penang ameng kwetiau sup 08.jpg

Pasar Hindu, salah satu pasar terkenal di Medan yang menawarkan banyak jenis kuliner. Ramainya tempat ini didukung lokasi yang strategis (berada di pusat kota) dan berada di pusat bisnis.

suasana-pasar-hindu

Meskipun skala pasar ini kecil, kamu bisa menemukan sajian khas Chinese dan Indonesia. Beberapa kopitiam pun tampak menjadi aspek pendukung sehingga tempat ini kerap menjadi tempat tongkrongan pebisnis dan orang tua seusai berolahraga.

penang-ameng-kwetiau-sup-11

Gerai Ameng terletak di sebuah kopitiam tepat di sebelah ruas kecil pasar Hindu. Memang, kalo ga terbiasa, anda akan kesulitan menemukannya karena stellingnya tidak tertulis apapun, namun 3 taon lebih berjualan disini, tampaknya Ameng tak butuh introduction lagi.

penang ameng kwetiau sup 05.jpg

Mr Ameng

Sebelum menetap di kopitiam ini, Ameng dulunya berjualan di Petisah. Menjual sup kwetiaw khas Penang disini kena banget, karena target pasar yang mayoritas oldies disini suka akan kuliner yang ‘light’, dalam arti tidak berminyak dan berat.

penang-ameng-kwetiau-sup-04penang-ameng-kwetiau-sup-02penang-ameng-kwetiau-sup-03

Ingredients masih tampak raw (mentah). Di saat ada orderan, Ameng akan mengeluarkan kaldu kuah dari wadah besar yang kemudian ditaroh di wadah kecil, lalu ingredients tersebut pun dimasak lagi.

penang ameng kwetiau sup 06.jpg

Kaldu dimasak dengan daging dan ingredient lainnya agar lebih ‘sweet’

penang-ameng-kwetiau-sup-07penang-ameng-kwetiau-sup-01

Isinya kebanyakan daging ikan gabus (baik rebus dan goreng), minced pork, sliced pork, fishball, dan sayur. Harga satu porsinya 28rb.

penang ameng kwetiau sup 09.jpg

Dari penampakannya, sepertinya memang kurang menarik, warnanya yang agak pucat. But then, take a sip, and you’ll realize how good the broth is. Dan saya yakin kenapa hampir 80% pengunjung disini menikmati hidangan ini, as Ameng claim.

The portion is just right, not too filling, not as ‘kick’ as Medan’s food, yet it give subtle flavor. It gives you a satisfying full feeling without bloat.

And once I took my last sip on its soup, off ready to work.

Ameng Kwetiau Soup
Pasar Hindu
Pagi 07.00-10.00
#nonhalal
Location: https://goo.gl/maps/ChiqFa4cRTT2