Si item “O Mie” at Hock Mee

Bicara saoal mie pasti nga ada habisnya kalau di Medan mah. Jenisnya yang udah banyak semakin banyak dengan hadirnya mie-mie specialty baru, belum lagi yang terinspirasi dari negeri tetangga. Contohnya ini, O Mie yang terinspirasi dari salah satu hidangan mie di Johor Bahru (Malaysia) dan dibawa ke Medan dengan sedikit penyesuaian di lidah anak Medan.

Lokasinya di Jalan S.Parman, tepatnya didepan sekolah SMA St.Thomas 2. Seharusnya cukup mudah ditemukan apalagi kalau di hari libur karena hanya Hock Mee satu-satunya yang jualan mie dengan sterling warna merah terang disana.

Specialty disini O Mie (Black Sauce Noodle) tapi MaMa pesen masing-masing satu jadi bisa cobain. O Mie disini bisa dipilih mie-nya dari mie kuning dengan tekstur mirip ifumie, bisa kwetiaw atau bihun juga. MaMa pilih mie kuning karena keliatannya lebih enak.

Untuk mie pangsit menggunakan mie yang lebih tipis – kalau di Medan sebutannya mie keriting. Sementara yang lebih tebel itu untuk O Mie. Walaupun bukan homemade, tapi waktu dicobain mie-nya lumayan enak dan ga ada tuh bau air abu dari mie kualitas rendah.

O Mie menggunakan mie yang lebih lebar

Nah begini penampakan O Mie setelah kamu aduk semua saus di bagian bawah mangkok. Mie dengan saus hitam gini jadi mengingatkan MaMa akan mie yang umum ditemui di negara Malaysia. Which is true, menurut pengelola mie ini tercipta karena terinspirasi dari hidangan mie di kota Johor Bahru kemudian di modif dikit agar sesuai dengan lidah orang Medan yang menuntut taste yang lebih ‘nendang’.

Walaupun terlihat hitam pekat, bukan berarti sausnya hanya kecap dan hanya terasa asin. In fact mie ini terasa enak dan sedikit mirip dengan Hokkien Char khas Pulau Penang – ada aroma kecap, sedikit manis namun tetap gurih. Sajian standarnya ialah dengan daging cincang, 2 potong Bak Kien (Chun Kien), dan bakso. Hint – jangan disiram kuah untuk taste maksimal.

Mie Pangsit

On the other hand, Mie Pangsit disini terasa biasa aja. Jenis mie yang ‘no complain’ tapi juga ‘no attachment’. MaMa suspect mie pangsit hanya sebagai substitute untuk yang nga suka O Mie. Tapi saran MaMa kalau kesini cobain O Mie -nya karena lebih spesial dan nga didapat di tempat lain. Kalau Mie Pangsit, ada yang lebih enak 100 meter dari toko ini.

Hock Mee
Jalan S.Parman depan SMA St.Thomas 2

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s