Nah seperti yang uda gue tulis kemarin di 30 Kuliner Medan Wajib Coba di tahun 2017, Medan udah banyak diakui surganya makanan yang enak-enak. Belum lengkap rasanya jika meninggalkan kota kuliner Medan tanpa membawa sepenggal cerita dan rasa yang ada di kota ini.

Dari hasil survey akun Line @makanmana bulan lalu, berikut ini kami rangkumkan 8 oleh-oleh khas Medan FAVORIT pilihan anak-anak MaMa di tahun 2017! Langsung cek tekape, gaes.

BOLU GULUNG MERANTI

Jalan Kruing No. 2K
Lokasi: https://goo.gl/maps/SPNvdoYVSYU2

 

Bolu Gulung Meranti ini menjadi semacam top artis-nya oleh-oleh wajib dari Medan. Banyak yang jatuh cinta dengan rasanya yang berbeda dengan bolu lainnya di Medan. Oleh-oleh yang satu ini mulai dikenal luas sejak pertengahan awal tahun 2000-an. Sejak itu, Bolu Meranti pun menjadi salah satu oleh-oleh khas yang paling diincar ketika tengah berkunjung ke kota Medan. Varian rasa yang paling populer dari Bolu Meranti adalah bolu keju nya.

OTTEN COFFEE

Jalan Kruing No. 3E-F
Lokasi: https://goo.gl/maps/cvTx3Z7hrXn


Jalan-jalan ke Medan, selain makanan, Medan juga punya minuman andalan sebagai oleh-oleh, yaitu Kopi Sumatera. Kopi Sumatera dikenal mempunyai cita rasa tersendiri dan unik jika dibandingkan dengan kopi lain. Kopi yang satu ini nggak cuma terkenal di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Di Kopi Otten tersedia berbagai macam biji kopi nusantara sesuai selera kelen.

PANCAKE DURIAN MEI CIN

Jalan Ketapang No. 3E
Lokasi: https://goo.gl/maps/oixNBfV9UEr

Pancake durian beberapa waktu belakangan ini menjadi oleh-oleh khas Medan yang lagi booming. Inovasi buah durian ini bisa terdiri dari pure durian dan vla atau krim kocok yang dibalut dengan kulit crepes, kemudian dibentuk mirip bantal. Pancake Durian Mei Cin menjadi pelopor pancake durian dengan bahan 100% durian asli, tanpa pengawet dan pewarna. Mei Cin sendiri sudah berjualan sejak 2007 loh.

LAPIS LEGIT AFFINOIS

Jalan Mojopahit No. 12E
Lokasi: https://goo.gl/maps/GZyfXR9Ax812


Tau nggak kelen kalo baru-baru ini (April 2017) Lapis Legit diakui sebagai salah satu ‘Cake of The World’ terlezat asal Indonesia oleh CNN? Makanya nggak lengkap kalo belom beli Lapis Legit dari Medan ini.
Affinois memang terkenal unik dan berbeda dengan brand kue tradisional lainnya di Medan. Berbeda dengan resep lagis legit yang banyak memakai aroma rempah pada umumnya, Lapis Legit Affinois menonjolkan aroma roombutter, memakai lebih banyak kuning telur, dan bereksperimen dengan beragam rasa dan tekstur yang lebih digemarin anak muda. Selain bestseller Lapis Legit Signature dan Prunes premium, Affinois juga menawarkan varian rasa seperti Lapis Legit Cheese, Cappuccino, Chocochip dan Raisin.

BIKA AMBON ZULAIKHA

Jalan Mojopahit No. 96
Lokasi: https://goo.gl/maps/rfYy54rbcPp

Kalau dari namanya, kue ini sebenarnya bukan dari Ambon tapi asli kue khas Medan yang sangat populer! Banyak yang bilang bika ambon itu enak jika memiliki serat yang sempurna di bagian dalam serta rasa lembut dengan sensasi lemak di ujung lidah. Dan dari sekian banyak merek bika ambon yang ada di Medan, salah satu yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha. Konon katanya, kelezatan bika ambonnya terletak pada air nira yang digunakan, mereka hanya menggunakan air nira asli Sumatera dan bersertifikat halal.

SIRUP MARKISA POHON PINANG

Jalan Mojopahit No. 96
Lokasi: https://goo.gl/maps/rfYy54rbcPp

Markisa, salah satu buah khas Sumatera, yang tumbuh di dataran tinggi Karo yaitu Berastagi. Maka tak heran sirup markisa menjadi produk unggulan dari kota Berastagi. Di kota Medan, salah satu merek sirup markisa yang terkenal yaitu Sirup Markisa Pohon Pinang, dibuat oleh PT Maju Jaya Pohon Pinang yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Fun fact: Sirup markisa memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh loh.

IKAN TERI BAJAK MEDAN

Jalan Balaikota No. 2
Lokasi: https://goo.gl/maps/q5ogtCqLqDF2

Salah satu oleh-oleh khas Medan yang bisa dibawa pulang adalah teri Medan. Teri Medan memang ukuranya kecil, tapi banyak penggemarnya nih. Teri Medan ini biasanya ditawarkan dalam dua jenis, ada yang bisa dibawa pulang dalam kondisi mentah, atau versi teri Medan yang sudah matang berupa sambal teri yang biasa dipadu dengan kacang. Salah satunya yang cukup terkenal yaitu Ikan Teri Bajak Medan, yang penyajiannya semenarik mungkin untuk memudahkan kelen dalam pemesanan.

DURIAN SI BOLANG

Jalan Iskandar Muda No. 75C-D
Lokasi: https://goo.gl/maps/f7M8AzvQ8e42


Nah yang terakhir, jalan-jalan ke Medan nggak lengkap kalau belom cobain durian Medan yang manis legit dan lembut. Nggak usah khawatir lagi kalau kesulitan membawa durian karena dilarang oleh perusahaan penerbangan, para pedagang durian juga menjual durian yang sudah dikupas dan dikemas dengan rapi sehingga aroma durian yang menyengat tidak tercium lagi. Durian kupas ini bisa dibawa langsung atau dikirim melalui paket. Salah satu durian yang bisa kelen kunjungi di Durian Si Bolang.

Sekarang nggak bingung-bingung lagi kan kalo kelen jalan-jalan ke Medan dan pulang bawain oleh-oleh khas Medan?

Disclaimer: Delapan jenis oleh-oleh di atas merupakan hasil survey followers akun Line @makanmana bulan lalu (Juli 2017). Urutan di atas ditulis secara acak dan tidak menunjukkan urutan dari segi terfavorit/terkenal.