kapal emas

Let’s embark on Golden cruise!

Nah, mungkin sebagian pembaca bakal berkata “Bukannya sudah pernah review Golden Dragon?” (Reviewnya baca disini) Emang bener sih sudah pernah kami review yang di Hermes Hotel di Jalan Pemuda. Nah kalo Golden Dragon Seafood ini berlokasi di Hermes Place Polonia (mal). Buat yang blom pernah mampir ke Hermes Polonia, boleh deh mampir kesana weekend ini. Selain terdapat beberapa lokasi hangout, juga ada Hermes XXI Cinema dan Draco Waterpark. Lumayanlah untuk menghabiskan waktu seharian.

interior golden dragon hermes polonia medan

interior golden dragon hermes polonia medan

Huge Luxurious Restaurant (From a Distance)

Kembali ke review restoran, sebetulnya kami mampir kesini secara kebetulan karena ada sisa waktu sejam sebelum jadwal nonton di bioskop. Ya udah sekalian review deh, kebetulan perut juga udah minta diisi. First impression untuk restoran ini mewah dan luas banget, dengan panjang restoran hampir mendominasi setengah dari panjangnya mall. Seluruh sisi restoran juga diberi kaca transparan (termasuk dapurnya yang luas) sehingga pengunjung dari luar bisa “ngintip” interior di bagian dalam. *dan bilang ‘Wow’ gitu lho…

Private dining room with huge table Golden Dragon

Private dining room with huge table, ada Apek mancing lho…

Ornamen ukiran dari kayu juga menghiasi hampir keseluruhan restoran yang didominasi warna emas dan putih ini. Walau dari luar terlihat mewah namun saat sudah masuk kedalam ternyata beberapa ukiran dan ornamen terlihat kasar dan apa adanya di beberapa bagian restoran. Satu lagi yang kami cukup perhatikan disini adalah masalah lighting. Yes, we do care about lighting in our review! Terutama saat anda membuka restoran mewah dengan harga diatas rata-rata dan luas bangunan yang bikin sirik cafe-cafe di lantai bawah. Kok lightingnya datar? Walau kami bukan pengkritik arsitektur atau interior design, tapi sepertinya penggunaan lampu-lampu di restoran ini terlalu simpel, terkesan murah dan terlalu ‘putih’.

Lost Attention To Detail

Belum sempat kami eksplorasi menu, sekali lagi perhatian kami tertuju pada penataan meja di restoran ini. Seperti umumnya chinese restaurant, pasti ada pilihan meja bulat dengan kaca bundar di bagian tengah meja yang bisa diputar. Umumnya di restoran sekelas gini biasanya mejanya diberi taplak meja dengan kain yang terlihat mahal, meja yang bersih dan susunan gelas, piring dan alat makan tertata rapi di setiap posisi duduk tamu. Tapi ternyata tidak disini. Tidak ada taplak meja, dan kaca bundar itu terlihat kotor dengan bercak-bercak minyak yang sebetulnya bisa hilang dengan cairan khusus pembersih meja. Untung aja alat-alat makan tersedia lengkap dan tersusun rapi.
Kalo nga sih uda (╯°Д°)╯︵ ┻━┻

Angsio Tahu dengan Jamur Bailing

Angsio Tahu dengan Jamur Bailing – Rp 48.000

Is it the same Golden Dragon?

Kenapa begitu? Apakah 2 restoran yang sama bisa berbeda begitu jauh? Jawaban kami datang saat menu yang kami pesan keluar satu per satu. Let’s start with the Angsio Tahu dengan Jamur Bailing (48K). Barangkali menu yang satu ini lebih dahulu terkenal di Restoran Taipan. Tahu dengan tekstur luar rumput laut ini emang belakangan cukup tren di beberapa chinese restaurant. We don’t know what to say, the taste is there but it just lacks something. Tapi bakal cukup mengecewakan kalau anda lihat perbedaan presentasi lewat foto dari review Golden Dragon sebelumnya.

Angsio Tahu dengan Jamur Bailing

foto waktu di Golden dragon Jalan Pemuda

Tahu di Golden Dragon cabang ini terlihat lebih kecil dan sayur Poeleng serta Jamur Bailing yang menjadi pelengkapnya terlihat ‘berkurang’.

Udang Saus Singapore

Udang Saus Singapore – Rp 82.000

Kekecewaan pun berlanjut saat Udang Saus Singapore hadir di meja dengan porsi yang kecil. Dengan berlabel harga 82K, jumlah udangnya sangat kurang dan presentasinya harusnya bisa jauh..jauh…lebih baik untuk restoran sekelas ini. Tapi Setidaknya saus singapore-nya lumayan enak, pedasnya pas – mengingatkan kembali akan Chili Crab ala Singapore.

Ayam Goreng Saus Ala Thai

Ayam Goreng Saus Ala Thai – Rp 59.800

Porsi frustasi berikutnya adalah Ayam Goreng Saus Ala Thai dengan label harga 59,8K. Tapi yang ini masih lumayan lah, rasanya juga cukup enak. Selain itu ayamnya cukup garing dan fresh.

The Biggest Disappointment

Inilah kekecewaan terbesar kami, dengan foto terbesar di banner promosi didepan restoran ini. BBQ 3 Kombinasi dengan harga ridiculously 108K. Tidak masuk akal! Kenapa? Karena porsi ayam dan bebek panggang ini tidak cukup bahkan untuk makan berdua. Now you judge..

BBQ 3 kombinasi ayam bebek

BBQ 3 kombinasi – Rp 108.000

Di jaman dulu, seorang juru masak yang bangga akan masakannya itu senantiasa memberikan porsi-porsi yang jumbo. Karena bagi mereka adalah sebuah kebanggaan apabila pelanggan akan pergi dengan senyum tertoreh di bibir mereka. Senyuman karena citarasa masakan yang baik, dan porsi yang cukup. Intinya pelanggan itu pasti akan kembali lagi karena senantiasa teringat dengan masakan sang juru masak. That’s the spirit of cooking. Unfortunately it’s not found in this resto yet. Saran kami agar menyediakan varian porsi (Regular atau Large), karena kami juga penasaran dengan jumlah menu yang harus dipesan apabila ada puluhan tamu yang duduk di private room dengan meja yang super besar.

Golden Dragon sup tomyam

Sup tomyam

Kami cukup prihatin melihat perkembangan kuliner di Kota Medan belakangan ini. Walaupun makin banyak bermunculan restoran, cafe atau gerai makan baru, namun sangat sedikit yang benar-benar memperhatikan insight dan feedback dari konsumen. Hampir tidak ada yang menempatkan diri pada posisi konsumen. Hampir semua hanya terkesan bagaimana bisa menagih harga setinggi-tingginya dengan kualitas yang pas-pasan. Sebagian lagi menjual fancy food yang maaf, rasanya ngak karuan.

Semoga pihak manajemen Golden Dragon bisa memperbaiki citarasa dan porsi masakan dengan harga yang ditawarkan. Sungguh sayang sebuah restoran sebagus dan semewah ini ditinggalkan konsumen yang tidak puas. Alangkah baiknya apabila Chinese Food di Kota Medan bisa dikenal sebaik Hong Kong atau Singapore. Meanwhile, we’ll stick to the old folks like Jumbo, Delima, Cin Yen, Benteng or Taipan. Walaupun mereka tidak menawarkan harga yang murah, setidaknya kita pulang dengan senyum di wajah.

Oh wait, asumsi kami…apakah mungkin porsi tersebut dipengaruhi promo diskon yang sedang berlaku disaat soft opening?

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: