Meski banyak yang menghabiskan liburan selama musim Natal di luar negeri, MaMa yakin masih banyak kok yang tetap setia dan stay di kota Medan tercinta.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Makanmana telah merangkum referensi menu dari beberapa lokasi yang menyediakan kuliner ala Western untuk makan malam Natal-mu. Pssstttt…. Ada promo khusus untuk anak-anak MaMa! Baca terus!

Crispy Salmon Saffron & Rib Eye Steak—eternal foodgasm and eyegasm

Terletak di lantai 2 gedung Tijili Square, Kakatua Lounge kini semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat Medan dengan tujuan sekedar nongkrong, ngumpul atau bahkan meeting dan melaksanakan private event.

Kakatua banyak menyajikan menu khas Bali yang di antaranya adalah menu best-seller Kakatua, seperti Sate Lilit Bali dan Balinese Crispy Duck. Meski begitu, kamu masih bisa menemukan menu-menu lain yang berasal dari luar negeri.

Menu Christmas Dinner Kakatua kali ini cukup menarik perhatian kami baik dari segi visual maupun rasa.

Crispy Salmon Saffron

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 1

“Menu ini menggunakan fillet daging ikan salmon yang notabene cukup cepat matang dalam proses masak, sehingga diperlukan teknik khusus dalam memasaknya,” tutur Chef Rama.

Setidaknya ada dua teknik masak yang diperlukan dalam menyiapkan daging salmon pada menu ini; pan sir dan dry heat cooking. Daging salmon yang sebelumnya sudah di marinade dengan garam dan merica dimasak bersama berbagai rempah dengan posisi kulit ikan yang bersentuhan dengan wajan. Lalu, daging salmon dimasak selama dua menit dengan kulit menghadap ke atas dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu.

Penggunaan saffron dalam menu ini menjadi sebuah highlight mengingat saffron merupakan salah satu bahan makanan yang mewah dan sulit untuk didapatkan. Kombinasi white wine, cream, herbs dan saffron menjadi bahan utama Saffron Sauce. Warna kuning cerah pada saus menjadi salah satu ciri penggunaan saffron.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 2

Kamu akan menemukan kombinasi rasa gurih, manis, asam dan sedikit pahit pada menu ini.

Anyway, before you’re surprised by the taste, you’ll be surprised by the visual presented by Chef Rama.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 3
Ini yang namanya Chef Rama

Pada paket Crispy Salmon Saffron (IDR 550.000+ for two) ini kamu juga akan mendapatkan Betroot Salad, Mocha Cake dan satu gelas Konig Beer atau Iced Lychee Tea sesuai seleramu.

Rib Eye Steak

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 4

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 300gr Wagyu “Grade A” digunakan pada satu porsi menu ini. Dalam proses pengolahan steak wagyu Chef Rama hanya menggunakan satu teknik memasak yaitu dry heat cooking dengan metode grill charcoal.

Grill yang digunakan oleh Kakatua merupakan salah satu jenis grill terbaik dengan pembakaran melalui gas dan kemudian dipanaskan lagi menggunakan batu bara. Cara grill seperti itu meminimalisir daging cepat gosong dan mengurangi asap yang muncul saat proses pembakaran.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 5

Ada beberapa jenis tingkat kematangan yang sebenarnya bisa kamu request di sini; RARE, MEDIUM RARE, MEDIUM, MEDIUM WELL dan WELLDONE. Kalau kamu tidak request, biasanya kamu akan disajikan daging dengan tingkat kematangan medium atau medium well.

Sauce pada menu Rib Eye Steak disini sebenarnya tergantung pilihan pelanggan. Kakatua menyediakan 3 pilihan sauce yaitu red wine sauce, mushroom sauce dan black pepper sauce. We’d go for Red Wine Sauce karena saus ini yang paling unik menurut kami. Red Wine Sauce is rarely heard by you too, isn’t it?

Pada paket Ribe Eye Steak (IDR 550.000+ for two) ini kamu juga akan mendapatkan Pomodori Salad, Opera Cake dan satu gelas Red Wine atau Konig Beer sesuai seleramu.

USE ‘MAKANMANA’ to redeem…

Dengan menyebutkan “Makanmana” sebelum pemesanan paket Christmas, kamu bisa mendapatkan satu mocktails Sexy Purple atau Apple Mojito secara gratis.

*promo berlangsung pada tanggal 24 dan 25 Desember 2018

Kakatua Lounge ( @kakatua.id )

Jalan Pattimura No 342, gedung Tijili Square
17.00-01.00
No Pork
Lokasi: https://goo.gl/maps/T3P3mQaQJLH2

Baby Back Ribs & Olio Beef—just beyond expectation for main courses

Banyak yang mengira Smokey Ribs menyajikan menu daging sapi sebagai menu utamanya. Padahal, Smokey Ribs berfokus pada penyajian daging babi yang proper dan berkelas. Tidak tanggung-tanggung, daging babi yang digunakan diimpor langsung dari USA dengan standar tertentu.

Tim Makanmana sempat “menyelinap” ke balik dapur untuk mengintip proses memasak menu-menu Natalnya serta melakukan sedikit tanya jawab dengan Head Chef Firman. Kami sempat terpana dengan tatanan dapur yang cukup rapi serta pembagian level chef di Smokey Ribs. Chef Firman lah yang bertugas memastikan segala proses didapur telah sesuai SOP dan melakukan Quality Checking.

Baby Back Ribs

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 9

Baby Back Ribs merupakan bagian tulang iga babi yang dilumuri oleh bumbu dasar dan dipanggang hingga tingkat kematangan yang pas. Pemanggangan yang terlalu lama menyebabkan daging menjadi keras dan tidak nyaman untuk dinikmati.

Baby Back Ribs disajikan bersamaan dengan coleslaw, mashed potato dan additional sauce sesuai saus dasar yang dipilih; honey sauce, hot sauce, barbecue sauce atau toba sauce.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 10

Tulang iga direndam terlebih dahulu dengan berbagai jenis herbs dan steak seasonings selama enam jam sebelum memasuki tahap berikutnya. Jangan khawatir dengan tekstur alot yang mungkin terjadi karena begitu cepatnya menu disajikan. Setelah direndam selama enam jam, tulang iga mengalami proses masak terlebih dahulu hingga matang sebelum dipanggang dengan saus dasar sesuai pilihan.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 11

Ya, lembut! Itulah yang kami rasakan saat mencicipi potongan pertama daging babinya, lembut dan very well-marinated! Sangat mudah sekali untuk memisahkan daging dari sela-sela tulang iganya, semudah menandai hari libur pada kalender dari deretan hari-hari kerja.

Barbecue sauce menjadi bumbu dasar pilihan kami saat itu. Tidak hanya pada eksterior, namun kami masih merasakan aroma savory pada bagian tengah dagingnya yang leave us speechless, thrilled by the superb taste. A highly recommended menu from Smokey Ribs.

Olio Beef

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 12

Pasta spaghetti yang satu ini di-saute dengan bawang, potongan jamur, beef bacon dan cabai rawit merah serta dihidangkan bersamaan dengan garlic bread.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 13

As mentioned above, we’ve expected that the taste will be slightly spicy. And so was it! Kamu juga masih bisa merasakan tekstur yang masih chewy (al dente) dari spaghetti-nya dengan rasa gurih dan asin yang cukup strong dari pasta seasonings. Telisik punya telisik, pasta seasonings yang digunakan merupakan campuran 10 jenis herbs (katanya). Oily might be another description to be added to the review.

Selain dari Baby Back Ribs dan Olio Beef, ada dua jenis appetizers yang termasuk dalam paket Christmas dari Smokey Ribs.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 14

Santa Ana Salad, salad dari perpaduan sayuran segar seperti head lettuce, butter lettuce, lollo rosso lettuce, kyuri, tomat, selada ungu iris dengan bacon pork (atau beef kalau mau diganti) dan grated orange cheese. Salad disajikan di dalam kulit tortilla yang crispy dan disiram dengan saus Honey Mustard. Terkadang, Smokey Ribs menggolongkan Santa Ana Salad sebagai main course dengan ukuran porsi yang cukup besar dan gaya hidup orang Medan yang sering menikmati salad sebagai menu utama.

Lalu, ada Combo Tizers yang merupakan kombinasi dari jamur enoki yang digoreng dengan tepung bumbu, baked potato skin yang ditaburi pork bacon dan ditambahkan lumeran keju dan mozarella cheese sticks.

