*If you’d like to read the English version, click here!*

Indonesia terkenal dengan latar belakang masyarakatnya yang beragam, salah satunya dalam hal kuliner. Mulai dari hidangan khas suku tertentu hingga hidangan fusion, semuanya setia menghiasi meja makan tiap keluarga dan restoran.

Sebelumnya MaMa juga udah pernah membahas 100 Kuliner Medan Wajib Coba, tapi kali ini MaMa akan lebih fokus ke kuliner Medan yang HALAL. Pilihan kuliner yang MaMa bahas disini dibuat sevariatif mungkin, jadi kalo kamu tertarik, scroll terus ya!

Sidenote: Kalo kamu nyari Food Guide yang lengkap di Medan, langsung klik 100 Kuliner Medan Wajib Coba 2019, Semuanya ENAK!

1. Mie Rebus Dewar

mie rebus dewar halal medan

Konon katanya, Mie Rebus di Medan juga disebut Mie India, karena mayoritas penjualnya yang merupakan ras India. Tapi, sebenarnya mie rebus di Medan terbagi jadi 2 versi: versi India dan versi Tionghoa.

mie rebus dewar halal medan
Ini dia penampakannya, percaya deh kalo aromanya sanggup bikin perutmu bergetar

Yang manapun favoritmu, gerai mie rebus yang berada di Jl. Sekip ini wajib kamu cobain. Terlihat sederhana, namun mie rebus disini ternyata kaya rasa. Kuahnya yang gurih terasa memuaskan di perut, terutama kalo lagi ngidam sesuatu yang hangat dan mengenyangkan.

Mie Rebus Dewar

Jln. Sekip, sederetan Apotik Fajar dan Universitas Prima (Unpri)
Operational hours : 16.00 – 21.30
Location: https://goo.gl/maps/EXLr8xGcjeB8V1VG7

2. Nasi Gurih Nusa Indah

nasi gurih nusa indah halal

Terletak di sebuah gerai sederhana, nyatanya gerai ini salah satu pemain lama di kancah kuliner Indonesia. Hidangan disini diberi sentuhan khas Minangkabau dengan adanya dendeng sapi instead of telur yang biasa ada dalam seporsi Nasi Gurih.

nasi gurih nusa indah halal
Perpaduan nasi yang dimasak dengan santan, dendeng sapi, tumis buncis, dan bawang goreng di atasnya bikin hidangan ini jadi opsi sarapan yang lebih nikmat (berat)

Rumah Makan Nusa Indah

Jalan Palang Merah (Seberang Nav karaoke)
Buka: 06.30 – 13.00
Location: https://goo.gl/maps/gFpyvRTGmZZoJLxz7

3. Soto Kesawan

soto kesawan halal
Tepat di Jalan Kesawan, tampak gerai tua ini yang merupakan peninggalan zaman Belanda

Berada tepat di seberang Tjong Ah Fie Mansion dengan konsistensi rasa yang dipertahankan dari tahun ke tahun, gak heran kalo Soto Kesawan jadi salah satu gerai soto yang gak tertandingi. Soto disini cenderung berwarna jingga dan terasa gurih.

soto kesawan halal medan
Terbuat dari santan dan lauk yang beragam (daging sapi, udang, ayam) dengan sedikit daun bawang membuat Soto hidangan yang harum nan lezat. Padukan dengan sepiring nasi hangat biar lebih mantap!

Soto Kesawan

JL. Ahmad Yani
Buka: 08.00-14.00 (Minggu tutup)
Location: https://goo.gl/maps/pLhzrubbvmGrbjDK8

4. Bakso Sapi Amat

bakso amat halal medan

Bakso yang kenyal nan padat daging serta kuah kaldu yang gurih jadi dua hal yang MaMa highlight disini. Selain itu, letaknya yang strategis serta gerainya yang ramai juga membuat gerai ini jadi rekomendasi MaMa.

bakso amat halal medan
Terasa agak asin, bakso dan mie disini jadi favorit masyarakat sekitar

Bakso Amat

Jl. Ir. H. Juanda Baru No.112
Buka: 12.00-22.00
Location: https://goo.gl/maps/qV2izXBLp4FhTsWL9

