somtam thai

Sebetulnya Somtam literally means Papaya Salad, atau lebih tepatnya Green Papaya Salad. Jadi sudah bisa ditebak menu andalan disini so pasti papaya salad dengan rasa asem pedes yang bikin ketagihan.

Isinya pepaya hijau yang belum matang, kacang panjang, irisan tomat, udang kering, kacang tanah, cabe dan so pasti irisan jeruk nipis untuk rasa asam yang punchy. Nulisnya aja bikin liur belepotan, damn!

Tampak depan somtam thai medan

Lokasinya di bagian belakang komplek Multatuli, barangkali banyak yang nga tau tempat ini jadi terasa agak sepi walau sudah buka sekitar setahun. Bagian dalem restorannya biasa aja, nothing fancy tapi keliatan bersih dan proper buat quick meal.

Specialty disini ialah hidangan Thai Timur laut yang mengedepankan rasa kuat yang nendang abis di mulut. Pedes, asem, dan penggunaan banyak jenis sayuran (with chilies of course) sebagai salad keliatan mendominasi jenis masakan disini.

*Too bad kami kehilangan receipt, kalo ada yg bisa bantu harganya tolongin ye.

phla ne somtam thai northeast delicasies

Phla ne

Kita order Phla Ne (salad daging sapi) atas rekomendasi pelayan. Rasa asam yang kuat, disertai pedes dari bawang dan cabe sebelum gurihnya irisan fillet daging sapi membuat hidangan ini cocok bagi kamu yang punya tastebud kuat. Too sour for us though.

thai fried rice somtam thai medan

Thai fried rice dengan irisan nenas dan kismis, looks authentic tapi terasa sedikit hambar dan kurang “punchy”. Cocok dimakan dengan salad-nya, meredakan rasa punchy yang kuat jadi lidah bisa istirahat bentar. It’s a generous portion dengan penggunaan seafood yang nga pelit.

kwetiaw somtam thai

Alternatif nasi tentu saja ada kwetiaw (again, lupa nama menu) dengan taste yang sedikit berbeda dari nasi gorengnya. Kalau nasi gorengnya terasa manis-manis gimana gitu karena penggunaan nenas dan kismis, kwetiawnya lebih terasa gurih.

Penggunaan kwetiaw yang lebih lebar (seperti horfun / wakfen) dari kwetiaw yang biasa ditemui di Medan jadi nilai lebih hidangan ini. For the taste and portion, we had tasted better.

chicken something at somtam thai

Kalau kamu lebih suka sesuatu yang mild, cobain deh (sup ayam – lupa nama) yang kami order. Walau dari penampakannya keliatan berat dan beraroma tajam, tapi ternyata hidangan ini punya rasa subtle – comforting food. Barangkali cocok buat yang bawa anak kecil.

ikan goreng somtam thai medan

Ngomong-ngomong soal anak kecil, karena salah satu anggota makan siangnya bawa anak kecil dan dia pengen ikan, jadi deh kami order seekor ikan nila goreng (nama menu – lupa). Ukuran ikannya nga terlalu besar dan dihidangkan dengan saus ala Thai gitu. Nothing much to say about this, just another fried fish.

thai ice tea somtam thai

Kalau kamu mau Thai Food yang berbeda dari segi rasa (more authentic we say), kudu cobain berkunjung kesini. It’s not the cheapest Thai Restaurant in Medan, but worth the experience. Somtam terutama, merupakan menu andalan dan rekomendasi disini.

interior somtam thai medan

Somtam Thai Northern east Thai delicacy
Jalan Haji Misbah (komp Multatuli) Blok G12-13
061-4561477