Saksang & Babi Panggang

Alamat: Jl. Bukit Barisan II No. 122 Medan
Telp: (061) 6620 226
Jam Buka: 11.00 – 17.00 (approx)
Harga: Rp. 12.000 – Rp. 18.000 / porsi

Onma Tabo, satu lagi restoran yang meramaikan sensasi kuliner khas Batak di kota Medan. Akhirnya kesampaian juga niat untuk makan disini setelah beberapa kali batal dengan alasan yang bermacam-macam. Seperti masakan khas batak pada umumnya, Onma Tabo menyediakan menu-menu utama seperti Babi Panggang, Babi Goreng, Saksang Babi maupun ayam, Ikan Mas Arsik, Pulos-Pulos, dan banyak lagi. Hampir semua kami pesan kecuali Ikan Mas Arsik karena memang tidak ada yang doyan dengan Ikan Mas.

Interior restoran ini tertata rapi dan terkesan asri dengan taman yang luas di bagian belakang. Ada pilihan ruangan ber-AC untuk yang tidak suka hawa panas daerah tropis. Kami tetap memilih duduk diluar karena cuaca tidak terlalu panas dan angin berhembus sepoi. Kebersihan juga tampaknya cukup diperhatikan oleh pemilik restoran, menambah nilai plus tempat ini.

Tidak lama makanan pertama, Babi Panggang tersaji diatas meja. Porsinya tidak terlalu besar, hanya pas-pas-an untuk porsi makan seorang yang lagi lapar berat. Berikutnya datang babi goreng, saksang, dan lainnya. Makanannya lumayan enak, terutama favorit saya Saksang Babi. Bumbunya pas, nikmat dan gurih walau menurut saya agak pedas, dan warnanya bagus (yep, kami juga memperhatikan presentasi warna makanan disini). Ternyata walau kelihatannya sedikit, kami cukup kewalahan menghabiskan makanan yang tersaji, barangkali karena kami memesan terlalu banyak. Terakhir, ada buah-buahan yang disajikan secara gratis, hmm not bad at all.

Overall kami suka tempat ini karena tidak terlalu mahal dan tempatnya yang nyaman. Hanya satu yang disayangkan, tempat ini tutup di malam hari.