5. Warung Belut Mbak Sherly

warung belut mbak sherly halal

Di balik penampilan gerainya yang sederhana, ternyata gerai ini menyimpan beragam sajian belut yang mantap, mulai dari Belut Sambal Ijo, Belut Sambal Merah, Belut Goreng, dan banyak lagi. Bumbunya yang gurih langsung nendang di mulut.

warung belut mbak sherly halal

Warung Belut Mbak Sherly

Jl. Pringgan No.56, Kp. Lalang
Buka: 11.00-16.00 (Jumat tutup)
Location: https://goo.gl/maps/BievXdF4EjttESUPA

6. Mie Sop Methodist

mie sop methodist halal

Ciri khas dari hidangan mie sop disini adalah dagingnya yang berlimpah, baksonya yang kaya daging, serta kuah yang lebih kental, meskipun dari segi rasa, aroma kecapnya mendominasi.

mie sop methodist halal

Mie Sop Methodist

Jl. Hang Tuah No.17
Location: https://goo.gl/maps/YUYahRck65UwsHF16

7. RM Islam Marikena

rm islam marikena halal

Menjadi rumah makan Halal yang stand out dibanding tempat lain (karena jadi satu-satunya tempat makan halal di daerah Padang Bulan), hidangan spesial disini adalah Ayam Cipera dan Ayam Petai. Selain itu, Ikan Mas Arsik yang jadi hidangan khas Suku Batak juga wajib kamu cobain.

rm islam marikena halal

Rumah Makan Islam Marikena

Jl. Jamin Ginting No.94
10.00-21.00
Location: https://goo.gl/maps/mJhRJPk9FqZtrN7V7

8. RM Sipirok

rm sipirok halal

Pernah nyobain hidangan sup yang nikmatinnya pake sedotan? Gak usah bingung, kamu bisa temukan hidangan ini di RM Sipirok. Disebut Sup Tulang Sum-Sum, proses memasak yang lama bikin tulangnya kaya rasa.

rm sipirok halal

Rumah Makan Sipirok

Jl. Sunggal No.14
Buka: 10.30-15.00
Location: https://goo.gl/maps/yCuonStjkKE2Croq9

9. RM Uda Sayang

rm uda sayang halal

Hidangan sambal adalah menu yang paling direkomendasikan disini. Ada 3 macam sambal yang boleh kamu cobain, diantaranya acar cabe kering atau cabe dendeng yang terasa fresh, sedikit asam dan crunchy.

rm uda sayang halal

Uda Sayang

Jl. Pusat Pasar No.151
Buka: 09.00-17.00
Location: https://goo.gl/maps/Zu6vvLFmWLFTMRkn6

10. Sop Lembu Jl. Kenari

sop lembu kenari halal

Yang paling khas dari gerai ini adalah kuahnya yang berwarna jingga dengan rasa yang gurih serta dagingnya yang lembut. Letaknya yang berada di luar jalan utama tak berarti gerai ini sepi pengunjung. Malah, gerai ini padat pengunjung terutama saat jam makan siang.

sop lembu kenari halal

Sop Kenari

Jl. Kenari
Buka: 11.00-16.00 (Minggu tutup)
Location: https://goo.gl/maps/j3EkvtzrfhdjBsaH7

11. Warung Nasi Cabe Ijo Kejaksaan

rumah makan cabe ijo halal

Berada di gerai kecil tepat di sebelah Tong’s Soya Bean gak membuat rumah makan ini kalah bersaing. Rumah Makan Cabe Ijo mempunyai ciri khas daging ikan yang crunchy di luar tapi lembut di dalam. Citarasanya semakin kuat dengan tambahan sambal ijo khas gerai ini.

rumah makan cabe ijo halal

Rumah Makan Cabe Ijo (Menu special Ikan Goreng)

Jl. Kejaksaan No.11, Petisah Tengah, Medan
Buka: 08.00-18.00 (Senin-Kamis)
Jumat-Minggu tutup
Location: https://goo.gl/maps/za4qSofvJUt91mAU7

12. Mie Aceh Titi Bobrok

mie aceh titi bobrok halal
cr: Isti (travelingyuk.com) / @yunisriabdi

Terkenal dengan rasanya yang pedas, sesuai namanya Mie Aceh biasanya dibuat oleh warga asli Aceh. Bumbunya sengaja diracik untuk mendapatkan rasa nendang yang gak ada duanya.