Untuk melengkapinya, Smokey Ribs menyediakan satu pitcher jus sebagai beverage dan Red Brownies sebagai dessert.

Paket promo Christmas Smokey Ribs ini bisa dinikmati oleh empat orang. Khusus kamu pembaca setia artikel Makanmana, kamu bisa mendapatkan diskon 28% untuk paket ini dengan menyebutkan nama Makanmana terlebih dahulu sebelum memesan makanan. To sum it up, total harga paket dari Baby Back Ribs, Olio Beef, Santa Ana Salad, Combo Tizers, Pitcher Juice hingga Red Brownies bernilai total ±IDR 800.000,- (diskon 28% menjadi ±IDR 580.000,- sebelum tax and service). What a steal!

*promo berlangsung sampai 31 Desember 2018

Smokey Ribs ( @smokeyribs.id )

Jalan Timor, Ruko Centre Point Mall Medan
10.00-22.00 (weekdays)
10.00-23.00 (weekend)
Non Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/pqdBvP3nkD62

Fried Chicken Breast & Salmon Teriyaki—see it, savor it, taste it

Pak Benny of Pilastro sharing cukup banyak informasi pada kunjungan kami kemarin untuk mencicipi menu Christmas-nya. Mulai dari segmentasi market yang berbeda pada kedua outlet Pilastro sampai ke penjelasan Taro Gelato-nya yang cukup istimewa menurutnya. Taro Gelato inilah yang menjadi complimentary dish dari Pilastro. Keep reading on!

Fried Chicken Breast

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 23

Bahkan sebelum potongan ayamnya dikunyah, kami bisa mencium aroma spices yang kuat ketika suapan mendekati mulut. Aroma ini berasal dari bagian dalam fillet daging ayam yang diisi dengan campuran paprika, jamur, cincangan daging ayam yang dimasak dengan herbs and spices.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 24

Kalau kamu pernah memperhatikan topping dari roti pizza tradisional yang sering dijual oleh gerobak roti keliling yang berupa daging cincang yang ditumis dengan rempah-rempah, mungkin ini bisa menjadi contoh paling dekat untuk mendeskripsikan isian dari menu ini. Cukup tambahkan rasa pedas dan manis pada cincangan dagingnya dan kami yakin kamu mulai bisa mengimajinasikan sensasi rasanya di pikiran.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 25

Saos yang disediakan benar-benar mengangkat profil rasa dari potongan daging ayamnya. Bagaimana tidak? Saos yang disajikan juga memiliki rasa manis dan gurih tomat yang sangat menonjol namun blend really well dengan aroma jamur tanpa saling mendominasi.

A yes from us, but I love the following menu so much better!

Salmon Teriyaki

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 26

Entah kenapa sepertinya daging salmon seakan menjadi jenis daging ikan yang paling mudah diterima oleh lidah atau yang paling populer untuk masyarakat Medan. Sudah ada dua jenis menu salmon yang berbeda dari dua restoran berbeda. Salmon Teriyaki kali ini.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 27

Personally, menu-menu Pilastro memiliki value yang cukup istimewa bagiku. But, this Salmon Teriyaki just beyond my expectation. I felt in love with the strong soy scent with a very strong sweet-salty taste just from the Teriyaki Sauce itself. Sensasi ini terasa bahkan sepersekian detik ketika sausnya mengenai lidah—with the additional slightly bitter after-taste.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 28

Tidak rumit untuk mendeskripsikan daging ikannya. Sedikit crusty di bagian eksterior, daging ikan salmonnya memiliki bagian dalam daging yang cukup lembut. Mungkin kamu bisa membandingkan teksturnya dengan ketika kamu menikmati tahu kuning yang digoreng dengan catatan bagian dalam tahu yang sedikit lebih chewy. Begitulah kira-kira deskripsi teksturnya.

Ada sebanyak enam menu yang menjadi menu khusus Christmas dari Pilastro. Selain kedua menu di atas, kamu bisa menikmati Chicken Picatta Parmigiana yang sempat menjadi menu terfavorit pelanggan Pilastro, Grilled Beef Tenderloin, dan Double Deck Fish & Chips.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 29
Chicken Picatta Parmigiana
Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 30

Di setiap pemesanan kelima menu di atas, kamu boleh memilih salah satu dari complimentary dish-nya yaitu 1 scoop Taro Gelato atau Grandma’s Mug Cake.

