Suasana interior kopi baba

Kawasan Dr Mansyur memang ga habis-habisnya menjadi kawasan kuliner yang akrab dengan mahasiswa. Beberapa minggu yang lalu ruas jalan ini diramaikan oleh kedai kopi baru yang mengandalkan kopi sebagai nilai jual mereka. Selain kopi, ternyata kedai UKM ini juga menghadirkan sesuatu yang unik.

Pajangan foto kuno kota Medan

Pajangan foto kuno tepatnya. Foto-foto kuno suasana kota Medan menjadi hiasan interior di dalam cafe ini yang menjadi keunikan tersendiri apabila anda mengunjungi Kopi Baba. Lokasinya berada Jl Dr Mansur no. 47, sebelah Joko Solo apabila anda kesusahan mencari lokasi kedai kopi yang memang dari luar nampak kecil.

Beberapa meja dan kursi disediakan di bagian depan, asumsi kami untuk para smoking visitors. Dengan jajaran parkiran kereta dan hiruk pikuk traffic yang melintas di ruas jalan, kami lebih memilih untuk duduk di dalam ruangan AC yang lebih adem.

Ternyata ruangan didalam ini lumayan spacious. Tatanan meja dan kursi tidak terlalu rapat, dan dengan perabotan yang menyerupai gaya klasik, serasa dibawa ke zaman kolonial sambil melihat beberapa foto kuno dari tahun 1890.

kopi O

Menu yang hanya berupa secarik kertas yang dilaminate. Menu disini tidak terlalu banyak, dan di minggu sore itu kebanyakan dari kami hanya memesan minuman dan cemilan. Sudah pasti menu kopi tidak dilewatkan lagi dalam pesanan kami. Beberapa anggota perempuan memesan minuman yang mengandung coklat.

Teh tarik & Kopi Mocha, which one is which?

Gotta admit, the coffee here is not up to par. Hampir semua minuman yang kami pesan terlalu manis. Cappucino yang kami pesan lebih menyerupai teh tarik dengan buih yang tebal dibanding foam susu pada umumnya. Dan kebanyakan minuman lebih terasa susu dan manisnya ketimbang aroma kopi itu sendiri.

Tahu Pattaya

Lumpia Thailand

Untunglah snack yang dihidangkan mengimbangi rasa jelak akan manisnya minuman. Dengan harga yang terjangkau, snack disini tidak mengecewakan.

Satu hal yang membuat kami tidak betah berlama-lama disini ialah tidak adanya pembatasan ruangan smoking/non-smoking, bahkan didalam ruangan AC sekalipun. Ventilasi yang hanya berupa beberapa lubang kecil di langit-langit tidak memadai sebagai sistem peredaran udara.

Namun sepertinya tempat ini tepat bagi kalangan mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas kuliah, ditemani secangkir kopi yang sangat terjangkau harganya, dan difasilitasi ruangan ber-AC dengan fasilitas wifi. What else you could ask for?

Btw, kopi baba juga punya akun twitter @kopibaba.