Skip to content

The old school Chinese Food at Tai Hwa

  • by
kitchen tai hwa

Nama Tai Hwa mungkin udah ga gitu populer di generasi anak muda sekarang. Namun, brand ini masih melekat di kalangan orang tua.

lokasi tai hwa

Penampilan rumah makan ini tidak berubah dari masa ke masa. Satu ruko terbuka, namun disekat sehingga tidak terlalu visible dari luar.

Ruang makan
Ruang makan

Satu ruko tersebut pun dibagi menjadi 2 segmen, bagian kanan dengan meja bundar dan menampung satu keluarga besar. Bagian kiri dengan meja petak, cocok untuk berempat.

menu tai hwa
Buku menu ala kadarnya (No pic)

Berhubung menu disini tidak bergambar, maka kebanyakan makanan yang dipesan ialah berdasarkan rekomendasi pengelola.

Beberapa menu terdengar familiar, tapi tentu saja ada juga menu ‘special of the day’ yang ditawarkan juga.

Kebetulan minggu malam itu saya dine-in bersama keluarga, inilah yang dipesan:

Sapo Tahu (40)
Sapo Tahu (40)

Sapo tahu disini tidak disajikan dalam claypot. Tahu yang dipake tahu Jepang degan kombinasi Mo kor dan Hio Kor, sedikit daging kepiting dan bawang bombay dengan kuah yang kental.

Ayam Goreng Tai Hwa (45)
Ayam Goreng Tai Hwa (45)

Potongan ayam goreng yang saya yakini porsinya setengah ekor ini dibumbui lalu digoreng. Hasilnya, renyah di kulit namun dagingnya tak alot. It’s delicious.

Udang Mentega (150)
Udang Mentega (150)

Menu udang goreng mentega mungkin sudah rame dijumpai di Chinese restaurant. Di Tai hwa, menunya sedikit berbeda dan unik. Saosnya kental, berminyak di bagian atas, rasanya manis asin gurih gitu dan agak lengket.

tai hwa udang goreng mentega

Oh ya, menu disini porsinya juga disesuaikan dengan jumlah diner yang hadir. Kalo ga salah ada porsi S,M,L namun sebaiknya minta saran dari waiter/pemilik aja.

tai hwa bistik ayam
Bistik Ayam (35)

Hidangan klasik selanjutnya ialah bistik ayam. Ayam panir digoreng lalu disiram saos kental bercampur mentega. Oh ya, disajikan dengan kentang goreng, kacang polong, tomat, timun, dan selada.

Shu Jek, cmiiw (15rb/potong, 150rb)
Shu Jek, cmiiw (15rb/potong, 150rb)

Saya lupa lupa ingat namanya, tapi sepertinya nama hidangan ini ialah Shu Jek. Tidak terdaftar di menu dan merupakan menu rekomendasi dari owner.

Ceritanya malam itu kami lagi ga pengen makan ikan kukus karena males. Lalu disarankan buat nyoba menu yang satu ini.

Daging ikan sudah difillet, diatasnya taroh lap cheong dan jamur, lalu dikukus dengan bumbu kuah dan jahe. Enak juga sih.

Poe Leng, standar lah (30)
Poe Leng, standar lah (30)

Well, overall untuk citarasa disini memang Medan kali. Ibarat mendengar lagu, genre Rock n Roll cocoklah, tambah lagi volume yang kuat, intense dan nendang. Walau personally kami merasa sedikit keasinan di rata-rata hidangannya, I guess it’s just our tongue tolerance.

Rumah Makan khas Chinese Tai Hwa (Non Halal)
Jalan Perdana no 11
4518670 – 4561744

Discover more from Makanmana

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading