fbpx

Bihun goreng kuah kari dan jajanan sekolah Ameng

ameng hang kesturi

Jajanan sekolah, siapa sih yang tak pernah membelinya? Saat sekolah dulu, mereka lah yang menjadi superhero penyelamat perut di kala lonceng akhir kelas berbunyi.

ameng

Salah satu sosok yang sudah cukup senior ialah Ameng. Pemuda paruh baya dengan ciri khas topi semi koboi dan postur yang sudah bungkuk ini tak banyak bicara.

jajanan sma

jajanan sekolah

Dengan suaranya yang lembut, menjajakan cemilan seperti popiah, risol, curry puff, pangsit goreng, bakwan udang. Kebanyakan berupa cemilan yang digoreng, walau ada juga menu lainnya seperti sate puyuh dan andalannya—Bihun Goreng Kuah Kari.

bihun ka ka

Sekilas memang nampak seperti bihun goreng polos saja. Harga sebungkus hanya goceng, sesuai budget anak sekolah. Nah, kalo bihun goreng seperti ini mungkin sudah sering dijumpai di jajanan sekolah lainnya.

kuah kari bihun

Kuah kari yang disiram ke bihun pun menjadi ciri khas Ameng. Kuah karinya agak kental, jadi siramnya ga perlu banyak, cukup untuk membasahi bihun, ditambah beberapa potong kentang.

jajanan sekolah ameng wr supratman

Soal rasa sih sebenarnya sih kalo mau dibilang enak kali yah engga juga. Maklum, saya alumni Sutomo 1.

Namun, Ameng berhasil memberikan sebuah nostalgia terutama buat alumni sekolah Hang Kesturi, Methodist, dan W.R.Supratman, tiga sekolah yang Ameng lalui.

Still, eating something that you give emotional feeling is far more accomplished than satisfying your palate only.

Ameng jajanan kue
Jadwal:
07.00-07.30 – Hang Kesturi
07.45-12.00 – Methodist 3
13.00-14.30 – W.R. Supratman
HP: 085360475689

Leo

Leo

Co-founder Makanmana. Street Food Enthusiast.

16 comments

  1. Teringat kembali di awal 90-an di hk saat bel pulang sekolah berbunyi jam 18.20,dgn modal uang jajan Yg diberi ortu,bihun acek ini selalu menjadi pengganjal perut Yg keroncongan,tdk sampai Rp. 500 sdh cukup kenyang…

    1. Sekarang gopek pun ga cukup bayar parkir ya

  2. Tampang boleh tua tapi mudah untuk di ingat apalagi jajanan yang dijual, siapapun tak perna lupa akan ciri khas gorenganya.. semoga sehat dan panjang umur.

  3. Wah… bihun kari ini saya paling suka waktu zaman sekolah di hangkesturi. Dari sejak saya TK,papanya yg jualan trus waktu saya SMU anaknya yg jualan. Skrg anaknya juga uda tua ya. Jualan uda lama dari th. 1970an sampai skrg. Hebat. Saya selalu kangen bihun kari yg dijual acek ini. Nostalgia yg susah dilupakan. Kalau ada balik medan,selalu ingin berkunjung utk jajanan bihunnya.

    1. Ada lagi sate kerang dan telur puyuhnya bareng dengan bihun gorengnya disiram kuah karinya. Enak yummy banget….

      1. Thanks utk pengarang blog ini dan share informasinya. Jadi tau jam brp acek ini jualan. Soalnya pernah sekali sempat kecewa jauh jauh balik ke medan, sekalian mau mampir jajan sekitar jam 2 siang. Ternyata aceknya ga jualan

        1. Sama-sama Erny, makasi uda baca blog Makanmana ya

  4. Acek ini uda jarang datang ke WR gara’ ada saingan T.T

  5. Wah jadi kangen ni sama makanan Acek Ameng, jajanan kue gorengan paling ngetop di HangKesturi 😀

  6. sekali2 kadang teringat pengen ngerasain lagi bihun acek ni… jajanan masa sekolah dulu..

  7. Mantap”kangen bihun nya alumni hangkesturi

  8. Yang gue suka dr dagangan ini adalah penataan jajanannya yg rapi dan bersih – gue kasih jempol 2 deh buat si Bapak – jarang gue liat jajanan di jalan yg serapi ini

  9. gila ini makanan masa kecil gue ni, jadi nostalgia 😀

  10. OKay! Coming next is Acek Aseng for those of you who studied at Sutomo 1!

Leave a Reply