ondo-main-pic

OnDo Batak Grill

When it comes to good place to eat grill pork ala Batak, OnDo termasuk salah satu daftar kunjungan kami. Terletak di Jl. Pabrik Tenun No 45 Medan, lokasinya ga susah koq ditemui. Halaman parkir yang disediakan cukup luas, namun selalu penuh ketika jam makan siang tiba, sehingga kami harus parkir di pinggiran jalan.

Apabila ini kunjungan pertama kalinya, anda akan merasakan suasana interior rumahan yang telah disulap sedemikian dengan beberapa partisi sehingga membuat anda nyaman, ada beberapa ruang yang sebenarnya merupakan kamar tidur telah dirancang sebagai tempat makan untuk mengakomodasi jumlah tamu yang besar dan membutuhkan privasi. Berbeda sekali dengan stereotype rumah makan khas Batak yang biasanya terkesan biasa dan ala kadarnya saja.

Respon pengunjung yang bagus terhadap rumah makan ini tampaknya membuat pengelola OnDo meng-expand bisnisnya dengan menambahkan beberapa meja di belakang rumah. Apabila anda lebih menyukai suasana yang lebih terbuka, masih cukup banyak seats di daerah belakang rumah makan.

Walau ramai pengunjung, service di rumah makan ini cukup bagus, karena langsung dimonitor oleh pemilik resto. Sang suami berperan sebagai kasir dan sang istri berperan sebagai mandor. Keduanya cukup cekatan apabila ada masalah atau kendala yang tidak sanggup ditangani pelayan.

Setelah order, makanan pun datang berbarengan. Sebagai menu pembuka anda akan disuguhi lalapan (9rb), daun singkong (10rb), sup kosong (9rb), dan ikan teri (8rb). Jangan lupa juga untuk memesan daily dish yang tiap harinya berbeda, kebetulan hari itu kami pesan daun pepaya dicampur nangka muda (pardon the name, kelupaan).

Dan inilah menu utama dan merupakan specialty dari OnDo, Babi Panggang. Tidak seperti RM Batak lainnya, daging disini dipotong lebih kecil, tipis, dan crunchy. Soal rasa ga perlu dipertanyakan lagi dah… Presentasi makanan disini juga menarik, hanya saja porsinya sedikit serta harga yang ditawarkan juga tidak murah, Rp 24.000 sepiring. And trust us, one won’t be enough.

Selain babi panggang juga ada babi goreng. Daging yang digunakan disini lebih berlemak, dan pastinya lebih juicy! Dan sama halnya dengan babi panggang, porsinya sedikit dengan harga yang sama.

Basically menu seperti itu sudah cukup untuk kami. Tetapi apabila anda menginginkan lauk yang lebih variatif, masih ada beberapa menu lain seperti Arsik Ikan Mas, Ayam Bakar Pinadar, Ikan Tinombur. Apabila menu tersebut membingungkan, coba saja intip apa saja menu yang tersedia di balik kaca.

To sum up, rumah makan ini cocok dijadikan tempat untuk menjamu tamu dari luar kota/negeri yang ingin merasakan uniknya kuliner Medan yang premium tanpa dikhawatirkan oleh faktor higienis. Walau harganya sedikit diatas rata-rata, servis dan rasa yang ditawarkan tidak mengecewakan. Anyway, buat yang mau reservasi, bisa hubungi 4511608 atau 4566762.

13 thoughts on “OnDo Batak Grill”

  1. Lapo terbaik dan Gedung Serbaguna Terbaik di Jakarta, Lapo Tapian Nauli Ceger Cipayung Jakarta Timur.

    Lapo sudah tak asing lagi kita dengar dan kita lihat di Ibu Kota Jakarta ini.
    Keberadaan banyaknya Lapo di Jakarta semakin memperjelas bahwa pertumbuhan Orang Batak di Jakarta ini begitu pesat.
    Orang Batak terkenal akan keberaniannya merantau, demi memperbaiki taraf hidupnya, dan ada beberapa yang harus merantau karena Tugas atau Sekolah dan Kuliah. Dari beberapa orang Batak yang merantau, sudah pasti mereka akan selalu ingat kampung halamannya, dan yang pasti adalah makanan khasnya.
    Karena itu, lahirlah Lapo Lapo yang menyediakan makanan khas Batak.

