Kepiting Lada Hitam Khas Pondok Sedap Malam (Closed)

kepiting lada hitam

Sudah lama mendengar keapikan kepiting lada hitam dari Pondok Sedap Malam, akhirnya kesampaian juga MaMa mencicipinya. Berlokasi di jalan Abdullah Lubis, sederet dengan restoran Warisan Tempoe Doeloe, Pondok Sedap Malam tampak dari luar memang seperti rumah makan pada umumnya, tapi soal rasa yah boleh dibilang lebih dari sekedar biasa.

alamat pondok sedap malam medan

Rumornya sih rumah makan sari laut franchise ini memboyong semua staffnya langsung dari Jawa. Jadi soal rasa dan keramahan mungkin bisa lebih konsisten (*menghayati tingginya angka keluar masuk staff di resto-resto lokal Medan). Interiornya tidak wow, atau mencitrakan khas masakan Indonesia, tetapi bersih dan rapi.

pondok sedap malam

Kepiting lada hitam
Kepiting lada hitam

Orderan pertama yang dicatat si mbak jelas saja Kepiting Lada Hitamnya, wong menu itu yang di-mention di pamfletnya. Rasanya… luar biasa emang. Bedanya dengan saos lada hitam yang banyak ditemukan di seafood restaurant di Medan ialah kepekatan dan rasanya yang lebih intens. Untuk harganya, 175rb seekor kepiting jantan, lumayan reasonable.

Tahu kipas
Tahu kipas
Kerang Kepa
Kerang Kepa
Kerapu bawang putih
Kerapu bawang putih

Menu lain yang tidak kalah sedap adalah Tahu Kipas (21 rb), garing dan isinya padat. Kerang Kepa (38 rb) juga tidak kalah asik, dan Kerapu goreng bawang putih (144rb [8 ons x 18rb]). Menu ini OK tapi ngk se-memorable ikan di Sondoro).

Ayam goreng
Ayam goreng
Ayam goreng wijen
Ayam goreng wijen

ayam panggang

Ayam gorengnya, standard… Bahkan sedikit keasian menurut kami. Tapi boleh dicoba Ayam Goreng Wijen nya (25rb), apalagi kalau bawa anak kecil, pasti doyan deh. Nah, kalo ayam gorengnya standard, ayam panggangnya malah enak. Satu yang menurut MaMa menu yang doesn’t belong there adalah Jamur Crispy (18 ribu).

Jamur crispy
Jamur crispy

Agak aneh karena jamurnya digoreng dengan tepung ala Ke-eF-Si sehingga nggak terasa tekstur dan wangi jamurnya sama sekali. Well, consider it an appetizer.

pare telur asin

Oh ya, satu lagi menu sayuran yang ga boleh dilewatin ialah pare telur asin. Bumbunya berhasil meredam kepahitan dari sayur pare.

Overall, it’s worth visiting. Tapi masalah revisiting tergantung lidah dan lokasi masing-masing ya. Yang jelas, nggak sah kalau makan ke Pondok Sedap Malam tapi nggak pesan kepitingnya. Total kocek? 75 ribu sampai 100 ribu per kepala, tergantung seberapa dahsyatnya selera makanmu.

Pondok Sedap Malam
Jln. Abdullah Lubis no 62, dekat simpang Darusallam
061-4563070
061-4563080

5 thoughts on “Kepiting Lada Hitam Khas Pondok Sedap Malam (Closed)

  1. Gw suka ikan bakarnya yah,masih klasik full grilled dari pada kebanyakan resto yang sekarang ini cheatin dengan di goreng dulu biar cepat.

  2. Dear makan mana, itu kepitingnya 175r dengan memakai credit card yah? kalau cash dapat diskon gak yah ? trims sebelumnya

    1. Harga yang kami tulis di website semuanya sesuai di bon, blm ada diskonnya. Kebetulan waktu kunjungan kami ada diskon sebesar 30% dari bank Medan tapi hanya sampai akhir Oct, kemudian disusul 20% utk November.

  3. klo dari review menunya kok rada mirip sama Warung Rawit yang di Jl. Pegadaian ya?
    apa masih satu manajemen atau gimana?

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s