SHAO KAO – The popular Chinese skewers street food in China

Mendengar nama ‘shaokao’, mungkin akan terdengar asing bagi banyak orang, namun bisa jadi akan terdengar sangat familiar atau bahkan sesuatu yang bikin kangen bagi mereka yang pernah tinggal di Tiongkok.

Shaokao (Chinese: 烧烤, shāokǎo), jika diterjemahkan langsung memiliki arti ‘barbecue’. That’s why jika kalian pernah travelling atau tinggal di Tiongkok, pasti sudah kenal dengan jajanan pinggir jalan ini, yaitu sate yang dipanggang di atas arang dan dibumbui dengan berbagai rempah khusus.

SHAO KAO sendiri berlokasi di kompleks Cemara Asri, bagian agak belakang. Dan sesuai namanya, tentunya mereka berspesialisasi di shaokao – sate ala China, dengan pilihan yang beragam dari sayuran sampai dedagingan.

Untuk pemesanan, langsung saja intip ke bagian display-nya dan pilih sate mana yang kalian inginkan. Ada 50 lebih variasi sate yang bisa kalian pilih di sini dan dengan harga yang variatif (harga per tusuknya ada di kertas menu, if needed).

Setelah pilah-pilih, pegawai akan membawa sate pilihan kalian ke ruangan khusus tertutup tempat pemanggangan. Jadi bagi yang khawatir panas api atau bau asap, tenang aja karena konsep makan di sini kalian tinggal duduk santai dan hasil panggangan setelah siap akan diantar ke meja.

Untuk style makannya tergantung kalian. Ada orang yang langsung makan hasil siap panggangannya. Ada juga yang cocolin ke saus khususnya (ada yang bilang rada asin, but back to your taste bud), atau tambahin dengan tabur bumbu pilihan kalian (semuanya ada di meja).

Nah ngomong-ngomong tempat duduk, kalian bisa pilih nyamannya di mana. Tentunya ada indoor lantai 1, dan juga lantai 2 yang kelihatannya lebih cocok untuk bagi yang suka minum atau nobar bersama. Bagi yang suka suasana outdoor juga tersedia.

As said before, SHAO KAO punya variasi sate yang luas dari dedagingan mulai dari ayam, babi, kambing, seafood, bakso dan daging hasil proses mulai bakso ikan, bakso cumi, crabstick, nugget, sosis ayam, sosis ikan, sampai ke sayuran mulai brokoli, jagung, kentang, jejamuran. Rata-rata dengan harga di bawah 10 ribu per tusuk. Beberapa variasi memiliki harga lebih, maksimal 20 ribu per tusuk.

Di samping menjual sate, SHAO KAO juga menyajikan aneka masakan China seperti nasi, kwetiaw, bihun, mie, dan tentunya beraneka ragam bir lokal & import. Karena memang di Tiongkok, shaokao biasa dinikmati dengan bir, sambil mengobrol atau bermain dadu bersama teman-teman.

On my first visit, saya datang dengan salah satu teman saya yang pernah menjalani kuliah studinya cukup lama di Tiongkok. Dialah yang pertama kali menjelaskan tentang ‘shaokao’ kepada saya. Dan menurutnya, sate shaokao di sini berhasil membalas rasa kangennya dulu ketika di Tiongkok, karena taste-nya hampir sama seperti yang aslinya.

Namun, mie mala-tang — mie dengan kuah mala (Chinese: 麻辣, málà, jika diterjemahkan berarti numbing and spicy), kurang berhasil mencetak gol di hati kami terutama teman saya. Fyi, mala-tang juga jajanan pinggiran yang sering ditemukan di China, biasanya masakan sup super pedas yang isinya berbagai macam daging dan sayuran, kadang shaokao juga. Sensasinya tidak sama seperti original-nya, lebih condong ke mie instan dengan kuah pedas.

Anyway if you’re wondering, SHAO KAO Medan merupakan salah satu outlet cabang, sebelumnya SHAO KAO telah ada di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Palembang, Surabaya, Pontianak.

Overall, SHAO KAO offers a great variety of Chinese skewers with nice ambiance, it could be a great option for hangout in Cemara Asri area with friends. I personally would come back though, so have you tasted it and what do you think?

SHAO KAO
Kompleks Cemara Asri, Jalan Boulevard Raya No. 88LL
061-66931036
Instagram: @shaokaomedan
http://www.shaokao.co.id
Open Hour: Monday-Friday (17.00-24.00), Saturday (17.00-02.00), Sunday (11.00-24.00)

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s