    Dari sekian Lapo yang pernah saya kunjungi, baru kali ini saya menemukan Lapo yang dari segi pelayanannya, rasanya, fasilitas laponya, yang selezat, senikmat, juga sebesar dan sebagus LAPO Tapian Nauli.

    Ada fasilitas tambahannya, yaitu Dua Gedung Serbaguna Kapasitas maksimal masing2 100 orang GRATIS GRATIS GRATIS, bagi yang kebingungan nyari gedung buat Tonggoraja, Marhusip, atau ada meeting dan acara keluarga, silahkan dicoba Resto Batak Tapian Nauli ini, percaya deh, pasti kaget dan puas.

    Salut buat Halak Batak.

    Alamatnya di Jalan Binamarga No 31 Ceger-Cipayung Jakarta Timur, 1KM dari Taman Mini Indonesia Indah.
    Alamat websitenya http://www.tapiannaulilapo.jimdo.com

  2. Disiantar sudah hadir “leon Nauli” Batak Food Resto Alamatnya Jl. Melanthon Siregar Gg. Sipahutar. Cobain deh. Makanannya enak, dan berasa banget khas bataknya. suasana nyaman dan gak bising. apalagi daging goreng iganya yang renyah gak terlupakan. yummmyyy…

  3. rumah makan khas batak robema paling mantap dri yg lainnya
    bergetar habis dech lidah kita…

  4. Dulu aq masih anak2,aq sering di bawa orang tua ku makan2 di rumah makan batak parsito jln pelita 4.dan sampe skrang kayak nya,parsito lah yg masih terkenal dgn makanan khas batak nya.

  5. @ kay dan leo
    kayaknya memang beda style deg… menurut saya On Do ini memang bukan autentik batak grill
    dulu pernah ngobrol sama boss nya On Do… ada campuran bumbu korea ( karena si suami orang korea )…
    klo mau dibilang rasanya biasa ya enggak juga sih… klo rasanya biasa masak bisa rame… hehe…

    klo yg autentik batak grill ya Parsito atau yg di Jl. Sempurna… juga yg di jl. Darat…

  6. kalo mau jujur sih, makanannya terlalu biasa, untuk standard rasa makanan batak masih jauh banget dari Tambunan yg di jalan Darat…Ondo ini cuma menang tempatnya doang yang bersih, ya gw setuju ama paragraf terakhir blog ini, emang cocok buat bawa tamu tanpa perlu takut masalah higienis…

      1. Udah 3 tahun comment ini dibuat tapi ga ada yg jawab Leo, ini gmn sih? Hahaha.

        Jl. Darat itu di daerah Medan Baru, dekat Jl. Hayam Wuruk. Kalau kita dari Iskandar Muda belok ke Hayam Wuruk, Jl. Darat ini pas sebelum kursus bahasa Inggris EIC (sebelah kanan). Nah, di sebelah kiri nanti ada 2 RM Batak bersebelahan. Yang pertama dapat itulah Tambunan, tidak ada plangnya. Kelihatan bangunan dan interiornya terkesan lebih baru dibanding sebelahnya. Dulu RM Batak Tambunan ini sebelah kanan (di seberang jalan), dan tempat yang lama ini masih keliatan namanya ditulis TAMBUNAN besar-besar. Saya dengar setelah Alm. Bpk. Tambunan meninggal dunia, istri alm. pindah jualan di tempat yang sekarang.

        Segera di-review ya, bro Leo.🙂

      2. Hahaha makasi banget yah Ivan atas bantuannya. Akan kami publish di blog ini setelah berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s