Yee Sang – Kuliner Rahasia Rezeki Berlimpah

yeesang-heelaiton-proses

Mungkin menu Yee Sang/Yusheng sudah tidak asing lagi di telinga Anda terutama beberapa tahun belakangan. Salad ikan segar yang dipopulerkan dari negeri tetangga kini sudah merambah popularitasnya ke Indonesia, terutama Medan.

Apa sih yang membuat hidangan satu ini menjadi menu favorit pembuka tahun baru imlek?

Sebenarnya tradisi memakan irisan daging ikan mentah bersama keluarga dan orang-orang terdekat ini diawali dari desa Jiang Men di daerah Guangdong, China, yang kemudian diadaptasi oleh empat masterchef dari Singapore sebagai hidangan simbol pembawa kemakmuran untuk perayaan Imlek dengan nama Yee Sang. (Dalam aksara Mandarin, ikan (鱼) dan berkelebihan (余) sama-sama dibaca sebagai yú. Dan menu yúshēng (鱼生) juga homofon dengan yúshēng (余升) yang berarti ‘berlimpah ruah’ sehingga dipercaya hidangan ini menjadi simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi yang memakannya).

Di tangan para masterchef, hidangan daging ikan segar yang sederhana ini mengalami evolusi menjadi lebih meriah dan berwarna dengan penambahan berbagai bahan, seperti wortel, loba, biji wijen, kerupuk udang, ubur ubur, kacang tumbuk, dan lainnya sebagai pelengkap tekstur.

Bahan-bahan itu kemudian dituang dengan campuran cuka beras, minyak wijen, saus plum dan kietna. Kebayang kan gimana ‘gado-gado oriental’ ini begitu kaya rasa dan segar!

yee-sang-heelaiton-medan

Tradisi makan Yee Sang kian ramai dan festive dengan lantunan-lantunan pantun empat kata ‘si ku ua’ alias berkat pembuka tahun baru sambil mengaduk dan menyumpit tinggi-tinggi Yee Sang. Berikut cuplikan videonya:

Sebenarnya tradisi memakan irisan daging ikan segar bersama keluarga dan orang-orang terdekat ini diawali dari desa Jiang Men di daerah Guangdong, China. Tradisi ini kemudian diadaptasi oleh empat masterchef dari Singapore sebagai hidangan simbol pembawa kemakmuran untuk perayaan Imlek dengan nama Yee Sang. . Dalam aksara Mandarin, ikan (鱼) dan berkelebihan (余) sama-sama dibaca sebagai yú. . Dan menu yúshēng (鱼生) juga homofon dengan yúshēng (余升) yang berarti ‘berlimpah ruah’ sehingga dipercaya hidangan ini menjadi simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi yang memakannya). . More info: makanmana.net . Hee Lai Ton Jl Gandhi no 123 (061) 7355230 #yeesang #makanmana #heelaiton #kulinermedan #menuimlek

A post shared by Discover Medan Food with MaMa (@makanmana) on

Beberapa pantun berkat yang bisa diucapkan sambil menikmati Yee Shang adalah:

  1. 年年有余 – Nian Nian You Yu  (kelimpahan sepanjang tahun)
  2. 大吉大利 – Da Ji Da Li (keberuntungan dan kelancaran hidup)
  3. 招财进宝 – Zhao Cai Jin Bao (menarik harta dan kekayaan)
  4. 一本万利 – Yi Ben Wan Li (mendapat keuntungan sepuluh ribu kali lipat dari modal)
  5. 鸿运当头 – Hong Yun Dang Tou (keberuntungan sedang datang)
  6. 青春常驻 – Qing Chun Chang Zhu (awet muda)
  7. 风生水起 – Feng Sheng Shui Qi (perkembangan usaha yang cepat)
  8. 金银满屋 – Jin Yin Man Wu (rumah tangga yang dipenuhi dengan emas dan perak)
  9. 生意兴隆 – Sheng Yi Xing Long (kemakmuran dalam usaha)
  10. 甜甜蜜蜜 – Tian Tian Mi Mi (hidup senantiasa dipenuhi dengan kenangan manis)
  11. 满地黄金 – Man Di Huang Jin ( lantai dipenuhi dengan emas)

tradisi-yeesang-di-heelaiton-medan

Menyambut Hari Istimewa Imlek, Hee Lai Ton kali ini ikut menyajikan hidangan spesial orisinal Yee Sang yang ditemani dengana racikan istimewa saus plumnya. Paduan manis dan segar dari lobak, wortel, dan acar jahe merah kontras dengan kerenyahan ubur-ubur, kerupuk, kacang, dan wijen dan lembutnya salmon.

Disiram dengan citarasa saus plum yang unik, membuat menu Yee Sang ini hidangan yang tidak boleh dilewatkan dalam menyongsong harapan dan kesuksesan di Tahun Ayam Api ini.

nasi-babi-hlt

Selain Yee Sang yang iconic, kamu juga nga boleh melewatkan kesempatan mencicipi Lucky Claypot Rice kreasi dari Hee Lai Ton Restaurant. Walaupun terlihat seperti claypot pada umumnya, ternyata hidangan ini memakai 3 jenis olahan daging yang berbeda yaitu Lap Cheong atau Chinese Sausage, Yun Cheong (hati angsa) dan Lap Ak (daging bebek kering).

nasi-babi-close-up

Yang menarik perhatian MaMa ialah Yun Cheong alias Hati Angsa. Olahan ini ternyata di fermentasi dengan rice wine dan dikeringkan sehingga menghasilkan aroma kuat yang khas. Ini pertama kalinya MaMa mencicipi Yun Cheong yang menurut penuturan head chef Hee Lai Ton, Yun Cheong ini diimpor langsung dari Malaysia.

nasibabi-heelaiton

Bebek Siobak

Bebek Siobak

Dan tentu saja nga lengkap tanpa hidangan klasik Bebek Panggang dan Siobak / Siew Yuk (Roasted Pork Belly). Hidangan klasik ini umum hadir sebagai hidangan imlek karena dipercaya sebagai simbol dari kemakmuran dan kelimpahan rezeki di tahun mendatang.

Kalau kamu ingin merasakan langsung tradisi makan di bulan menjelang Imlek, langsung aja merapat ke Hee Lai Ton Restaurant. Team MaMa juga sekalian mengucapkan Happy Chinese New Year in advance, Gong Xi Fa Cai.

Hee Lai Ton
Gedung Yayasan Tio Ciu Lantai 2
Jl. Gandhi No. 123
(061) 7355230

    1. 🙏🏼

      Reply

    1. 🙏🏼 thank you

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s