Categories: Cafe & Restaurant

Ini 3 Menu Baru Lesehan Bambu yang Hanya Bisa Ditemukan di Cambridge City Square!

“Aslinya Seafood, Indonesian Cuisine”, ternyata di sinilah cabang Lesehan Bambu dibuka.

Di tahun 2015, Lesehan Bambu yang pertama kali muncul di Plaza Medan Fair, dengan tagline, ‘Aslinya Seafood, Indonesian Cuisine’ ini membuat penikmat sari laut penasaran untuk mencoba menu di sini.

Masih sama dengan outlet yang pertama, Lesehan Bambu di Cambridge juga di bagi dalam tiga areal tempat duduk: outdoor, indoor, dan lesehan (yang berada di outdoor dan indoor).

“So… apa sih yang beda, Ma?

Mungkin itu yang di dalam pikiran anak-anak MaMa ketika membaca ulasan ini.

Well, news for you, Lesehan Bambu di Cambridge mengeluarkan beberapa menu baru yang nggak ada di Plaza Medan Fair, and we think you may want to try them. (FULL MENU DI PALING BAWAH!)

Stim Ikan Gerapu

Stim Ikan Gerapu (120K)

Meskipun bukan pendatang baru di dunia kuliner sari laut, Ikan yang dimasak dengan menggunakan metode kukus ini bukan berarti boleh dilewati begitu saja.

Personally, I’m not a big seafood fans, tapi menurutku Stim Ikan Gerapu-nya cocok dengan seleraku. Nggak bau amis dan dimasak sempurna alias dagingnya lembut dan bumbu-nya meresap hingga ke bagian dalam.

Ada aroma jahe yang membuat menu satu ini terasa seperti Stim Ikan ala Hongkong, dengan tambahan bawang merah, kacang, dan juga cabe yang menambah taste profile menu ini. Ukurannya pun lumayan besar dan cocok untuk dibagi untuk 4-5 orang ukuran badan normal.

The meat just fell off the bones; how delicate!

Rajungan Goreng

Rajungan Goreng (45K)

Awalnya aku sempat ragu, “Rajungannya hanya digoreng doang, nih?”

Padahal, jenis seafood yang satu ini (setau aku) biasanya dimasak dengan saus yang basah, supaya bumbunya turut meresap ke dalam daging dan memberikan rasa yang lebih nendang, cth: Rajungan masak pedas.

Unexpectedly, rasa manis alami rajungannya yang fresh membuat menu sari laut yang “hanya” digoreng ini terasa mengguncang di lidah. Rajungannya nggak berbau amis sama sekali.

Menurutku, menu yang satu ini bakalan cocok ke lidah anak-anak yang suka makanan goreng dan nggak bisa makan pedas.

Sebenarnya, pertama kali menu ini diantar, aku sempat kaget karena ukurannya. Per porsinya hanya dibanderol dengan harga IDR 45K/1 ekor rajungan. Hanya bisa buat satu orang, apalagi buat gue!

Ada dua sambal yang mendampingi menu ini: sambal merah dan kecap yang sudah termasuk dalam menu Rajungan Goreng ini. Setelah dikombinasikan sana sini, menurutku sambal kecap lebih tepat untuk dinikmati bersama rajungannya.

Cocol!

Mie Sop

Mie Sop (20K)

Sebelum ada yang kepo bertanya, aku sampaikan dulu kalau memang di Plaza Medan Fair, belum ada yang namanya ‘Mie Sop’ sebelumnya!

Kami sempat merasa aneh, but then again, Lesehan Bambu pada awalnya memang lebih mengfokuskan menu mereka ke kuliner sari laut, otomatis Mie Sop tidak masuk ke dalam jajaran daftar menu yang tersedia.

Aroma cengkeh di Mie Sop yang kuat menguar di udara dan harumnya yang khas ketika diantar membuat nafsu lapar kami memuncak. But wait, kami harus foto-foto dulu sebelum bisa menikmati seporsi Mie Sop hangat ini.

Biar bisa pamer ke kalian, para anak MaMa. 🤣

Kalau kalian notice, pilihan mie kami jatuh ke bihun and honestly, alasannya hanya karena personal taste (siapa di sini juga sukanya bihun aja kalau makan Mie Sop?).