Mie Aceh Titi Bobrok

Jl. Setia Budi No.17D, Sei Sikambing B, Medan Sunggal
Buka: 11.00-22.00
14.00-22.00 (Jumat)
Location: https://goo.gl/maps/1g1hDpSReiEdcUoq8

13. Nasi Goreng Semalam Suntuk

nasi goreng semalam suntuk halal

Kalo kamu lapar di tengah malam sampe gak bisa tidur, coba deh kunjungi gerai nasi goreng yang satu ini. Pelayanannya yang cepat membuat tempat ini layak dikunjungi untuk yang ingin hidangan cepat di malam hari.

nasi goreng semalam suntuk halal
Kalo udah laper berat di tengah malam, siapapun gak akan bisa nahan godaan nasi goreng dengan topping telur dan daging sapi.

Nasi Goreng Semalam Suntuk

Jl. Brigjen Katamso No.45 L, Sukaraja, Medan
Buka: 17 30-02.00
Location: https://goo.gl/maps/Ww65VrhwoUcZnYMY6

14. Pecel Lele Mbak Bolek

pecel lele mbak bolek halal
photo: www.makanmana.net, 2008

Selain pecel lele, yang membedakan gerai ini dengan gerai pecel lele yang lain adalah menunya yang bervariasi, diantaranya sup daging, sup buntut, ikan gembung asam manis, tahu senayan, dendeng balado dan udang sere. Semuanya nikmat!

Pecel Lele Mbak Bolek

Jalan Wajir No.2-K, A U R, Medan
Buka: 17.00-22.00
Location: https://goo.gl/maps/bPZrquTePCVtRGaH9

15. Sup Kambing Kumango

sup kambing kumango medan halal

Salah satu gerai sup kambing yang legendaris ini terkenal dengan kuah berwarna jingga yang gurih dan kaya rasa, serta daging kambingnya yang lembut. Berdiri sejak 1976, tak ada yang berubah dari segi rasa.

sup kambing kumango medan halal
Sebagai salah satu gerai sup kambing legendaris, hidangan ini masih jadi favorit banyak orang, terlihat dari pengunjung yang datang silih berganti

Sup Kambing Kumango

JL. Jenderal Ahmad Yani, V, Kwang Ju, Kesawan, Medan
Buka: 19.00-23.00 (Minggu tutup)
Location: https://goo.gl/maps/ktmHEUN9EfgMnHBh7

16. Bandrek Sorbat

bandrek sorbat halal

Terbuat dari jahe dan gula aren dengan sentuhan rempah lain, minuman tradisional khas suku Sunda ini berkhasiat untuk menghangatkan badan. Cocok untuk relaksasi, minuman hangat yang satu ini wajib kamu coba.

bandrek sorbat halal

Bandrek Sorbat

Jalan Gatot Subroto, Sekip, Medan 
Buka: 17.00-00.00 (Minggu tutup)
Location: https://goo.gl/maps/v9fDrcmEoT2tdWhy7

17. Es Krim Ria

es krim ria halal

Ini adalah salah satu gerai es krim tertua di Medan. Berdiri lebih dari 80 tahun, gerai ini jadi favorit segala usia.

Sekarang, selain es krim gerai ini juga menyediakan berbagai hidangan lain yang lebih berat, diantaranya sate dan martabak.

es krim ria halal

Ice Cream Ria

Jl. Surabaya No.22C/28, Ps. Baru, Medan 
Buka: 10.00-20.30 (Minggu-Jumat)
10.00-21.00 (Sabtu)
Location: https://goo.gl/maps/qKkHD6cZ2kaNdMj18

18. Macehat Coffee

macehat coffee halal

Terkenal dengan Avocado Coffee, gerai yang belum lama berdiri ini nyatanya cukup terkenal di kota Medan. Perpaduan alpukat blender, saus coklat, es krim coklat dan meses coklat, serta segelas kecil espresso untuk pecinta kopi ini selalu jadi favorit pengunjung.

