French Seafood, Cemara Asri (Closed)

Areal pemukiman Cemara Asri akhir-akhir ini menjadi lokasi yang marak akan kuliner. Kalau dulunya tempat ini sering diasosiasikan dengan kuliner seafood, sekarang ini hampir setiap jenis kuliner hadir di kompleks perumahan ini. Dari sekian banyaknya rumah makan seafood yang berada di sepanjang ruas jalan utama, kami mampir di restoran yang paling dekat dengan gerbang utama Cemara Asri, French Seafood.

Tidak seperti rumah makan lainnya di pusat kota Medan, rata-rata seafood resto disini sudah mulai dipenuhi pengunjung mulai 18.30 sore, apalagi saat weekend. Dengan areal yang luas, rata-rata resto disini menawarkan outdoor dining, unless it’s raining. Kebetulan French seafood ini berlokasi pas di bagian sudut, terdapat fasilitas extra berupa areal bermain anak-anak.

French seafood, dari namanya bukan berarti resto ini menawarkan kuliner ala Prancis. Susunan daftar menu dengan jenis makanan yang lumayan bervariatif mudah dipahami, tetapi tetap saja kami bertanya kepada sang waiter menu apa yang direkomendasi.

Menu jus yang kami pesan datang dengan gelas yang besar. Dengan harga 15rb/gelas sebenarnya tidak mahal, mengingat kami tidak harus lagi memesan extra minuman setiap kali makan seafood, but you get what you paid for: 20% juice, the rest is just water, sugar and ice.

Ayam telur asin (35rb)

Hidangan pertama yang turun ke meja ialah Ayam Telur Asin. Sedikit asin sudah pastinya, kalau tidak dicampur kedalam nasi, but it tasted good dengan pemakaian sambal yang tidak terlalu pedas.

Udang Butter (45rb)

Udang butter, admittedly udangnya kurang segar malam itu tetapi berhasil diakali dengan tepung dan kerak telur. Aroma dan citarasa menteganya tidak terlalu kuat, ukuran dan porsi udangnya juga lumayan dengan harga yang dibayar.

Terong buncis (18rb)

Karena pesanan belum lengkap tanpa sayuran, dan juga karena bosan dengan menu sayuran yang typical di setiap seafood resto, Terong buncis menjadi rekomendasi malam itu. Menu yang lumayan unik dan baru pertama kali dicicipi. Terong dan buncis ditumis dengan udang dan saos homemade, it was delicious.

Ikan Aji Bakar (4 ons 40rb)

Dari orderan menu yang lumayan banyak, kami request ikan aji bakarnya yang kecil saja. Dapatnya 4 ons, walau kelihatan gosong, daging ikannya tender setelah kulitnya dilepas. Goes well with sambal kecap.

Kepiting Asap (4ons 100rb)

Kepiting asap menjadi highlight malam itu. Awalnya kami ragu dan ingin memesan kepiting saos padang saja to go safe. Namun tawaran menu kepiting asap yang katanya signature dish French seafood dan diklaim yang pertama di Cemara Asri, we decided to give it a try. Kepitingnya lumayan padat berisi, bumbunya terasa sedikit asin dan pedas dengan aroma smoky yang khas dari daun yang dibungkus ketika diasap. If you’re bored with saos padang, give this one a try.

Ikan steam soya ini tidak jauh berbeda dengan resep umum ikan steam soy sauce. The overall dining experience was good, service was fast enough (mungkin karena kami datangnya rada telat). Total biaya yang dikeluarkan dibawah 400rb untuk berlima, not so bad for seafood dining.

Ikan steam soya

Dari beberapa resto seafood disepanjang ruas jalan utama Cemara Asri, which one is your favorite?

French Seafood
Jl. Cemara Boulevard Blok A no 2-4 (Foursquare map)
061 6627023

20 Replies to “French Seafood, Cemara Asri (Closed)”

  1. Sedikit kecewa saat dinner di resto seafood ini. Restoran terbilang tidak ramai tetapi pesanan lebih kurang 1 jam baru keluar. Pesanan minuman (juice) yang keluar tidak sesuai pesanan, ada yg habis tidak diberi tahu, ada yg tidak keluar tetapi masuk ke bill.

    Pesan ayam cabe hijau 2 porsi (cabe dipisah) tetapi cabe hijaunya cuma disajikan 1 porsi, saat diminta 1 porsi lg kata pelayan cabenya lagi diblender then kami bilang ok tetapi ujung2nya cabe tidak kunjung keluar jg.

    Kepiting saus padang disajikan cukup menggiurkan tetapiiiii…. cangkangnya masih belum diremukkan (pengalaman saya makan di resto seafood lain cangkang sudah diremukkan kita tinggal makan) atau at least disediakan alat untuk meremukkan cangkangnya but di sini enggak.

    Overall mengecewakan hanya satu menu yg sangat menyejukkan hati yaitu terong buncis 🙂

    Mengingat harga yang harus kami bayar ga murah, dan pelayanan juga sedikit mengecewakan ditambah lagi taste yg begitu membuat keluarga saya banyak babibu 😦

    Like

  2. Kek nya bisa jadi tempat yang cocok nih buat makan2 ma keluarga.ada nomor yang bisa dihubungi ngga untuk tanya2 gt?soal ny takut pas kesana tutup.maklum bisa ny pas libur atw takut ujan aja.

