Mie Sop Dekko

Mie sop, jajanan sore hari ini selalu meramaikan berbagai sudut jalan kota Medan, dari gerai kecil hingga abang tukang mie sop yang berkeliling dengan becak dengan harum aroma kuah yang menggoda. Kebetulan minggu lalu kami berkeliling di seputaran daerah Jalan Sumatera di sore hari dan menemukan ruko mie sop Dekko. Lokasi tepatnya di Jalan Jl. Madong Lubis No. 109B. Penasaran oleh rekomendasi pembaca, kami pun menjelajah.

gerai mie sop dekko

Sepertinya baru-baru ini mie sop Dekko melakukan ekspansi dan membuka beberapa gerai cabang, tetapi kami yakin ini merupakan pusatnya, nampak dari kuali yang gede ketika melewati pintu belakang menuju toilet. Kami tiba sekitar pukul 18.30, setengah jam sebelum gerai ini mengakhiri aktivitas mereka petang itu. Jadi kalo dipikir-pikir, pasti donk kaldu kuahnya begitu kental bukan?

Ruang makan disini cukup nyaman dengan meja dan kursi yang memadai, dibantu AC alam dan kipas angin ala kadarnya. Selain mie sop, rumah makan ini juga menyediakan menu soto ayam dan snack lainnya seperti ampela/hati dan ceker ayam.

ceker ayam

Ceker ayam disini lebih berat di aroma dan bumbu rempah, dan yang paling kerasa ialah aroma cengkehnya. Sedangkan rasanya sedikit terlalu asin menurut lidah kami. Jika anda suka aroma dan citarasa yang berat, mungkin ini cocok buat anda.

bihun sup

Satu mangkuk mie sop hadir dengan sebuah piring kecil plastik yang berisi kerupuk. Selanjutnya terserah anda, mau dicampur dengan cabe hijau dan sambal beserta kecap kental manis yang berlebihan, or go the way it’s served as it is like we did. Dengan harga 10ribu semangkuk, porsi mie sop ini boleh dibilang murah dengan suwiran ayam yang lumayan ditambah 3 buah bakso ayam yang dermawan (walau bakso ayam komersial yang dapat ditemui di supermarket). Kaldu kuah mie sop Dekko memang kental dengan tekstur yang gelap, tetapi overall cita rasanya belum maksimal.

Mie Sop Dekko
Jln. Madong Lubis No. 109 B (Foursquare map)
061 91121898 / 77882847

48 thoughts on “Mie Sop Dekko

  1. yg bilang ada jin itu adlh org yg syirik.
    mau makan datangla, kloq gk mw ywda jgn menfitnah.
    masalah kuah, yupz opo” larang ! wajar bayar .

  2. Mie Sop Kampung 17, di Jalan STM, dpan sekolah SMK 7, Joss bget, hrga ekonomis, higine, rasa no 1.

  3. Guys, ada yg udah pernah nyoba mie sop Bali di jl Katamso dekat mie ahwa setelah sekolah WR.Supratman? Juara rasanya..

  4. Mie sop yg paling enak di binjai adlh bakso surya ada tahu balek nya lagi cuman antriannya panjang bangettt..

  5. uda nyoba nih mie sop dekko sih pas plg medan taon lalu..tp walau gimanapun Mie Sop Kampung yg d daerah Ring Road plg enak deh!!! pingin pulang medan lg!!!

  6. Aku suka tahu dagingnya dekko. Yg plg ga saya suka dr dekko, masa sambalnya pake sambal murahan kayak abang2 bakso yg jual d pgr jalan aja.. still multatuli’s much more better..

    1. saran saya, biar ga murahan, pakai mayonese sama pertamax plus, dan biar elite, cemplungin cincin dan kalung berlian, aduk sampai rata, lalu tiris kan.

  7. Saya rasa yg komen soal ada jin ato apa itu hanya berusaha menjelek-jelekkan nama baik mie sop multatuli.. Makhlum, sirik! Saya kebetulan kuliah di pmci jd saya sering makan mie sop yg multatuli.. Ai nya baek tuh.. Wajar la kuah bayar, smua serba mahal skrg.. Mana ada yg gratis.. Ga ada yg memaksa kalian makan disana, kalau mau makan ya makan.. Kl ga jg ga perlu sembarangan memfitnah.. Sirik tanda tak mampu.. Mie sop multatuli is the best of the best.. Coba aja sendiri rasanya

  8. buat semua komentar di sini , harap jangan sembarangan bicara sebelum mengetahui kebenaran 🙂

  9. Mie sop Multatuli enak kok, pemiliknya baik kok, tegas dan to the point, jd mgkn kesannya galak. Saya sering bungkus buat makan di kantor, rasanya tetap enak. Kuahnya berasa banget. Dan yang pasti higienis.

  10. uda ada yg pernah nyoba misop kakek di jln sei petani ? menurutku itu satu-satunya misop paling enak di medan, ga nyesel deh nyobain nya …

    1. Misop kakek itu yg di sebelah mesjid bukan ya? Biasanya dr jam 1 sampai sore? Memang itu enak bgt T.T

  11. Komentar” disini seperti isu utk mengalihkan langganan… Hahaha.. Bisa hiv,bs anak jin.. Saya sendiri tinggal dkat sekip.. Dan kdgkala dtg mengunjungi cabang dekko yg berada dijl seikambing. Overall kuahnya beraroma jg trdpt sayuran” spt wortel,tomat,dll..pas dilidah. Tidak berminyak seperti bakso” dan misop pinggiran yg notabene direbus brsama lemak” hewan sehingga mnjdikan kuah brminyak byk.. harga sesuai dgn porsinya..