For your information, Taro Gelato hanya tersedia selama promo Christmas ini. Bahan yang digunakan pada Taro Gelato berasal dari bahan yang premium dan menggunakan liquid nitrogen agar gelato mencapai titik beku secara instan. Menurut Pak Benny, inilah metode yang paling tepat menciptakan jenis gelato yang lembut tanpa melalui proses pembekuan apabila disimpan di dalam kulkas.

Pada awalnya, Mug Cake berasal dari ide Pak Benny yang ingin menyajikan menu dessert tanpa perlu membiarkan pelanggan menunggu lama. Hanya perlu waktu 1,5 menit untuk menyiapkan satu mug cake yang menggunakan bahan dasar coklat couverture, nutella dan ovomaltine.

*promo berlaku sampai 1 Januari 2019

Pilastro ( @pilastro_mdn )

Jalan Jenderal Sudirman No 32
08:00-22:00
No Pork
Lokasi: https://goo.gl/maps/ixdPkZUGoXv

Godpizza—just can’t get enough of

Before we were getting deep into the review, we talked a lot with the chef of Lekker. Long story short, oven yang digunakan oleh Lekker untuk membuat Godpizza merupakan oven khusus yang di-customize sesuai kebutuhan mereka. Pada bagian dalam oven dipasang batu granit dengan tujuan agar pizza menjadi crispy saat pemanggangan. Menurut chef, batu granit dapat menyerap air dan kelembaban pada adonan.

Godpizza

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 33

Kalau kamu berpikir kalau Godpizza hanya sekedar pizza biasa dengan adonan yang tebal dan tambahan ukuran ekstra, maka singkirkan jauh-jauh pikiran itu. Pada dasarnya, Godpizza merupakan tipikal pizza tipis dan crispy dengan ukuran hampir sebesar meja kami saat itu dan dipotong ke dalam 48 slices.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 34
Lihat perbandingannya dengan laptop di samping itu.

Chickenette dan Mexican menjadi dua pilihan toppings yang kami pilih. Oh ya, kamu boleh memilih dua jenis toppings untuk Godpizza-mu. Chickenette menjadi favorit kami di antara pilihan kami. Kamu bisa menemukan saus tomat, alpukat yang sudah dihaluskan, saus confollo dengan potongan ayam, jamur shitake dan sosis ayam pada topping-nya. And the combination of all the element create a very addicting harmonization. Tidak ada yang terlalu menonjol atau terlalu mendominasi.

Untuk penyuka makanan dengan basis rasa yang asam, toppings mexican mungkin tepat untuk kalian. This is good as I can enjoy the combination of less spicy chopped jalapeno, crispy and salty nachos, a little bit bitter from black olives, corriander, and of course its main ingredient sour cream. Hanya saja saya lebih suka dengan topping Chickenette tadi.

Untuk menikmati Godpizza dengan harga yang bersahabat, kamu cukup foto menu ini, post di Instagram Story-mu dan tag @Makanmana dan @lekkerufh untuk mendapatkan potongan harga dari IDR 250.000,- menjadi IDR 200.000,-. Quite a deal.

*promo berlangsung selama Desember 2018

Lekker ( @lekkerufh )

Komp. Multatuli Blok BB 10-11
11.00-22.00
No Pork
Lokasi: https://goo.gl/maps/AQX8bqTuVMx

Whole Chicken Roasted & Pork Knuckle—authentic Germany cuisine is so addictive

Belum pernah sekalipun kami kecewa dengan menu dari Roland’s. Termasuk ketika Roland’s menyajikan menu sosis dengan bumbu kari yang disebut Currywurst. Click here for more!

We really appreciate when Roland’s made a special Christmas package just for our readers. Ya, menu paket ini dikhususkan hanya untuk kamu para pembaca setia Makanmana lengkap dengan complimentary dish yang disediakan untuk pemesan paket ini. What are those?