    Like

  3. Ada informasi lowongan kerja nya di French..
    Loker untuk tamatan SMA/SMK.. Tolong informasinya yaa.. Terima kasih

    Like

    1. Buat mas yusuf agus, sementara kita msh blum menuka lowongan kerja, dikarenakan tenaga kerja di restoran kita msh berlebih. Tp klw ada dibuka lowongan kerja, akan diinfo kepada mas yusuf kemabli. Thnks

      Like

  4. Abis makan di french seafod kemarin. Pertama bingung mau dmn. Keingat review makanmana ttg kepiting asapnya. Sedikit Penasaran dengan rasanya jdnya kt ke french. uda di coba ternyata enakk buanget. Kepitingnya padat2, banyak dagingnya. 😀 Kmrin jg pesen udang telor asin. Rasa asin pedesnya pas. Ngk tau lagi untung atu salah kasih atau salah itung, udangnyaaa gede bgt utk hrg 45rb seporsi. :p puas! Topcer french seafood. Kpn2 mau kesana lagii.

    Like

  5. berkat referensi makanmana akhirnya gw n family coba try dinner di resto ini, berhubung dinner di hari biasa, ampe sana lg sepi, guest nya cuma kita…buat yg bawa anak2x cocok tuh soalnya ada mainan ayun2an di sampingnya….kita order sesuai yg direkomen di blog ini…kgk boleh ketinggalan signature dishnya yaitu kepiting asap..pas pula tinggal 1 ekot ,cim bu…telornya byk amit…slurrpp….yummy bgt dah kepiting asapnya, terasa bgt aroma bakaran-nya n bumbunya meresap ke daging kepitingnya…butter prawnnya juga ok, kita dpt prawn yg fresh with BIG size(worth it bgt dgn hrg 45rb/porsi )…ikan bakar kita pesan ikan pare..tender n juicy..mo try juice nya, eh kata waiteressnya blender nya lg rusak, jd cuma pesan teh aja..hehehe….btw kita dikasi juga complimentary dish berupa terong goreng crispy 1 porsi…trus waktu mo bayar liat bill nya dikasi diskon 10 %, ud itu kgk kena charge PPN 10 %..WOW….really good impression for 1st visit..thx buat blog makanmana yg ud rekomen t4 ini…
    p.s sebenarnya resto ini adalah pemain lama di bisnis kuliner komp.Cemara Asri, boleh dibilang pioneer n perintis resto seafood di komp. ini, soalnya dr dulu2x dah buka resto ini, cuma kita baru 1st time visit setelah baca ulasan di blog ini…hehehe…

    Like

    1. Tidak hny 10% yang kami berikan diskon dr totalan bill, french seafood juga tidak akan menghitung nasi yg dipesan pelanggan. Nasi putih akan diberikan secara gratis. Biasa restoran-restoran lain menghitung nasi sebesar Rp5000 per porsi. Restoran french seafood tidak akn menghitung nasi putih kedlm billing anda. Dengan kata lain misalnya da dipesan nasi putih 10 porsi = Rp50000 akan digratiskan secar cuma-cuma.
      Terima kasih atas kunjungannya.

      Like

  6. Dulu favorit keluarga saya di Cemara Asri Seafood yang kalau masuk dari gerbang utama berada di ujung sebelah kanan dekat bundaran, kemudian beralih ke Marco (yang kadang saya sendiri merasa terlalu over-rated ya)… Terakhir, mengikuti anjuran sepupu saya yang masih SMP 3 (katanya temen-temennya suka makan di French), saya dan keluarga mencoba resto ini… dan ternyata.. uenakkk!! Dan harganya juga pas.

    Oh ya, kebetulan nenek saya seorang vegan, dan kami sempat memesan 2 menu vegetarian (di restoran seafood, heh) dan ternyata juga lezat. Glad that makanmana.net finally gave it a try. 🙂

    Like

  7. Mantap bro review-nya. Smg bermanfaat buat para pecinta seafood. Trs trg sy nga gitu demen mkn seafood hehe… lbh suka mkn yg berkuah… seperti soto dan bakso sapi… it’s taste better…

    Mau nanya nih, website makanmana dibuat dgn wordpress ato joomla? cm panasaran aja, tampilannya mantap bgt. Mau berguru nih dgn Mr.Bobby.

    Please visit my sites : http://www.furbyhasbro.com and http://www.barbiephotofashiondoll.com

    Thx a lot 🙂 success for makanmana.net

    Like

    1. Thanks Rudi, dari awal hingga sekarang tetap cinta ama wordpress 🙂

      Joomla terlalu complicated menurut saya waktu itu (taon 2007) dan blog ini masih belum butuh manajemen konten spt itu.

      Kalo foto2 ngiler itu tanggung jawab Mister Bobby hehe…

      Like

    1. Pemilik French Seafood nih sama dengan France Bakery, maka kalo di lihat dari logo yang dipake tuh sama. corak restonya pun rada sama dengan toko rotinya, dominan orange.
      Interior rumah tinggal salah satu anaknya juga dominan warna orange. ( saya pernah lihat desainnya 🙂 )

      Beberapa waktu lalu masih ada promo diskon 40%, tapi gak tau sekarang masih ada atau tidak.

      Like

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s