BPK Haleluya, cetar rasanya!

daging-merah-bpk-haleluya

It’s been a while gue ga nulis tentang BPK. So when an old friend came back Medan for business trip, jawabannya sangat singkat dan sederhana ketika saya tanyain mau makanmana?

HALELUYA

Gue heran kenapa ini orang koq jadi religius banget. Oalah ternyata yang dimaksud ialah BPK Haleluya yang berada di Jalan Berdikari, daerah Padang Bulan.

alamat-bpk-haleluya-medan

Lokasi RM Haleluya

Nah, berhubung alamatnya agak susah ditemukan karena terletak di kawasan pemukiman, silahkan cek google map di akhir artikel untuk akurasi denahnya (Yes, it’s accurate karena gue sendiri juga pake).

rm-haleluya-medan

lokasi-rumah-makan-haleluya-medan

Satu ruko ini menyediakan kurang lebih 10 meja dengan kapasitas 4-6 orang/meja. Untuk standar kebersihan rumah makan BPK (Babi Panggang Karo), tempat ini boleh dibilang memadai. I’ve seen worse anyway.

rumah-makan-haleluya

Cara memesan disini terbagi 2 jenis: ala carte atau paket. Banyak mahasiswa atau pekerja yang datang disini memesan porsi nasi + daging karena harganya lebih terjangkau alias hanya 14rb (S), 18rb (M), atau 22rb (L), sudah disajikan dengan daun ubi dan sop daging.

Buat kami rombongan ber-enam, pesannya per kilo (80rb). Satu piring dibawah ini porsinya setengah kilo, jadi untuk jenis dagingnya boleh milih: daging merah (lean meat/daging yang potongan lemaknya sedikit) atau daging putih (pork belly/samcan/potongan lemak).

daging-merah-haleluya-bpk

1/2 kg daging merah

Daging merah bentuknya lebih tipis dan tampak lebih kering. Paduan bumbu marinasi dan panggangan arang memberikan tekstur dan warna coklat gelap bercampur sedikit gosong. Hasilnya? Gurih dan flavorful.

daging-putih-bpk-haleluya

1/2 kg daging putih

Untuk daging putih, bagian pork belly yang dipakai. The fatty layer gave a juicy bomb inside the mouth, dan ketika dikombinasi dengan bumbu hasil panggangan. Oh my God… porkilicious!

Which one should you choose? It depends, tapi kalo kamu baru berkunjung pertama kali cinta Indonesia, boleh pesan merah putih alias campur, masing-masing daging akan memberikan citarasa yang sama namun sensasi yang berbeda.

daun-ubi-ala-batak

Tenang, bukan ganja

Kata emak, sayuran itu sehat untuk tubuh. Ya udah kalo demikian, dipesanlah juga daun ubi. And guess what, ternyata harganya free alias complimentary. Lumayan buat temenin si nasi plus daging. Oh ya, tambo tetap free juga.

daun-ubi-bpk-haleluya

Daun ubi setelah dimasak

sop-babi

Sop kosong, dikasi free juga.

saksang-haleluya-bpk-medan

Saksang – 16rb porsi sedang

Belum lengkap namanya kalo belum mencicipi Saksang. Hidangan yang sekilas nampak macam rendang ini sebenarnya terbuat daging babi dan dimasak bersama dengan bumbu lain, salah satu diantaranya darah.

Mendengar kata ‘darah’ mungkin terasa gross, tapi gini… bayangin aja itu daging rendang, most likely you’ll get over it. Remember, it’s all in your mind. Pada awalnya itulah yang terjadi di benak gue, tapi sekarang sudah terbiasa.

jus-nira

Air Nira dalam botolan Aqua – 8rb

Jarang jarang ditemukan rumah makan BPK yang menyediakan air Nira. Air yang diambil dari pohon enau/aren ini memiliki keunikan tersendiri, manis rasanya dan terasa sedikit berkarbonat karena kandungan alkoholnya (kurang lebih 4%).

“Kalo belum lulus minum tuak, cobalah dulu air Nira.” Cakap seorang kawan batak ke saya dulunya.

daging-panggang-bkp

Tak heran kalo BPK Haleluya ini selalu ramai. Citarasa yang baik dan harga yang murah ini membuat rumah makan ini digemari dan populer di kalangan mahasiswa dan pekerja. Bahkan kami yang tiba hampir pukul 3 sore itu pun tempatnya tetap rame, walau sayang kami tidak sempat mencoba kidu-nya.

Well, buat kamu yang terperangkap dengan brand-brand rumah makan BPK yang itu itu aja, tempat ini boleh jadi pilihan baru yang recommended.

BPK Haleluya
Jalan berdikari No.74 , Pasar 1
Padang Bulan
09.30-21.30 setiap hari

  1. […] Panggang Karo). Untuk rumah makan BPK, penyajian dagingnya berbeda, contohnya dapat dilihat di BPK Haleluya yang barusan kami […]

    Reply

  2. […] Panggang Karo). Untuk rumah makan BPK, penyajian dagingnya berbeda, contohnya dapat dilihat di BPK Haleluya yang barusan kami […]

    Reply

  3. Daging panggangnya memang lebih enak dari bpk lain, lebih lembut dan tidak gosong dan ada sedikit manis dan baunya pun wangi seperti daging panggang. Semoga kelezatannya tetap dipertahankan. Sukses terus dan HALELUYA..

    Reply

  4. Malem2 liat posting-an ini..
    Menyiksa perut!!!

    Reply

  5. Mantap Nih, BPK mank Enaknya sama nira. haha

    Reply

  6. wiw pasti teman nya itu lulusan USU , bpk favourite anak USU ni, cuma kalau di USU terutama FE . di plesetkan jadi Awe aka. Aweluya , “ke Awe yok” . haha. biar ga vulgar kali mau makan babi hahaha

    Reply

    1. Ide bagus, hahaha.. minum nya nira instead of root beer ya. Sepertinya ente juga lulusan USU hmmm…

      Reply

      1. yo ie , hehehe Fak. Ekonomi USU – 2006 . hahahaha

        Reply

  7. Weuw…so amazing.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s