30 Kuliner Medan Wajib Coba di tahun 2017

Medan, memang surga berkumpulnya makanan yang enak-enak banget! Saking banyaknya pilihan jenis kuliner di sini, kadang bisa bikin kelen bingung mau ke mana kan. Untuk itulah, gue hadir di sini untuk bocorin 30 kuliner yang kudu kelen coba di Medan. Cekidot, gaes.

LONTONG PECEL

Tempat ini sudah cukup dikenal di kota Medan dan memang banyak digandrungi sebagai tempat sarapan. Varian menu mulai dari lontong sayur, lontong pecel sampai nasi gurih ada di sini. Tapi yang rekomen di sini ya lontong pecelnya, favorit banyak orang.

Lontong Kak Lin

Jalan Teuku Cik Ditiro

NASI LEMAK/GURIH

Nasi gurih atau lebih dikenal dengan nasi lemak di Medan, merupakan salah satu pilihan favorit sebagai pengisi perut di kala sarapan, ada beberapa nasi lemak yang layak dikunjungi, salah satunya spot legendaris ini bagi para breakfast hunter untuk menikmati sepiring nasi lemak yang gurih sambil bercengkerama di kedai kopi sebelah.

Pasar Hindu

Jalan Hindu No. 37

NASI CUMI PEDAS

Pernah dengar nasi perang atau nasi kucing? Nah di sini versi yang nggak jauh beda, tapi ini lauknya pake cumi-cumi pedas. Cuminya gede-gede dijamin puas. Kayaknya satu porsi sih nggak cukup buat kelen hehe.

Warkop Srikandi

Merdeka Walk, Jalan Balaikota

NASI SOTO MEDAN

Soto ayam atau soto daging udah terlalu mainstream? Udah pada cobain soto udang belom? Penasaran sama rasanya kan? Selain udangnya yang cukup gede-gede, kuahnya dari santan yang buat soto udang di sini maknyus habis. Gurih banget, udah gas kan sana.

Soto Kesawan

Jalan Ahmad Yani

SOP LEMBU

sup-daging-kenari

Kalau sop kambing sudah mainstream, kelen bisa ke sini cobain yang namanya sop lembu. Sampai saat ini kalau jam makan siang, masih aja tetep rame nih. Daging yang lembut dan gurih, sop yang kental, kaya rempah dan kaldu, memang andalannya di sini.

Sop Lembu Kenari

Jalan Kenari

GULAI KEPALA IKAN

gulai-kepala-ikan

Gulai yang kental dan gurih dipadu dengan daging ikan kakap yang tebal, bisa buat kelen kalap ketika melahapnya. Salah satu hidangan wajib yang patut kelen nikmati, apalagi persembahan dari Rumah Makan Pondok Gurih (Lebih lengkap – Rumah makan Pondok Gurih)

 Rumah Makan Pondok Gurih

Jalan Brigjen Katamso No. 33 A

BIHUN BEBEK

Ada yang bilang Medan adalah kota asal dari bihun bebek. Bihun bebek sendiri ada terbagi dua jenis, yaitu kuah kaldu atau kuah herbal. Yang di sini lebih ke aliran kuah herbal. Dengan tekstur daging bebek yang lembut, siramin kuahnya dan taburin bawang putih goreng, maknyusss. Bagi anda yang mendalami aliran kuah Kaldu bebek yang kental bisa lanjut ke Bihun Bebek Asie

Bihun Bebek 18

Jalan Gedeh

BIHUN KARI AYAM/SAPI

kari-bihun-tabona

Kalau nyebut nama bihun kari di Medan, pasti langsung kepikiran ke sini. Tempat ini saking ramenya kadang kelen harus berbagi meja sama pengunjung lain loh. Mau kari ayam atau kari sapi, dengan kuah kaldu yang sungguh wangi dan tidak begitu pekat, sungguh mengena di lidah dan hati, mantap jiwa.  (Lebih lengkap – Kari Bihun Tabona, The Best Curry in Medan)

