Ala Turca, Turkish Cuisine (Closed)

sarma beyti kebab ala turca

Hampir setiap minggu ada cafe / restoran baru yang nongol di Kota Medan ini. Tapi gak selalu ada restoran yang hadir menyajikan makanan ala Turki seperti yang baru-baru ini buka di daerah Multatuli (tepat disebelah Inul Vista Karaoke). Ladies and gentlemen, introducing…Ala Turca!

Kunjungan kami disini diwarnai dengan wajah bingung nan dahi berkerut karena ngak ngerti menu-menu yang tertulis. Of course berkat bantuan dari mbak pelayan, kami berhasil order 5 menu untuk kami ber-4 yang ternyata berlebihan. Restoran ini dikelola langsung oleh chef asal Turki. Yuk lihat apa highlight disini.

kebab grill

Buat kamu yang sama sekali gak pernah berhadapan dengan makanan ala Turki (seperti kami), perlu kamu ketahui kalau sebagian besar makanan yang dihidangkan disini terdiri dari daging panggang, sayuran, variasi roti, dan nasi. Untuk olahan daging, hampir semuanya adalah hasil grill dan sayuran disajikan fresh atau di grill juga. Contohnya Chicken Satay Kebab (90rb) & Adana Kebab (70rb) yang kami order.

chicken satay kebab
chicken satay kebab

Kedua hidangan ini hampir sama, kecuali Adana Kebab memakai daging kambing cincang. Dihidangkan dengan lettuce, tomat, cabe merah besar yang di grill, irisan wortel, roti dan dipping sauce, kami sempat kebingungan soal bagaimana cara makannya.

adana kebab
adana kebab

Overall the dish is good, but not great. Sekilas, ini seperti sandwich yang isinya dikeluarkan semua dan diletakkan diatas piring.

turkish pizza

Yang hadir berikutnya ialah Turkish Pizza (60rb). Hampir mirip dengan pizza ala Italia hanya saja ini lebih tipis dan adonan roti lebih kering dan renyah. Ini sangat cocok untuk sharing dan sebagai appetizer.

chicken shawarma on rice

Shawarma Kebab on rice (40rb) menjadi salah satu primadona dari 2 hidangan favorit hari itu. Masih dengan bahan dasar grilled chicken meat, Shawarma ialah daging yang ditumpuk di alat panggangan dan di iris tipis-tipis oleh si chef saat hendak dihidangkan. Penyajiannya dengan nasi yang dimasak dengan butter, jadi ada sensasi creamy / buttery di nasi-nya. Delicious!

sarma beyti kebab ala turca

Last and our most favorite dish is Sarma Beyti Kebab (90rb). Yang ini direkomendasikan untuk sharing karena porsinya lumayan besar. Isinya ialah kebab daging sapi yang dibungkus Lavash (flatbread) sebelum disiram dengan saus berbahan dasar tomat dan yoghurt. Daging dan Lavash-nya memberi tekstur, sementara saus tomat dan yoghurt melapisinya dengan kesan “melt in your mouth”. Recommended! Oya, hidangan ini juga disajikan dengan seporsi nasi dan sayuran.

Overall lunch disini lumayan berkesan dengan makanan yang memuaskan dan experience yang unik. Beberapa minus point yang bisa kami tambahkan ialah setiap makanan terkesan hampir sama, hanya saja penyajiannya sedikit berbeda. Ventilasi udara di lantai 1 juga kurang baik karena tidak ada penyekat antara dapur dan dining room sehingga temperatur ruangan semakin meningkat dengan membludaknya pengunjung.

Selain itu, faktor harga yang sedikit ‘pricey’ mungkin menjadi pertimbangan untuk sering datang kemari. Estimasi biaya yang dikeluarkan sekitar 80-120 ribu rupiah per orang apabila saling sharing. Selamat mencoba 😀

Ala Turca, Turkish Cuisine
Jl Multatuli no 30DE

5 thoughts on “Ala Turca, Turkish Cuisine (Closed)

  1. Makasih referensi nya ya gan, pernah bbrp kali lewat resto ini dan pengen nyobain dan sengaja pengen browsing dl tentang menu makanan nya dan seneng! Ternyata most of all recomended yah?! Must try nih,

  2. Kebabnya enak,saya suka,pantas dicoba lah…beda sama tmpt lain yg pake daging cincang,atau kalengan,yg ini daging asli.

  3. Kebabnya enak,saya suka,pantas dicoba lah…beda sama tmpt lain yg pake daging cincang,atau kalengan,yg ini daging asli…

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s