mie siantar

Mie pangsit, salah satu jenis makanan yang paling sering dikomsumsi sebagai sarapan di kota Medan. Mie pangsit Siantar ialah salah satu varian dari banyaknya jenis mie khas Chinese. Kota Siantar sendiri merupakan kota kecil berjarak 2 jam dari kota Medan. Banyak potensi kuliner yang dapat ditemukan di kota ini, beberapa nama besar seperti Awai dan Kok Tong berawal dari kota kecil ini. Ga sedikit juga yang setuju bahwa orang Siantar pada jago masak.

mie siantar jalan sumatera

Di Medan sendiri, banyak juga ditemukan gerai yang berjualan mie pangsit Siantar, selain Awai tentunya. Salah satu rumah makan yang kami kunjungi ada di Jalan Sumatera no 8. Rumah makan ini mengandalkan alamat sebagai trademark mie siantarnya, “Mie Siantar no 8?. Cerita punya cerita, ternyata gerai ini sudah berjualan 39 tahun! Perjuangannya dimulai dari sebuah rumah tua kecil yang akhirnya dibangun menjadi ruko panjang yang lebih bersih dan nyaman setelah pertukaran generasi.

mie siantar jalan sumatera no 8 medan

Bicara soal mie, mie pangsit no 8 (23rb) ini lebih chewy texturenya. It’s homemade for sure, dengan topping daging kecap, suwiran daging ayam, daun bawang, bawang goreng. Not too heavy indeed, simple meal yang kemudian ditemani oleh semangkuk kuah dengan 2 buah wantan didalamnya. Wantannya sendiri lebih terasa seperti kuo tiek rasa dagingnya. It tastes good overall, walau harganya sedikit lebih tinggi dari mie pangsit Siantar pada umumnya.

mie siantar no 8 medan