macehat avocado coffee halal

Macehat Coffee

Jl. Karo No.20, Petisah Tengah, Medan
Buka: 10.30-18.45
Location: https://goo.gl/maps/VWzQJMipwFcakaMK8

19. Pokat Kocok Bu Iyah

pokat kocok buk iyah halal

Serupa tapi tak sama, Pokat Kocok juga berbahan dasar alpukat yang diblender. Berdiri sejak 1968, gerai ini jadi salah satu gerai alpukat favorit warga Medan.

pokat kocok buk iyah halal

Pokat Kocok Simpang Glugur Bu Iyah

Jl. KL Yos Sudarso No.21 K, Glugur Kota, Medan
Buka: 11.00-22.00
Location: https://goo.gl/maps/VPPzYByBPRbJfkHe7

20. Mie Sop Bu Tuti

mie sop bu tuti halal

Meskipun dihidangkan tanpa bakso yang umumnya menjadi andalan setiap hidangan mie sop, namun Bu Tuti berhasil meracik kuah yang gurih menggugah selera.

Selain itu, daging ayamnya yang empuk, hati, dan ampelanya juga diberikan dalam jumlah yang berlimpah.

mie sop bu tuti halal
Kuah kaldu nya yang surprisingly jadi main hero disini

Mie Sop Bu Tuti

Jl. Karya Bersama, Polonia, Medan Polonia, Kota Medan
Buka: 10.00-22.00
Location: https://goo.gl/maps/FRMY9wca1S3hanZc7

21. Tip Top Restaurant

tip top halal

Sudah berdiri sejak 1929, cafe ini sekaligus menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Masih dengan suasana vintage, ditambah beberapa foto dari zaman Belanda, pelanggan seakan dibawa kembali ke masa penjajahan Belanda.

Menu yang paling dikenal di cafe ini adalah berbagai variasi cakes dan desserts. Kalo ingin melahap hidangan yang lebih berat, Western Food disini boleh dicoba.

tip top halal

Tip Top Restaurant

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.92 A-B, Kesawan, Medan 
Buka: 08.00-22.30
Location: https://goo.gl/maps/9ybKgn6wacLzyr6X8

22. Rasa Bunda Resto

rasa bunda resto halal

Dengan sentuhan modern, restoran ini jadi daya tarik tersendiri sebagai tempat nongkrong. Meskipun begitu, tempat ini juga masih mempertahankan kebudayaan asli mereka.

rasa bunda resto halal

Rasa Bunda – Modern Minang Cuisine

Jl. Iskandar Muda No.274
Location: https://goo.gl/maps/VGrQwdpQ6VhumaVE9

23. Warung Nasi Memeng

warung nasi memeng halal

Campuran nasi, bihun, keripik kentang, dan telur goreng menjadikan hidangan nasi disini terlihat sederhana namun kaya rasa.

warung nasi memeng halal

Rumah Makan Memeng

Jl. Wahidin No.271, Pandau Hulu II, Medan
Buka: 10.00-16.00 (Senin tutup)
Location: https://goo.gl/maps/7hkPZbFCzkdM8HNy5

24. Durian Pelawi

durian pelawi halal
cr: Google

Gak sah ke Medan kalo belum cobain Sang Raja Buah alias Durian, salah satunya di Durian Pelawi. Enaknya disini adalah, kalo kebetulan kamu dapat durian yang gak sesuai dengan keinginan, kamu gak usah bayar!

Pelawi Durian

Jl. Kutilang No.10, Sei Sikambing B, Medan Sunggal
Buka 24 jam
Location: https://goo.gl/maps/N3q5u17ZQqtGJknUA

25. Bolang Durian

durian bolang halal

Kalo mau menikmati durian di tempat yang lebih “hype”, Bolang Durian boleh jadi pilihan. Mulai dari penerangan hingga dekorasi apik, tempat ini sempurna jadi tempat nongkrong di malam hari sambil menikmati buah durian yang lembut.