Rumah Makan Tabona

Jalan Mangkubumi No. 17

NASI AYAM HAINAM

nasi-ayam-10-1

Selat Panjang sih udah terkenal sebagai salah satu jalanan pusat Chinese food di Medan, makanya banyak makanan enak nongol di sini. Kalau yang ini udah berdiri hampir setengah abad. Pilih ayam goreng atau ayam rebus, yang bakal ditemani sambal udang, cumi rebus, potongan tahu dan semangkuk sup dalam porsi santapan kelen. (Lebih lengkap –  Nasi Ayam Hainan No.10 Selat Panjang)

Nasi Ayam SP 10

Jalan Selat Panjang No. 10

LAKSA MEDAN

laksa-medan

Laksa yang telah bertahan di Medan selama puluhan tahun ini layak disamperin. Dengan olahan laksa berkiblat seperti asam laksa di negeri tetangga, tempat ini ramai dikunjungi di sore hari. Selain itu kelen juga dapat menikmati beragam sajian olahan es dan kue tradisional di sini.

Laksa Medan

Jalan Jose Rizal No. 50/108

IKAN ACAR

_mg_7221

Terkadang untuk menikmati makanan enak memang harus sedikit pengorbanan. Berlokasi di sebelah kereta api, berisik, abu beterbangan, macet, panas, gerah, sempit, komplit. Tapi terbayarkan dengan hadirnya ikan gembung yang disirami acar cabe bawang andalan warung ini. Cobain juga telur dadarnya yah. (Lebih lengkap – Ikan Acar Warung Kak Yus/Video: Warung Kak Yus, Ikan acarnya best!)

Warung Kak Yus

Jalan Pandu No. 6

NASI SABANG MERAUKE

photo_2017-01-11_12-40-38

Lagi nyari tempat makan bersama dengan gaya Indonesia? Ngumpul rame-rame sambil makan pakai tangan nasi Sabang Merauke ditemani sambal Pertiwi, sambal andaliman khas dari sini. Bisa cukup untuk makan berempat, atau satu orang kalau kelen lagi lapar banget hehe.

Sajian Bhinneka

Jalan Babura Lama No. 4

KUE NAPOLEON

Nah ini nih oleh-oleh kota Medan yang lagi nge-hits buangettt. Halal dan kekinian dari seleb Irwansyah. Sejenis bolu, sejenis kue, mulai dari rasa mainstream seperti coklat, keju, sampai ke rasa eksis lainnya green tea dan red velvet ada di sini. Cuman kelen kudu bela-belain sabar, panjang broh antriannya tiap hari.

Medan Napoleon

Jalan KH. Wahid Hasyim No. 46/35

KUE MOCCA AVOCADO

Suka yang manis? Punya hobi ngeteh cantik? Kue-kue di sini pantas dilirik. Dengan variasi rasa dari coffee caramel sampai mocca avocado, bakal bikin ketagihan sebagai teman ngeteh kelen di sore hari. Santap di sini atau bawa pulang, terserah sor yang mana kelen.

Mom’s Kitchen

Jalan S. Parman No. 3/219

DONUT CHILI CRAB

Memang dunia persilatan perotian di Medan itu kayak ada di mana-mana. Bisa nongol di mana-mana. Yang ini termasuk pemain baru, hadir dengan varian rasa roti yang cukup berbeda dan kreatif dengan pemain lainnya. Pernah cobain roti isi daging kepiting pedas? Nah cobain di sini gaes.

Louise Patisserie

Brastagi Supermarket Tiara, Jalan Cut Mutia No. 1

BOLU OREO

Masih bingung mau cari ide oleh-oleh? Kalau bika ambon udah terlalu mainstream atau bolu gulung yang udah happening banget, nih opsi lain untuk kelen. Banyak pilihan rasa di sini, salah satunya bolu Oreo yang cocok untuk segala usia dan rasanya juga terjamin.

