Martabak Piring Murni

martabak piring

Martabak piring ialah cemilan unik yang ada di kota Medan. Salah satu martabak piring yang terkenal di Medan ialah Martabak Murni. Terkenalnya sih pasca masuk TV karena disponsori oleh Ceres, meses coklat yang dipakai dalam pembuatan cemilan ini.

martabak piring medan

Gerai yang menempati sebuah pojok diantara Jalan Bogor simpang Jalan Selat Panjang ini menjadikannya sangat strategis, karena seperti yang diketahui Jalan Selat Panjang merupakan pusat jajanan kuliner chinese street food. Tentunya kehadiran Murni ini menambah keragamanan tersebut. Nah, martabak piring ini kedengarannya agak unik yah…karena beberapa kali kami menjamu tamu mereka selalu penasaran. Menurut mereka sih sebenarnya cemilan ini lebih mirip seperti pancake, karena adonan dasar yang hampir serupa.

martabak piring murni

Cara masaknya lumayan unik nih. Tungku panas yang berisi arang dengan suhu tertentu sudah dipersiapkan. Selanjutnya piring dengan diameter satu jengkal dilumuri adonan. Nah… ada 2 adonan yang dipakai, yang satu buat martabak tipis lebih encer, dan satunya lagi pekat sesuai untuk suhu panas yang lebih lama. Piring tersebut kemudian ditaroh diatas arang hingga beberapa menit, lalu ditaburilah gula dan topping sesuai pesanan.

martabak piring murni selat panjang

Setelah martabak dianggap matang, piring diangkat lalu dipindah ke bagian depan. Anggota yang bertugas kemudian mengoles mentega, menaburi meses, wijen, dan lain sebagainya. Ada beberapa varian martabak yang tersedia, mulai dari coklat, kacang, coklat kacang, keju, coklat keju, campur (All in!) masing-masing dengan harga IDR 2000 hingga IDR 5000.

martabak piring tebal

Martabak piring tebal

martabak piring tipis

Martabak piring tipis

Dan ketika malam menjelang, ramailah yang antri menunggu martabak Murni ini. Proses masaknya sih ga lama, hanya saja kuantitas yang dibeli tiap pengunjung membuat anda harus sedikit bersabar. Buat kami sih yang paling enak itu POLOS, dalam arti hanya diolesi mentega dan sedikit taburan gula pasir, dan dinikmati selagi hangat dan crispy, karena aroma dari adonannya begitu asli. Nah kalo kamu, apa topping favoritnya?

Martabak piring Murni
Jalan Bogor simpang Jalan Selat Panjang
Tel: 0813 6109 1126

  1. […] Siapa pula yang nggak suka sama yang namanya martabak? Tempat ini salah satu legenda kota Medan karena udah berdiri lama banget broh. Martabak tebal atau tipis dengan berbagai varian rasa, tinggal pilih sesuai selera kelen. (Lebih lengkap – Martabak Piring Murni) […]

    Reply

  2. Martabak Mini buat ane ga kenyang bu kayaknya 😀

    Reply

  3. menurutku martabaknya enak, beda dari martabak lainnya
    martabak piring murni udah buka cabang lagi di jalan zainal arifin di depan pagaruyung

    Reply

  4. yang ini kurang enak..ketebalan kulitnya..cm ceres ny aj yg lbh oke dr t4 lain..lbh suka yg di jl.sumatera cm 2500

    Reply

    1. Jln sumatera di dekat mana ya?

      Reply

  5. Skrg uda buka cabang di depan nasi goreng pandu

    Reply

  6. Mana nih ga nemu tempatnya bang

    Reply

  7. Setuju ama Andrew soal adonan dan isi. Cobain di Jln Semarang depan Tiong Sim Mie deh yang jual mbak2, itu jauh lebih enak

    Reply

    1. Waaaahhh..
      Boleh dicoba ni anjuran kak Sherly..
      Kadang cem tu la orang medan ni, klo da masok tipi bukannya makin bagus dibuatnya..
      Harga makin mahal, kualitas makin jeblok..
      Cem ROTI TISU yg di sp Jl. Kumango tu la contohnya, begitu masok tipi lgsg naek harganya.. Uda gtu pun makin sikit pulak kurasa susu ama meses nya..
      Tak sodap lg bahhh!!

      Reply

  8. kalo yg lebih enak dari sini ada ga ya?

    Reply

  9. Hmm…jujur sih gw ngerasa adonannya terlalu tebal berbanding coklatnya…n terlalu mahal dari kompetitor lainnya di sekitaran itu juga…

    Reply

    1. Ada nama ada harga lha bro, namanya juga udah pernah masuk TV….

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s