  12. Oh My!! This thread is getting more and more irrelevant. Pertama, reviewnya tentang Dekko tapi komennya kebanyakan mie sop Multatuli. Kedua, semakin banyak info-info yang belum jelas kebenarannya dan tidak berhubungan dengan fungsi makanmana.net sebagai food blog. -__-”

    Anyway, about Dekko, saya sendiri suka dengan kuahnya yang rasanya pas dan tidak keruh-keruh banget, kadang juga masih ada wortelnya besar-besar (biasa kalo makan misop warungan suka merasa berdosa dengan isu ‘higienitas’ dan nutrisi setelah makan). Bakso-nya memang tidak besar-besar banget, rada ‘tepung’, dan rasanya quite plain karena Dekko special bakso ayam aja. Tapi yg paling penting, di Dekko saya ngk pernah menjumpai botol saus yg berlumeran dan hitam-hitam di mulut botol, atau sambal ijo yg warnanya tak jelas dan lbh banyak airnya, atau lantai berserakan tisu kotor seperti pada warung bakso pada umumnya. Nah, that’s why I always come back here… ))

    1. karena sebelon kamu dateng, tumpahan saos nya udah saya jilatin semua, sambel ijo nya saya warnai cat aer metalik, tisu di kolong saya kunyah…… JOKING ya say…. jgn masukin ke hati.

  13. kalo udah enak apa boleh buat, pastinya rame trus walaupun sombong.
    tapi bagi gw servis ttp no.1

  14. Coba teman teman berpikir logis ,mie sop yang pemiliknya angkuh dan pelayanan nya buruk tetapi banyak yang suka makan misop di sana .kalau tidak pakai jasa Dukun mana mungkin bisa begini ??? Mereka pasti pakai ‘ syarat ‘ coba bawa misop nya take away ,pasti tidak seenak makan di sana .kalau saya sih tidak mau makan misop yang demikian .masih banyak misop yang enakk di tempat lain

  15. Misop multatuli itu piara anak jin ,waktu makan di sana ada yang lihat anak jin duduk duduk di sana

    1. Iya, aku juga nampak, lagi enak2 mkn disana, nampak anak2 jin-nya main2 dikolong meja pulak, sedang ibu2 jin-nya lagi mkn mie sop sambil ngerumpi.

  16. Kalau mie sop multatuli orangnya pintar sekali hitung, masak tambah kuah kosong dihitung 2 ribu. Hebat sekali kalkulatornya

    1. Betul bgt, aku juga tambah kuah kena 2 ribu, padahal kan modal air doank, padahal klo gratiskan bisa ku rekomendasikan ke teman2, kuahnya enak, ga pelit lagi..wew…

  17. belum pernah nyicipin miesop di Medan nih…. tapi artikel ini bikin inget miesop di M. Yamin Pekanbaru 🙂
    Smoga ada rezeki bisa nyobain miesop ke Medan (aduuuh… hawa mendung2 gini…enak banget makan miesop yak)

  18. Menurut sy, bakso yg plg enak ttp bakso bang kumis yg di komp.rmh susun jl.asia mega mas, seberang toko indomaret. Pemiliknya si abang kumis sgt ramah sikapnya. hehe…. biasa ke sana bs hbs 2 mangkok. Bro Leo review donk tempat mkn yg baru, di simpang jl.emas sabaruddin, yg jualan mknan khas taiwan itu. Brosurnya uda dibagi2 ke rmh disekitarnya, promonya gencar jg nih.

  19. miesop baso Putra Solo yg di pasar rame, rasa dan penyajiannya lebih tradisional, dan ENAK. klo miesop dekko rasanya cina banget.. tidak sesuai dengan rasa asli miesop yg memang kepunyaan bangsa melayu/pribumi

    1. Mau cina mau ga hargai aja deh keragaman kuliner di Medan, tak ada yang paling enak di dunia ini, yang ada ialah pas buat lidah anda atau tidak aja. Sekian dan terima kasih agar tidak mencampuri urusan SARA dalam hal makanan.

      1. Blog ini dipublished ke masyarakat umum, dan gua percaya semua orang berhak memberi komentar sebebas2nya. Ga ada yg bermaksud melibatkan SARA coy. hanya memberi komentar bahwa miesop baso adalah masakan khas Indonesia. coba bandingkan saja masakan padang kalau dimasak orang asli melayu dan keturunan tionghua. kalau yg masak keturunan tionghua,ada sedikit rasa manis. paling terlihat adalah rasa sambal, sama seperti masakan Sunda ada sedikit manisnya. Silahkan bandingkan masakan sunda di salah satu RM sunda disini dengan yg asli bandung. Gue sendiri keturunan tionghua, tp kalau sambal, gue lebi doyan sambal asli Indonesia. Dan gue yakin smua pembaca menghargai keragaman kuliner di Medan yg justru menjadi daya tarik wisatawan

      2. Nyantaii kaleee… maaf ya klo nyinggung anda. tp saya ga bermaksud bawa2 SARA kok.
        Thankss makanmana uda direview makanan2 di Medan

  20. For me, the best miesop in town is the one in Wahidin, next to the comic rental shop. Ga bersih sih, tapi sop and bakso (isi telur)nya best banget.

  21. Penjual di Multatuli okay kok, gak sombong hanya tegas hahahaha… and terpenting juga bersih 🙂

    1. Yah memang agak tegas kalau gerai miesop multatuli itu… Jadi ada beberapa orang mendapat kesan bahwa pemiliknya galak.

  22. Aku lebih suka makan mie sop di Kompleks Multatuli sebrang Wak A Ngo (sorry buat spelling yang salah). Jauh lebih enak daripada Dekko menurut aku 🙂

    1. Iya, sama, skrg ne fav daku kalo mie sop jg yg multatuli, walo yg jual rada sombong dikit tapi ya soal rasa tidak bisa bohong,

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s