Ayam Pecak Joko Moro – Pedasnya Endes!

Fenomena street food Medan tahun ini kayanya bakal didominasi oleh Ayam Pecak, setelah sebelumnya wave Ayam Geprek menyerang Medan. Ayam Pecak Joko Moro belakangan ini mulai exist dengan kehadiran beberapa outlet dalam waktu dekat.

Dari beberapa cabang yang tersebar di Medan, gak sengaja kita singgah di cabang Gajahmada. Lokasinya tepat di seberang Gajahmada Park.

Ayam Pec-what?

Jadi sebelum kita makan, mari kita cari tau dulu apa yang ngebedain ayam pecek dengan pecel lele, ayam geprek, dan ayam penyet.

Dari hasil googling (terutama artikel dari sini), sebenarnya ada kerancuan dalam pemakaian pecel/pecal dan pecek/pecak.

Pecel/Pecal sejatinya ialah saus/bumbu yang terbuat dari kacang. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan sayuran rebus, tahu, tempe.

Di sisi lain, Pecek/Pecak ialah istilah yang dipakai di Jawa Timur untuk makanan yang dipenyetin.

Ada juga kuliner khas Betawi yang namanya Pecak. Yang paling lazim ialah Pecak Gurami, digoreng kering atau dibakar, lalu disiram dengan kuah sambal minimalis yang terdiri dari cabai, bawang, dan jahe.

Nah, sepertinya Pecak Joko Moro ini sih mengadopsi Pecak yang khas Betawi.

But, CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)

Pilih Lauk – Pilih cara masak – Pilih sambalnya

Jadi, saat kamu duduk makan disini dan disodorin menu yang mayan rame jenis2 makanannya, rada bingung juga sih mesennya. Tapi sebenarnya gampang aja, kalo udah tau polanya.

Pilih dulu lauknya—mau ikan/ayam/bebek, lalu proses masaknya—mau dipanggang atau digoreng, kemudian pilih jenis sambelnya.

Ada 2 jenis sambel yang disediakan disini: Sambel Pecak dan Sambel Terasi.

Sambal Terasi
Sambal Pecak

Rekomendasi dari Joko Moro: Sambel pecak buat gorengan. Sambel Terasi buat Panggangan

Ayam Goreng Pecak – 15rb
Nila Bakar Terasi – 26rb
Ayam Bakar Terasi – 15rb

Apa yang menurut saya menarik disini ialah penyajian sambal yang ‘fresh’, jadi proses pembuatannya pun langsung dapat dilihat seketika stoknya mulai menipis. Hands-on experience ini yang mungkin sempat ‘viral’ di sosmed belakangan ini.

Dari beberapa feedback yang kami dapat di Instagram Stories, beberapa followers Makanmana juga menyarankan Ayam Pecak Mas Bray yang berada di Jalan Gatot Subroto (sejauh ini tidak ada cabang).

Konon katanya antrian sudah memanjang bahkan sebelum mereka start berjualan. Ada yang sudah coba barangkali? Yuk komen di bawah.

Seafood Jokomoro Ayam Pecak

Jl. Gajah Mada No.48-42, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara
Google Maps: https://goo.gl/maps/JzPV22M5z8sMq7km9