Endorsement FAQ

Apabila Makanmana diundang untuk meliput restoran/tempat makan secara GRATIS, apakah Makanmana pasti akan mempublikasikan konten tersebut?

Untuk liputan yang dilakukan secara GRATIS, Makanmana berhak untuk memilih apakah konten tersebut dapat dipublikasikan atau tidak. Liputan yang menarik atau unik memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk dipublikasi.

Apabila undangan yang dikunjungi untuk diliput dianggap sangat buruk, Makanmana akan memberikan feedback agar bisa diperbaiki dan akan memberitahu pengundang bahwasannya konten yang diliput tidak akan dipublikasikan.

Apakah restoran dipastikan mendapatkan review yang bagus apabila mensponsor liputan Makanmana?

Pengusaha yang berkespetasi akan direview secara bagus karena mensposori konten Makanmana.

Apakah perusahaan boleh meminta pengubahan isi artikel yang diulas?

A3: Artikel berbasis produk/liputan yang disponsor didorong untuk diulas secara objektif dan mengikuti standar liputan yang ditentukan Makanmana. Pengubahan isi konten yang diminta oleh perusahaan tidak diperbolehkan, kecuali; a) tentang info-info tambahan yang penting untuk dimasukkan, dan b)pengubahan info dari perusahaan sudah pernah dibahas dan disetujui sebelumnya.

Apakah artikel Makanmana dibayar?

A4: 97% artikel Makanmana tidak dibayar, dan merupakan liputan sendiri. Adapun liputan yang disponsori, Makanmana diwajibkan untuk mengulas tentang restoran/tempat makan tersebut secara objektif dan sesuai dengan standar Makanmana.

Apakah Makanmana akan mengulas secara bias apabila kontennya disponsor?

Makanmana tidak akan mengulas secara bias, namun tidak akan menjelek-jelekkan restoran/rumah makan yang diulas. Apabila ada kritikan yang dapat merusak nama restoran/rumah makan, maka akan disampaikan secara langsung oleh Makanmana kepada pengusaha. Hal ini Makanmana lakukan atas nama etika dan moral dalam hal memberikan kritik dan saran.

Apabila restoran/rumah makan benar-benar tidak layak untuk diulas, maka mohon maaf, tidak akan diulas ke Makanmana dalam bentuk postingan ataupun blog.

Berapa lama yang dibutuhkan Makanmana untuk menerbitkan sebuah artikel?

A6: Makanmana hanya menerbitkan dua artikel per minggu, total 8 artikel per bulan. Setiap artikel memakan waktu setidaknya 2-3 minggu. Kami menganjurkan agar tidak mengundang kami untuk menerbitkan artikel yang memiliki masa pendek (i.e: khusus Valentine’s Day dan sebagainya) karena kami sudah memiliki jadwal untuk publikasi. 

Bagaimana kami bisa tahu apabila Makanmana menerbitkan artikel tentang restoran kami?

Silahkan cek website atau blog kami—bukan kewajiban kami untuk menginformasikan setiap restoran/rumah makan tentang terbitnya artikel restoran kepada pengusaha. Silahkan subscribe ke website Makanmana juga.

Apakah Makanmana hanya terdiri oleh Leo & Bobby? Bagaimana kami bisa memastikan reviewnya ditulis oleh Leo/Bobby?

A8: Semenjak beberapa tahun yang lalu, Makanmana tidak lagi hanya terdiri Leo dan Bobby, namun sudah ekspansi menjadi sebuah tim. Makanmana memiliki tim staff editorial yang akan mengulas tentang restoran/rumah makan.

Tidak semua hasil ulasan ditulis oleh Leo ataupun Bobby, pembaca dapat melihat nama penulis di bawah judul artikel.

Apakah kami bisa mengundang Leo/Bobby ke acara kami?

Bisa, tetapi Makanmana tidak berjanji bahwa yang akan muncul adalah Leo/Bobby. Kemungkinan pengusaha akan menemui staff dari Makanmana.

Bagaimana cara untuk mengajak Makanmana untuk melakukan ulasan editorial berbayar?

Apabila perusahaan ingin ulasan yang dapat diubah, ditinjau, atau memiliki hak mengubah dalam hasil ulasan, maka Makanmana menganjurkan untuk mengambil Paket Blog Makanmana. Hubungi kami di sini apabila anda tertarik.

Pengusaha yang bersedia untuk membayar memiliki hak untuk mengubah konten yang diulas. Pembayaran dalam bentuk produk seperti makanan atau voucher tidak dianggap sebagai ‘bayaran’.