alamat straits 9

Sangat jelas terlihat kalau tren cafe / resto di tahun ini akan didominasi oleh masakan tradisional dengan lokasi modern. Mungkin diawali dengan Bangi Kopitiam yang mulai duluan tahun lalu, diikuti dengan beberapa cafe serupa yang menawarkan kuliner tradisional baik nusantara, ataupun negeri jiran Malaysia, tetangga kita.

Nah kalau yang kedua ini biasanya didominasi kuliner khas Peranakan. Buat yang gak tau, masakan peranakan itu ialah kuliner yang berasal dari campuran masakan Chinese dan Melayu (berguna juga kurikulum sejarah masa kuliah dulu). Beberapa makanan yang terkenal misalnya Laksa, Curry Mee, Gulai Kepala Ikan, Popiah, sampai ke beberapa kue basah tradisional seperti Kue Lapis, Kue Angku, Onde-Onde, dsb. Wah ternyata masakan peranakan juga banyak ditemui di Medan juga ya…

interior lokasi straits 9

Salah satu restoran yang hadir baru-baru ini menawarkan kuliner khas Malaysia pada umumnya, Peranakan pada khususnya ialah Straits 9 yang terletak di kompleks supermarket Brastagi Five Star. Angka 9 ini sepertinya berhubungan dengan Harbour 9. Walaupun tempatnya gak besar-besar amat, tapi lumayan catchy dengan interior yang terkesan kuno bergaya kolonial. Buat yang sering main ke Penang pasti familiar dengan style interiornya, apalagi mural/painting di dinding dengan objek yang kreatif.

straits 9 nasi lemak

Gambar menu dengan cover ilustrasi acrylic/water color painting nampak memikat, namun didalamnya tidak berisi foto makanan. It’s okay for us karena kami rata-rata memahami menunya, but maybe not for others. Let’s start with the most iconic food in Malaysia, nasi lemak. Dari segi presentasi sih sudah pas, but they’re missing the details. Ikan teri/bilis yang dipakai di Malaysia biasanya lebih besar dan ber’daging’, tidak seperti ikan teri kecil yang hanya garing doank. Demikian juga nasinya…Nanggung. Nanggung karena aroma nasi lemaknya udah dapet, tapi kurang nendang. Asumsi kami sih santannya kurang, sehingga nasinya agak kering. Nasi lemak kan dari sononya udah bukan makanan yang sehat, so why go half-way dengan ingredientnya? Sambal nasi lemak juga merupakan salah satu faktor penentu enak tidaknya nasi lemak di Malaysia. Di nasi lemak ini lebih dominan rasa asin ketimbang pedasnya.

Pesanan kami selanjutnya yaitu Kwetiaw Goreng ala Penang dan Brunei Chicken Rice (because we’re big fan of Malaysian Chicken Rice).

straits 9 kwetiaw penang

Susahnya bikin masakan yang sudah sangat iconic (apalagi lokasinya deket dari medan), ialah orang akan langsung membandingkan dengan versi aslinya. Yang kami maksud disini ialah Kwetiaw Penang-nya. Ternyata nga ada miripnya sama sekali dengan yang asli di Penang, ngak tau juga kenapa dikasih nama Kwetiaw Penang. Taste-nya standar, porsinya ngak terlalu besar dan rada kering. Kalau kwetiaw di penang biasanya rada berminyak dan tidak kering. Jadi tim MaMa kurang setuju dengan pemakaian nama dan taste-nya yang misleading.

straits 9 nasi hainam ayam goreng

Porsi untuk Brunei Chicken Rice juga nga kalah kecilnya. Kalau kamu cowo dengan berat average 70kg dan hobi makan, dijamin ga bakal cukup. Walaupun rasa Chicken Rice-nya not bad, kami mengharapkan ada sesuatu yang spesial dengan nasi ayam dari Brunei. Ternyata sama aja dengan chicken rice standar di cafe-cafe dengan kecap asin dan kuah tawar.

straits 9 nasi ayam hainam

Hainan chicken rice disini juga masih setengah nanggung, baik rasa ayamnya, sambalnya, dan kuahnya. More or less sama dengan Brunei chicken rice.

straits 9 malacca laksa

Salah satu menu yang dapat kami rekomendasikan ialah Laksa Melaka. Laksa dengan kuah kari ini sebenarnya lebih mirip Curry laksa, minus kerang. Dari kesekian menu yang kami coba, this is the only menu that fits our appetite.

teh susu melaka

Dinner malam itu terselamatkan oleh Teh Susu Melaka yang unik rasanya. Menggunakan gula merah sebagai pemanis, ini satu menu yang kami suka disini. Selain itu pelayanan yang baik dan interior yang asik menjadi turning point.

Kesimpulannya, masih banyak yang perlu di improve oleh Straits 9, terutama citarasa masakan dan porsinya. Most restaurant get the interior right, but fail in the kitchen. A lot of research is crucial, apalagi Penang (maybe your source of reference is only 45 minutes away). We expect improvement and closer resemblance of native peranakan food this place has to offer. Good luck Straits 9!