Si Bolang Durian

Jl. Iskandar Muda No.75 C-D, Babura, Medan Baru, Kota Medan
Buka 24 jam
Location: https://goo.gl/maps/rrNbPCwWTSfi97eb8

26. Martabak Piring Kapuas

martabak piring kapuas halal

Merupakan salah satu snack favorit di Indonesia, terutama di Medan, Martabak Piring bisa dengan mudah kamu temukan di gerobak-gerobak yang bertengger di malam hari. Segera gigit martabak tipisnya dan kamu akan rasakan mentega yang lanagsung meleleh di mulut.

martabak piring kapuas halal
Dipanggang dengan adonan yang tipis di atas arang, pancake manis gurih yang satu ini banyak dicari di malam hari

Martabak Piring Sejak Dulu

Jl. Kapuas Jalan Sutomo Kelurahan No.simpang, Mesjid, Sumatera Utara
Buka: 18.00-00.00
Location: https://goo.gl/maps/SizdT4hdYttQ5B7m8

27. Pecel Mba Supiah

pecel mba supiah halal

Terbuat dari campuran berbagai sayuran yang disiram saus kacang, Pecel jadi salah satu snack favorit (anyway, Pecel sama Pecel Lele beda ya! Pecel Lele itu lebih ke main course). Biar makin pol, tambahkan kerupuk di atasnya!

pecel mba supiah halal
Disiram saus kacang, lontong yang dipadu dengan kerupuk bikin hidangan ini jadi opsi makan siang yang lebih ringan

Warung Pecal Mbak Supiah

Jl. Sei Putih Baru No.21A, Babura, Medan
Buka: 08.00-15.00
Location: https://goo.gl/maps/rxNETdeZacYB4n6k8

28. Sate Triadi

sate triadi halal

Gerai sate padang di Medan memang udah gak terhitung jumlahnya, tapi opsi yang diberikan biasanya terbatas, hanya daging sapi atau ayam. Nah, di Sate Triadi opsinya lebih banyak. Selain daging, disini juga tersedia jeroan, seafood dan bakso.

sate triadi halal
Saus racikan sendiri yang terasa lebih pedas jadi ciri khas gerai yang satu ini

Sate Padang Triadi

Jl. G.B. Joshua No.53, Pandau Hilir, Medan
Buka: 15.00-22.00
Location: https://goo.gl/maps/AC8xiSN4pahQH1YW6

29. Toko Kue Banyumas

toko kue banyumas halal

Kalo kebetulan kamu ke Medan atau berencana ke Thamrin Plaza, jangan lupa cobain gerai kue tradisional khas Indonesia yang satu ini. Berada di samping tangga basement Thamrin Plaza, kamu pasti langsung mengenali tempat ini dari aroma khas kuenya yang langsung tercium dari jauh.

toko kue banyumas halal

Banyumas

Jl. MH Thamrin no.75 r, Thamrin plaza lt.1, Pandau Hulu I, Medan
Buka: 10.00-22.00
Location: https://goo.gl/maps/WxBsXEjwAncDjRyMA

30. Putu Bambu Sudi Mampir

putu bambu sudi mampir halal

Kalo membahas soal putu bambu, gerai yang satu ini pasti gak terlewatkan. Berdiri sejak 1969, Putu Bambu Sudi Mampir cukup terkenal di Medan. Terbuat dari perpaduan kelapa parut kukus dan gula aren, hidangan ini jadi opsi favorit sebagian warga Medan pecinta kudapan manis.

putu bambu sudi mampir halal

Putu Bambu Sudi Mampir

Simpang Jl. Asia, Sei Rengas I, Medan
Buka: 17.30-00.00
Location: https://goo.gl/maps/iCYtACuaDQbkkYhs7

…….dan masih banyak lagi tempat makan halal di Medan

Jadi buat kamu yang masih berpikiran kota Medan didominasi hidangan non-halal, berarti kamu masih perlu lebih banyak menjelajah kota Medan. Gak kalah dengan hidangan non-halal, ternyata kota Medan juga punya banyak tempat makan halal kok!

Btw, dari 30 tempat makan di atas, ada gak yang jadi langganan kamu? Atau kamu punya tempat makan favorit yang lain?

[mc4wp_form id="28947"]