Angliss Bake House

Kompleks Multatuli Indah Blok FF No. 6-7

KOPI SUMATERA

Sebagai anak Medan seharusnya kelen bangga karena kopi Sumatera termasuk salah satu primadona dari tanah air. Kalau masuk ke sini, langsung tercium aroma kopi yang aduhai. Selain menjual berbagai jenis kopi dan mesin beserta peralatannya, pastinya kelen kudu cobain kopi di sini, juga bisa sambil belajar menyeduh kopi yang baik loh.

Otten Coffee

Jalan Kruing

TAHU BALIK

Sensasi gurih dan garingnya tahu dibalik, hidangan khas kota Binjai yang pasti menambat hati kelen yang gemar mencari kudapan sore. Seporsi tahu digoreng terbalik (bagian dalam menjadi luar) renyah yang kemudian dicocol dengan sambal kecap manis yang pedas. Siapa yang berani nolak?

Rita House

Jalan Jose Rizal No. 132

KWETIAW BAKSO SAPI

gubakwan-lebong-2

“Bakso bulat seperti bola pingpong, kalo lewat membikin perut kosong…”- salah satu hidangan wajib dicoba ketika ke Medan, bakso sapi alias “Gu Bak Wan”. Olahan daging baksonya yang gurih pasti membuat perut kelen keroncongan terus.

Bakso Lebong

Jalan Lebong No. 20

SATE KERANG

Ide lain lagi buat kelen yang lagi cari oleh-oleh. Belakangan ini, sate kerang makin popular baik di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Sate di sini ada dua jenis, ada yang besar dan kecil. Rasanya juga ada dari yang original, pedas manis sampai yang pedas. Popularitasnya udah sampai ke negara tetangga, bahkan dijual secara online.

Sate Kerang Rahmat

Jalan Kruing No. 3D

TAIWAN DESSERT

zeribowl-milk

Ada suatu masa di mana Taiwanese dessert merambah di kota Medan. Banyak brand, banyak pilihan, baik rasa maupun harga. Kalau yang ini sih pemain lokal, dari dulunya yang jualan online sampai sekarang udah buka cabang. Menu andalan di sini Zeribowl seriesnya, either go with lime or with milk, segerrr. (Lebih Lengkap – Zeribowl Dessert, Asia Mega Mas/Video: Zeribowl Dessert House)

Zeribowl

Kompleks Asia Mega Mas, Jalan Asia Indah No. 23

PIZZA

Sore-sore bawaannya pengen ngemil? Bosan cemilan itu-itu saja, mari cobain pizza atau kebab di sini. Sebuah kreasi lokal yang unik. Jangan lihat lokasinya yang sederhana, tapi rasanya rekomen deh. Pizza tipis di sini menjadi favorit pelanggan yang mampir ke sini. (Lebih Lengkap – Video: Madwrap Pizza & Kebab, kreasi lokal yang unik)

Mad Wrap

Jalan Sultan Hasanuddin No. 9

PIZZA RAKSASA

Kalau yang tadi buat ngemil sore, yang ini bakal bikin kelen ternganga pertama kali melihat penampakannya. GODPIZZA, pizza-nya dewa. Konon katanya pizza raksasa pertama di Medan, seukuran TV LCD 42” bah. Cucok banget buat kelen yang ngumpul rame-rame, boleh pilih dua varian rasa lagi. (Lebih Lengkap – Lekker Urban Food Restaurant)

Lekker Urban Food House

Kompleks Multatuli Indah Blok BB No. 10-11

PIZZA ala TURKI

turkish-pizza-medan

Eits jangan bosan dulu sama yang namanya pizza. Yang ini unik dan beda broh. Jangan terkecoh rasanya karena stand-nya yang so simple. Pizza ala Turki, bentuknya aja udah unik kayak daun. Pizza di sini aliran pizza tipis, masih dengan dua varian rasa daging ayam atau sapi, boleh request extra topping dengan extra charge. (lebih Lengkap – Pide Anne, pizza khas Turki)

Pide Anne

Jalan Monginsidi No. 12

BIHUN KEPALA IKAN

bihun-kepala-ikan-yang-lim

Bagi kelen yang mengandrungi hidangan kuah, jangan lewatkan sajian bihun kepala ikan Medan ini, sajian bihun tenggelam dalam kuah kaldu ikan dan jahe segar sambil ditemani daging ikan tebal yang gurih. Sangat cucok dinikmati kala hujan.