Halal Package (IDR 358.000,- for 3-4 people)

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 42

Roland’s membagi menu Christmas menjadi dua submenu utama yaitu Halal dan Non-Halal. To be honest, there’s no certification for their Halal status just because they serve beer. Tapi untuk urusan dapur, Roland’s memisahkan dua dapur utama untuk Halal dan Non Halal. We think it’s safe, guys.

Paket menu Halal terdiri dari Whole Chicken Roasted, Rinder Bratwurst dan merguez yang semuanya disajikan secara bersamaan dalam satu piring kayu yang mungkin cukup menguras tenaga saat mengangkatnya. I tried it!

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 43

Satu ekor ayam direndam bersamaan dengan Germany Paprica powder selama semalaman sebelum dipanggang dengan bumbu khas Roland’s selama satu jam. Sesuai ekspektasi, daging ayamnya terasa gurih hingga ke bagian dalam dagingnya yang juicy dan lembut. Kamu tidak akan pernah menemukan kata “amis” di seluruh bagian ayamnya, bahkan diantara serat-serat dagingnya.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 44

Warna sedikit kehitaman pada kulit awalnya sempat kami kira gosong dan memang sudah mempersiapkan diri kalau-kalau perkiraan kami benar. We’re fooled. Warna hitam itu merupakan bagian dari Germany Paprica powdernya yang berubah warna karena proses pemanggangan. Instead of pahit karena gosong, kami justru paling menikmati bagian kulit yang very rich and full of herbs.

Kami diminta untuk membandingkan perbedaan sosis kambing dan sosis ayam yang disajikan berbarengan dengan paket ini. Karena katanya semua menu di sini adalah homemade (which we believe it, too) tidak heran jika sosisnya terasa lebih kering daripada umumnya. Terutama sosis ayam yang terkesan seperti dibuat dari bagian dada ayam yang dihaluskan (kering) dan cukup plain tanpa seasonings yang kuat atau rasa yang mencolok.

Berbanding terbalik dengan sosis kambingnya yang meski kering namun tetap terasa kuat aroma khas kaldu kambing yang gurih dan aroma herbs yang kuat. Brown Sauce dituangkan pada sosis-sosis tadi untuk memperkuat rasanya—not to mention that the brown sauce was homemade, too, with real brown stock imported from Germany.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 47

Ah yes! Hampir lupa! Kami cukup clueless dengan kentang yang diisi ke dalam badan ayam. Hampir 30 menit lamanya saya menebak-nebak. Saya bisa merasakan rasa asam yang teramat sangat dan rasa asin yang teramat sangat pada kentangnya. Saya yakin kalau lemon terlibat dalam menu ini dengan adanya zest dan bau khas kulit lemon yang kuat. Dan setelah saya konfirmasi, rasa asin yang terjadi adalah untuk menyeimbangkan rasa asam lemon yang terlalu dominan.

Non-Halal Package (IDR 400.000,- for 3-4 people)

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 48

Paket menu Non-Halal dari Roland’s terdiri dari Pork Knuckle, 3 kleine Rolands Griller dan Kaese wurst.

Pork knuckle direndam dalam bir putih selama 3 hari sebelum direbus dengan berbagai herbs asal German, lalu dipanggang dengan bumbu khas Roland’s. Selain pork knuckle, tidak ada lagi pembeda antara menu Halal dan Non-Halal. Guess we’ll skip the sausages review.

Baik menu Halal maupun Non-Halal, kamu wajib memesan terebih dahulu 1 hari sebelumnya.

Makanmana Presents: Curated Christmas Dining Menu in 2018 49

Nah, untuk pembaca setia Makanmana, setiap pemesanan paket Christmas dari Roland’s dengan menyebut Makanmana, kamu bisa mendapatkan satu porsi dessert berupa Apple Cake. Even better, pada tanggal 24 Desember 2018 nanti, setiap tamu yang datang akan diberi Sangria Herbs Wine secara GRATIS tanpa T&C.

Roland’s German Restaurant ( @rolandsmedan )

Jalan Setia Budi No 262, sebelah komplek Tasbi
Non Halal with Halal menu available
Lokasi: https://goo.gl/maps/4u4ci1wPs4N2

Itu dia beberapa referensi menu makan malam Natal lengkap dengan promo khusus untuk kamu para pembaca setia Makanmana.net. Sudah milih belum mau ke lokasi yang mana? Ajak kami ya!