Harga juga bersahabat. It’s very recomended place.

  7. Sekarang sudah ada menu sayur dan lauk @mama…ada paket makan ber5 jg cuma 188rb ..sudah ada cap chainya skrg and bbrp menu khas the lye kitchen…lol

  8. Setiap hari, 11.00-15.00, lalu 18.30-22.00

    Tapi untuk 11-13 agustus ini libur (liat dr ig mereka)

  9. MaMa, bole tolong info open and closing time trus hari apa aza bukanya? thanks 😀

  10. Sudah sering ke sini juga. Tempat dan steling bersih. Makanan harganya ok dan variasi makanan banyak.

  11. Dagingnya tampak segar. Porsi nya juga lumayan cocok untuk ngisi perut di siang hari.
    Gonna try later 😀

Comments are closed.

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading