Rumah Makan Mama Koki, kuliner khas Binjai

mama koki resto medan

Sebetulnya dulu-dulu sekali sudah pernah mampir ke Mama Koki saat masih berlokasi di jalan Wahidin, tapi nga di review. Nah sekarang Mama Koki pindah ke Jalan Singa pas di simpang Jalan Gajah. Let’s try it out!

lokasi resto mama koki

mama koki medan

Dari cerita pengelola, dulunya Mama Koki berjualan di Kota Binjai sebelum pindah ke Medan. Di Binjai, Mama Koki terkenal dengan ayam goreng-nya yang konon berbeda dari yang lain. Se spesial apakah ayam goreng itu?

Ayam yang telah dimarinasi dan diungkep
Ayam yang telah dimarinasi dan diungkep, sebelum digoreng.

Dari penampakannya, susah mendeskripsikan cara pengolahan ayam ini (karena ownernya juga secretive banget hehehe…). Ngak seperti digoreng yang biasanya terlihat kering, ayam ini justru kelihatan moist dengan saus seperti karamel menempel di permukaan kulitnya.

ayam goreng khas Mama Koki (100rb/ekor) *bole request 1/2 ekor
ayam goreng khas Mama Koki (100rb/ekor) *bole request 1/2 ekor

It taste a little bit sweet, remind you of a honey glazed chasio (if you ever eat one). Bagian kulit yang manis itu ditimpa kembali dengan sedikit asin di dagingnya karena marinasi bumbu. So. Awesome.

The point is, rasanya enak dan bikin nagih. Belum sah ke Mama Koki kalo ga pesan ayam gorengnya.

nasi-ayam-mama-koki

Namun kalo kamu datangnya cuman seorang atau berdua, ayam gorengnya bisa di order dan disajikan sebagai nasi ayam (29rb) dengan side dish seperti telur, sambel kentang, acar, suwiran ayam rebus pek cam kee, dan soup of the day.

pek cam ke
Pek Cam Kee (150rb/ekor) *yg diatas itu porsi 1/2 ekor

Nah, pek cam kee (ayam rebus) – nya juga bisa kamu order per ekor (150 rb) atau setengah ekor (75rb). Menurut pengelola, ayam yang digunakan ialah ayam kampung asli. *Eh lho emang ada ayam kampung palsu?

Maksudnya sih, ayam kampung asli ialah ayam kampung yang dipelihara dengan alami, bukan jenis ayam Arab yang diternak dengan pakan campur obat (suntik). Secara ukuran mereka identik, namun terdapat perbedaan di tekstur dan rasanya, terutama setelah diolah.

Tentu saja faktor tersebut mempengaruhi harga. Pek cam kee ini disajikan dengan taburan fried garlic which we love, dan minyak wijen yang bikin tambah aromatic. Tastewise? Very good!

Don't miss the chili with pek cam kee, it's a perfect combo
Don’t miss the chili with pek cam kee, it’s a perfect combo.

Menu lain yang masih dengan condiments pek cam kee ada Bubur Ayam (22rb).

bubur-ayam-mama-koki

Walaupun hanya bubur putih biasa, tapi rasanya lumayan, nga hambar dan disajikan dengan suwiran ayam dan cakwee.

soto udang

Selain itu ada menu Soto Udang (40rb) yang konon juga bestseller disini. Sayang saat kunjungan udangnya tinggal sedikit, jadi kami order soto campur udang + ayam.

soto-campur-mama-koki

Menu ini sudah disajikan dengan nasi dan porsinya juga lumayan banyak. Pecinta udang be happy, udangnya gede-gede!

Buat adem-adem, disini banyak tersedia fresh juice. Specialnya Sunkist Pear (17rb) dan Martabe (Markisa + Terong Belanda, 16rb).

kari-bihun-mama-koki

Oya, satu lagi menu yang mampir di meja ada Kari Bihun Ayam (29rb). Kalau kamu nga demen bihun bisa opt for nasi. Kari-nya terasa lebih smooth dibandingkan para legenda kari, taste just OK tapi better buat kamu yang lebih health concern. Oh ya, dagingnya pake ayam kampung juga.

rumah makan mama koki

Overall lokasi makannya lumayan luas dan nyaman buat dine in. Penempatannya di bagian sudut jalan memberikan penerangan alami yang cukup baik. Disamping itu, hembusan kipas angin sudah cukup memberikan kesejukan di rumah makan yang bergaya semi terbuka ini.

rumah makan mama koki medan

On top of that, rasa ayamnya juara dan harganya cukup rasional. Kalau kamu bosan dengan olahan ayam yang begitu-begitu saja, coba mampir kesini ya!

RM Mama Koki
Jalan Singa simpang Gajah
081-1678-1818
10.00 – 15.00
17.00 – 21.00
Halal no pork

3 Replies to “Rumah Makan Mama Koki, kuliner khas Binjai”

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s