Kwetiau Beras Kai Seng Tebing Tinggi

kai seng gaharu

Bukan cabang, apalagi franchise – Kwetiau Kai Seng sebetulnya berlokasi di Jalan Gaharu Medan dan sudah berjualan selama kurang lebih delapan bulan saat review ini ditulis. Mungkin pemiliknya berasal dari kota Tebing Tinggi, makanya namanya Kai Seng Tebing Tinggi.

kwetiaw kai seng gaharu

OK let’s skip the history lesson. Berbasis kwetiau beras ternyata Kai Seng cukup digemari masyarakat walau termasuk pemain baru di persaingan para jawara kwetiau Medan. Ramenya konsumen pada malam kami berkunjung menambah rasa penasaran seberapa spesial sih kwetiau yang beberapa kali disarankan oleh pembaca makanmana.net untuk diliput.

kwetiaw goreng kai seng

Kwetiau goreng seafood (25)

Tanpa basa basi kami langsung order 1 porsi kwetiau goreng seafood (25) dan 1 porsi goreng telur saja (13). Sementara menunggu pesanan, seorang pengelola toko yang ramah menyajikan sate kerang (3) yang katanya home made. Lumayan enak, terlihat bersih dan MaMa suka sate selain kerang darah, yang punya tekstur mirip abalone (dengan harga 5 ribu per tusuk, kami yakin itu bukan abalone).

sate kerang

Kwetiau disini punya warna yang cukup baik, terlihat agak pucat namun tidak terlalu berminyak. Untuk yang goreng seafood (char liau), chinese sausage-nya (lapcheong) tidak digoreng bersama kwetiau tapi dihidangkan sebagai pelengkap saat kwetiau sudah matang.

Ini praktik yang berbeda dari kwetiau lain umumnya yang menggoreng lapcheong sekaligus dengan kwetiau. The lapcheong was great, manis gurih gimana gitu… dan saat dimakan bersama kwetiaunya menambah tekstur chewy pada hidangan.

kwetiaw goreng telur kai seng

Nah rasa kwetiaunya sendiri sebetulnya not bad walaupun menurut MaMa kurang asin dan sedikit kurang aromatic. Tambah sedikit kecap asin, it taste better. Namun masih terasa ada sesuatu yang kurang.

Mengutip ucapan Matt Preston dari seri populer Masterchef Australia “it lacks three dimensional taste” (whatever that means). Kering, sayuran dan daun bawang yang banyak, fishball dan beberapa potong udang segar berukuran sedang menjadi ciri khas kwetiau ini.

kwetiaw kai seng tebing tinggi

Nah, positifnya kwetiau tidak terlalu berminyak jadi baik buat kamu yang lebih health concern. Selain itu lokasi jualan juga terlihat bersih, penerangan yang baik dan pelayanan yang ramah dan sigap. Another Medan kwetiau champion? Maybe not in our taste, tapi jelas Kai Seng punya banyak pelanggan setia yang berkata sebaliknya.

Kwetiau beras Tebing Tinggi Kai Seng
Jalan Gaharu no 81b

  1. Leo, ada input, try review Kwetiau yang di jalan Wahidin simpang Senangin. jualannya uda sekitar 20tahun, lumayan “legend” da.. haha and also yang di jalan suasa juga oke. 😀

    Reply

    1. Roger that bro, ada namanya? Jualan siang/malam?

      Reply

      1. kayaknya dari siang sudah ada kalau yang di jalan wahidin simpang senangin, cap chai nya juga wuenak.. kalau yang suasa biasa malam. :). owner nya ramah ramah, pasti seru kalau diajak bergosip. 😄

  2. Need more Lard?

    Reply

  3. Wah, koq ga dikasi tau ke ownernya Fatma?

    Reply

  4. Kecewa makan di Kwetiau Kai Seng. Kwetiau seafood yang dihidangkan sedikit gosong dan tidak ada lap cheong nya. Jadi kesan nya tidak ada yang istimewa dengan kwetiau beras lainnya.

    Reply

  5. MaMa, agree with you.
    Taste kwetiau-nya lumayan oke, apalagi ditambah dengan lap-chiong yang manis-gurih gitu.
    Tapi memang seperti ada rasa yang kurang ‘kena’ di lidah orang Medan. Klo orang Jepang sebutnya kurang rasa ‘umami’.
    Porsinya, well, cukup makan lar, yang menurut gw sich cocoknya ditambah sedikit lebih banyak will make our stomach pas penuhnya.

    Info juga nich, beberapa kali lewat di pagi hari, terlihat ada tambahan stalling untuk jualan ‘Bihun Bebek’ juga, if I’m not mistaken.

    Reply

  6. Dar ipenampilan, sepertinya itu sate scallop.

    Reply

  7. Hahaha.. Okay will do try as suggested

    Reply

  8. Here comes a new challenger !
    Boleh dicoba Kwetiau Ahin di Jl. Bambu (sebelah Indomaret)..

    Reply

  9. Lantai Kayu 12 Jun 2015 at 19:43

    Enak and wangi saat makan kwetiauw ini

    Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s