Satu hal yang memorable jatuh ke baksonya, yang rasanya asin dan gurih, dengan tekstur yang ratio tepung dan dagingnya pas (menurut aku ya). Bukan tipe yang all meat atau all tepung, tapi lebih seimbang aja.

Meskipun aromanya lebih duluan menyerang hidung, tapi citarasa yang jatuh di lidah bikin semuanya sempurna.

Kerang Bambu Bakar

Kerang Bambu Bakar (26K)

Ada dua metode memasak yang bisa kalian pilih untuk menyantap menu ini: direbus atau dibakar. Selain itu, opsi untuk dimasak dengan tauco atau dimasak asam manis juga tersedia untuk Kerang Bambu ini. Pilihan yang kedua bakal buat kita lebih nggak repot, tapi kami pilih yang dibakar karena lebih menarik menurut kami.

First impression, they look good.

Tiga buah Kerang Bambu dengan ukuran yang cukup besar dan dibakar sampai sedikit kecokelatan ini berhasil menarik perhatian kami. Kalau diliat dari foto menu, agak beda sih, soalnya di foto ada 4 Kerang Bambu, yang diantar cuma 3.

Setelah kami tanyakan, satu porsi Kerang Bambu bukan dihitung perbiji/perekor/perbuah/atau per satuan, tapi dihitung perkiloan. So, jangan kaget kalau kamu dapat lebih atau kurang ya!

Selain itu, Kerang Bambu bisa di-tauco atau dimasak asam manis supaya lebih gampang dinikmati karena cangkangnya dibuang!

Aromanya harum, tapi pas sampai di lidah, rasa Kerangnya sedikit amis, terutama pas bagian organnya dimakan juga. But I give this another shot.

Kerang Bambu dicocol sama bumbu nenas dan kacang terasa jauh lebih enak karena rasa asam manis dari nenas dengan tambahan rasa kacang yang gurih membuat aroma amis Kerang Bambu tadi tersamarkan.

Suka nggak suka sepertinya harus kembali ke lidah masing-masing, deh!

Paket Pari

Paket Nasi + Pari Bakar (40K)

Kalau lagi di Lesehan Bambu, paketan menu yang satu ini sepertinya jadi menu mandatory, apalagi kalau yang lagi save budget. Dengan harga 40K, uda bisa dapatin seporsi nasi, kangkung belacan sama Ikan Pare Bakar. Okelah untuk harganya.

Menu ini juga favorit di cabang Medan Fair, bedanya Paket Nasi yang menggunakan urap sebagai sayur tambahan, diganti dengan Kangkung Belacan di cabang Cambridge City Square.

Ikan Pare yang dibakar ini rasanya bener-bener di atas espektasiku, rasa manis kecapnya meresap ke dalam dagingnya pas dibakar. Sayangnya, kematangan ikannya cenderung lebih kering, but we think it’s still good.

Kangkoeng Belacannya cenderung lebih pedas dan lebih lezat disantap bersama dengan Ikan Parenya karena rasa pedas, manis, dan asin bersatu di lidah. Ketiga rasa ini yang lebih menonjol di Paket Ikan Pare ini.

Terong Goreng Saus Tiram

Terong Goreng Saus Tiram (24K)

Dari semua menu, Terong Goreng Saus Tiram ini yang menjadi primadona kami. Tampilannya menggugah selera kami, seperti keripik terong (karena dipotong super tipis) yang dilumeri butter. Porsinya lumayan besar dan menurutku cocok buat 2-3 orang.

Asin, manis, gurih, dan pedas—menu ini boleh dibilang memanjakan nyaris seluruh bagian perasa kami yang stationed di lidah. Teksturnya garing dan lembut at the same time, so this is the menu we definitely will order again!

Potongan-potongan cabe ini bakal nendang banget kalau dimakan, dan jujur aja, you may don’t like the heat, but you can’t deny they elevate the dish to a whole new level.

Konsep nggak berubah, tapi menu ditambah.

Lesehan Bambu di Cambridge cuma memiliki perbedaan di pilihan menunya yang bertambah.

Menu mereka yang semakin banyak ini mungkin bakal buat anak-anak MaMa lebih sulit memilih, that’s why we made you this short review!

Biar milihnya gampang!

Lesehan Bambu

Alamat: Cambridge City Square, sebelah Lebanon Restaurant
Jam Buka: Jam Operasional Mall
Harga: 20K ke atas.
Lokasi: https://goo.gl/maps/W7o9K9VveMMZoVZA8
Halal