Rumah Makan Khas Makassar “Bunda”

sop konro makassar bunda medan

Buat yang suka nyobain makanan nusantara dari daerah lain, boleh sesekali main ke Rumah Makan Bunda yang menyediakan hidangan khas Makassar yaitu Coto Makassar dan Konro Bakar.

alamat coto makassar bunda

Walaupun lokasinya cukup tersembunyi, ternyata tempat ini cukup terkenal di kalangan pekerja sekitar Jalan Candi Biara. Makanan juga sudah mulai habis sekitar jam 3 sore, jadi sebaiknya datang lebih awal.

Coto Makassar
Coto Makassar

Sebagai masakan khas-nya, Coto Makassar (22rb) udah pasti wajib dicoba. Walau terdengar hampir sama, Coto nga sama dengan Soto, apalagi Soto Medan. Coto Makassar lebih menekankan di penggunaan rempah yang banyak dan aroma kacang yang khas.

ketupat makassar
Ketupat sebagai pendamping Coto

Daging yang digunakan uda pasti daging sapi dengan pilihan jeroan kalau kamu demen. Nah bedanya lagi dengan Soto, kalau Soto dimakan bersama nasi, Coto lebih cocok dinikmati dengan Ketupat (5rb).

Kuah Iga
Kuah Iga

Makanan lain yang MaMa cobain yaitu Konro atau lebih kita kenal sebagai Iga. Tergantung selera, kamu bisa pilih Konro Bakar, atau Sop Konro. Sebagai tambahan, pengelola rumah makan ini asli berasal dari Makassar, so finger crossed rasanya asli khas sana.

sop konro
Sop Konro

Kalau kamu penggemar sop, Sop Konro (35rb) ini wajib kamu coba. Mirip dengan coto, kuah dengan aroma rempah khas ini bisa kamu nikmati dengan nasi ataupun ketupat. Konro-nya sendiri lembut karena dimasak lama. Selain konro ada juga potongan jeroan sapi seperti babat, usus, lidah, dsb (kamu bisa request konro aja kalau nga demen jeroan).

Konro Bakar
Konro Bakar

Tapi kalau kamu nga demen sop, maka Konro Bakar (45rb) ini highly recommended! Konro yang sudah dibumbui dibakar langsung saat ada pesanan dan dihidangkan dengan bumbu kacang.

iga bakar konro medan

Makanan ini nga perlu penjelasan lebih lanjut. Kalau kamu datang kesini untuk pertama kalinya, order this! Yup, it’s that good.

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo

Sembari melirik-lirik lokasi dapur, perhatian MaMa teralihkan oleh potongan pisang yang dilapis ulit berwarna hijau. Karena juga tertulis di banner rumah makan ini, MaMa pun tergoda untuk order sepiring. Never too full for dessert, yes?

Es Pisang Ijo

Pisang yang dibalut kulit yang terbuat dari tepung ini disiram dengan adonan santan, sedikit sirup dan potongan es batu. Rasanya? Surprisingly good! Gini toh dessert khas Indonesia Timur.

es pisang ijo medan kota

MaMa’s verdict? A very interesting lunch indeed. Masakan khas Makassar, walaupun taste baru buat MaMa, asli bikin nagih apalagi Konro Bakar-nya. Definetely will come back!

Masakan khas Makassar “Bunda”
Jl. Candi Biara no 2 (Masuk dari samping Kantor Kejaksaan)
0813 9793 4771
0878 6896 2772

One thought on “Rumah Makan Khas Makassar “Bunda”

  1. makanan nya sudah gak kayak dulu lagi, iga nya keras, bumbu kacang nya ngak pakek kecap bango kecap murah kali,sop nya asin (harga gak sebanding kali)

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s