Kota Cane

Jalan Kota Cane simp Jose Rizal

TAU KUA HE CI

hechi

Kombinasi udang dan rajungan goreng, bersama tahu dan kangkung, belum lagi kerenyahan kerupuk udang dan cita rasa saus asam manisnya bikin menu ini sangat memorable. Tau Kua He Ci (terjemahan kasar: Tahu dengan Rajungan).

Kota Cane

Jalan Kota Cane simp Jose Rizal

RUJAK BUAH

Coba dibayangkan, manis dan segernya buah rujak bersalut dengan saus kuini dan cabe berpadu dengan harmoni antara pedas, asam dan manis. Highly recommended untuk dinikmati sebagai opsi cemilan sehat di sore hari.

Rujak Brayan

Jalan Kolonel Yos Sudarso

MARTABAK PIRING

martabak-piring-murni

Siapa pula yang nggak suka sama yang namanya martabak? Tempat ini salah satu legenda kota Medan karena udah berdiri lama banget broh. Martabak tebal atau tipis dengan berbagai varian rasa, tinggal pilih sesuai selera kelen. (Lebih lengkap – Martabak Piring Murni)

Martabak Murni

Jalan Tjong Yong Hian No. 43

DURIAN

durian

Gerai durian yang paling ramai dipadati sekota Medan. Tiap malam, gerai ini selalu penuh dengan pengunjung baik penduduk Medan ataupun pendatang luar kota. Di sini selain santap di tempat, bahkan ada stand khusus untuk packing sebagai oleh-oleh loh. Fyi, harganya sih nggak murah amat dibanding gerai lain. (Lebih lengkap – Ucok Durian)

Ucok Durian

Jalan KH. Wahid Hasyim No. 30-32

GELATO

dscf0053

Gelato oh gelato, dessert favorit yang hampir disukai oleh segala jenis usia. Di sini, gelato dan sorbetnya dibuat secara homemade, jadi bukan pesan dari luar. Walaupun pemain baru dalam bidang gelato, dengan belasan rasa gelato ataupun sorbet, bisa bikin kelen betah nongkrong di sini sambil ngemil snack lainnya. (lebih lengkap – Zisel Gelateria, Newborn Gelato Shop in Medan)

Zisel Gelato & Cafe

Jalan Cemara Asri Boulevard Raya No. A24


Nah, udah pada rencanain destinasi kelen ke mana selanjutnya?

Tak lupa, MaMa juga mau mention kalau guide 30 kuliner wajib coba kota Medan ini dipersembahkan oleh Yamaha Alfa Scorpii X MakanMana. MaMa jadi keliling kota Medan dengan pede, karena Mio Z yang tangguh dan stabil dengan ban lebih lebar, membuatnya mudah melibas segala medan jalanan di kota. Designnya yang bold abis, tetap mempertahankan bodi ramping membuatnya tetap lincah melibas jalanan.

Dan yang paling penting, Mio Z ramah BBM karena berbekal teknologi Blue Core dan Eco Indicator. Indikator memberi sinyal kepada pengendara tentang gaya berkendara mereka. Lampu Eco indikator akan menyala begitu memasuki kecepatan 20-60 km/jam di mana menandakan bahwa Mio Z sudah dalam modus hemat BBM.

Makanya dengan Yamaha Mio Z, skutik dengan performa bertenaga dan hemat bahan bakar, MaMa jadi tenang berkeliling kota Medan untuk nyobain semua kuliner wajib di atas. Now it’s your turn, gaes!

Special Thanks to: Yamaha Alfa Scorpii
Facebook: https://www.facebook.com/yamahamesra/
Instagram: https://www.instagram.com/yamahamesra/
Twitter: https://twitter.com/YamahaMeSRA
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC7dFs34sPc7AuMatUwIj-NA

banner-logobanner14

2 thoughts on “30 Kuliner Medan Wajib Coba di tahun 2017

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s