alamat manna house medan

“Disini spesialnya Nasi Ayam Andaliman dan Nasi Ayam Bumbu Bali”, sebut sang pelayan saat saya menanyakan menu spesial di Manna House, last weekend. Dengan setengah percaya saya juga minta di rekomendasi western food-nya. Baru kemudian sang pelayan merekomendasi Chicken Maryland.

lokasi manna house

Kenapa setengah percaya, karena suasana cafe baik eksterior maupun interior tidak menunjukkan cafe yang mengandalkan Indonesian Food sebagai jempolannya. Dengan gaya desain yang comfy ala semi industrial, penggunaan concrete sebagai tembok dan wastafel, saya kira cafe ini lebih cocok menyajikan bir dan cocktail dengan fish n chips, burgers, atau steak. Bukan Ayam Andaliman, Bumbu Bali atau Sayur Asem.

Well…mungkin saja pelayan itu masih baru, atau mungkin saja saya terlalu terpaku pada suasana interior harus disesuaikan dengan tema jenis makanan yang disajikan. Singkat cerita, pesanan jatuh pada Nasi Ayam Andaliman (29rb), Chicken Maryland (48rb), Manna House Cheese Risoles (20rb), dan Manna House Splash (27rb). Kita akan kembali ke pembahasan rasa nanti, mari ulas interiornya terlebih dahulu.

manna house cafe

Terletak di Jalan Cut Meutia, Manna House ngak bakal susah dicari. Lokasinya persis didepan pintu masuk Tiara Convention Hall yang bagi orang Medan harusnya sudah cukup dikenal. Dari depan suasana lokasi ini welcoming sekali. Penggunaan teras yang luas (area smoking), kaca sepenuhnya sebagai pembatas sekaligus pintu masuk, lampu sorot gantung, meja kayu, lighting apik dan tembok semen tanpa cat, pasti desainernya mahal (baca: desainnya bagus).

dexter barber shop medan

Ternyata konsistensi desain juga masih terasa kuat di bagian dalam ruangan. Concrete, steel, wood. Dan ternyata di bagian dalam cafe, ngak seperti cafe pada umumnya, ada barber shop under brand name “Dexter”. Barber shop ini ciamik dengan desain khas Amerika yang kental, vintage but modern. The only downside, saya rasa nga bakal nyaman pangkas sambil diliatin banyak orang. Maybe lebih nyaman kalau datangnya siang saat cafe masih sepi, or let the curtain slide to create silhouette.

interior manna house medan

I really love this place! Walaupun makanannya *belum keluar* mungkin ngak enak, namun saya mau hanya duduk disini menikmati segelas minuman or coffee. So, sementara menunggu makanan keluar, perhatian kembali tertuju ke selembar menu darurat yang merupakan item paling jelek di cafe ini. Manna House, please do your menu book (Hint: Here :p). Surprisingly, harga makanan disini lebih masuk akal dibandingkan cafe baru lainnya yang sekelas. Pilihan menunya juga lumayan bervariasi, walaupun sekali lagi saya sedikit heran melihat kategori Indonesian Food yang lebih banyak daripada pilihan Western Food (dengan interior seperti ini).

Nasi Ayam Andaliman

Food served! Andaliman, buat kamu yang nga tau disebut juga “Merica Batak”. Pernah cobain masakan Batak saksang atau arsik? Ingat bumbunya yang beraroma jeruk dan limau namun menggigit lidah dan bikin kebas? Itulah andaliman. Nah, ayam andaliman ini bertekstur seperti ayam rendang, namun lebih pedas dan lebih beraroma limau. Gampangnya, cobain aja buat yang suka pedes. Saya sendiri merasa walau rasanya OK, masih kurang spesial bila dikatakan ini adalah menu andalan dari Manna House. Oh ya semangkuk sayur asem jadi compliment untuk hidangan ini.

Chicken Maryland

Dan dugaan saya benar, Chicken Maryland yang dihidangkan berikutnya terlihat lebih spesial (terutama porsi dan presentasinya). Dagingnya cukup lembut dengan tekstur crispy di kulit luarnya. Walaupun saus mushroom yang disajikan sedikit terlalu asin, but this one is a champ!

Manna House Splash

Untuk penyejuk, Manna House Splash ini wajib kamu coba. Yoghurt base, fresh, jelly inside. You’ll love it! And last but not least, Cheese Risoles berbentuk segitiga yang disebut salah satu andalan snack disini.

Manna House Cheese Risoles

Taste was good, hanya saja sudah dingin saat disajikan ke kami. Apa mungkin sudah digoreng duluan agar mempercepat orderan? We’ll never know.

alamat dexter salon

Final verdict? Nice place for sure, reasonably priced, good food, good location. Apakah saya akan kembali? Yes tentu saja, next time saya akan coba mencicipi pizza dan pasta. Oya, beberapa teman juga merekomendasi Italian Chocolate Pudding as “must try dessert”. Buat kamu yang sudah pernah kemari, silakan beri komentar dibawah. Cheers!

Trivia: No 13 is favorite table number here