Bihun bebek Asie Kumango, the best duck noodle in town.

Asie kumango

Gile mahal banget! Inilah ekspresi buat yang baru pertama kali makan disini. Yah, 5 taon lalu kami pernah mengulas tempat ini (waktu itu masih 38rb semangkok). Saat ini, semangkok bihun bebek ini sudah diatas 60rb. Koq bisa semahal itu sih!?

asie bihun bebek medan

Sudah pernah dan berkali kali kami jelaskan bahwa di Medan ini ada 2 jenis kuah bihun bebek, yang satunya herbal, dan yang satunya lagi asli duck broth. Mengolah bebek tidak semudah ayam, terutama amisnya. Untuk itulah kenapa di Medan ini lebih banyak dijumpai kuah berbasis herbal.

Kuahnya nampak keruh, hasil long hour boiling duck broth

Di Kedai kopi Kumango yang berada tepat di belakang kantor Harian Analisa ini, Asie sudah berjualan puluhan tahun dan mempunyai customer base sendiri diluar turis. Ciri khas yang paling menonjol ialah porsi dan daging yang selalu generous. Lantas kenapa tidak dimurahkan saja agar bisa dinikmati semua kalangan?

It turns out that Asie don’t give a damn about the meats. 1 mangkok bihun bebek yang porsi biasa aja bisa buat berdua, jelas Asie tidak pelit dalam hal porsi dengan harga yang ditawarkan. Setelah diselidiki dan ngobrol dikit, saya baru sadar—bahwa untuk menghasilkan kuah yang begitu kental aroma dan kaya citarasanya itu membutuhkan jumlah bebek yang jelas tidak sedikit.

Lihat saja bagaimana tulang bebek-bebek itu hancur karena dimasak dalam jangka waktu yang panjang, beserta ramuan bumbu lainnya sehingga benar benar diekstrak kaldunya.

Not sure itu bihun bebek atau daging bebek. Yes, ini porsi kecil!

Not sure itu bihun bebek atau daging bebek. Yes, ini porsi kecil!

The true delicacy of Asie duck noodle lies in the soup. By default, satu mangkok bihun bebek ini dihidangkan dengan rebusan sawi, bawang goreng, dan daun bawang serta sedikit siraman minyak wijen untuk menambah aroma pada bihun.

If you observe any tables, pasti rata-rata minta nambah semangkuk kuah lagi. Don’t worry it’s free of charge. Selain itu, bottomless garlic dan daun bawang too.

Asie Ak bihun

Asie mulai berjualan pukul 7 pagi, dan biasanya sudah kandas sebelum jam makan siang, terutama musim liburan. For your information juga, hari minggu off.

kopitiam kumango

Di kopitiam ini, banyak juga yang mesan poding telur dan kopi susu. But mind you, they’re overpriced beverages with just average taste.

top bihun bebek di medan

Sebagai tips juga, saat kopitiam ini lagi rame dan padat, kalian bisa duduk di kopitiam sebelah yang juga menyediakan mie ayam dan bihun ikan. I bet they serve cheaper drinks, dan mereka mengizinkan untuk memesan bihun bebek dari sebelah.

Asie bihun bebek

Despite harga makanan yang mengejutkan, kopitiam ini tidak pernah sepi. I mean, just look at the cars above and sense the people eating there.

For a breakfast, the price is pretty spectacular, tetapi jika dibandingkan dengan harga makanan sejenis seperti ramen dan udon di mal, saya rasa wajar aja dengan porsi dan kualitas yang dihidangkan.

Bagaimana menurut anda?

Bihun bebek Asie (Kedai kopi Kumango)
Jalan Kumango (tepat dibelakang kantor Analisa)
Buka mulai pagi hingga siang
Minggu libur

  1. fanny fristhika nila 10 Jul 2015 at 22:02

    harus kesini ^o^!! mudik lebaran ini akhirnya bs ke medan, dan udh bertekad cm mw kulineran doang 2 minggu di sana ..Yeaaayyy ^o^..

    Reply

  2. ini ada porknya ngk ya?

    Reply

    1. My best bet is… No. But I can’t guarantee.

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s