Saksang Apau 59

Aslinya nama BPK ialah singkatan dari Babi Panggang Karo yang umumnya merupakan rumah makan khas Batak yang menyediakan obviously, Babi Panggang dengan cara masak khas Karo.

Nah di jaman yang segalanya di universalkan ini, nga heran penggunaan nama BPK langsung mengacu ke hidangan daging babi, walau cara masaknya sama sekali bukan khas Karo.

BPK Apau 59 12

Pernah cobain Saksang Goreng 59 Apau? Jualannya di Asia Mega Mas, tepatnya di Yummy Food Court. Sudah pasti hidangan utamanya ialah olahan daging babi – dan karena penasaran MaMa cobain juga.

Dari percakapan singkat dengan uncle yang ramah ini ternyata sudah belasan tahun jualan di lokasi Rose Garden (tempat karaokean di rumah susun Sukaramai). Karena Rose Garden-nya digusur untuk dibangun Rusun baru, maka uncle pun pindah ke Yummy Foodcourt.

Dulu menunya lebih banyak, sekarang karena jualan di food court, variasinya dikurangi utk penyesuaian
BPK Apau 59 14
Mr Apau
Chasio

Pilihan menu terpampang jelas di bagian samping gerai, sebut saja Saksang, Saksang Goreng (nga ngerti juga apa maksudnya saksang goreng), Samcan Cabe Hijau, Chasio / Char Siew, Samcan Goreng, dsb. Karena bingung, MaMa randomly pick beberapa menu dan beberapa atas rekomendasi uncle.

BPK Apau 59 03

BPK Apau 59 04

BPK Apau 59 05

Saksang Goreng

Ternyata yang dimaksud Saksang Goreng (28rb) ialah pork belly yang sudah dipanggang terlebih dahulu sebelum digoreng lagi agar lebih garing. Nah yang masih ada embel-embel Karo-nya ialah saos yang dipakai untuk dipping itu khas Batak (saos darah dengan campuran cabe giling dan andaliman). Ah, coba kalau andaliman-nya lebih terasa…

Chasio Pui (33rb)

Chasio Pui / Nasi Babi Panggang mungkin yang lebih umum dikenal di daerah sini. Nasi putih dengan seporsi Saksang Goreng yang di mention diatas dengan tambahan irisan Chasio (babi panggang merah) ditemani semangkuk sup sayur asin. Taste Char Siew disini sedikit manis dengan tekstur daging tebal-tebal.

Samcan Cabe Hijau (33rb)
Chasio Cabe Hijau (33rb)

Dari berbagai menu yang MaMa randomly pick, mungkin favoritnya jatuh ke 2 menu Cabe Hijau difoto atas. Taste cabe hijau disini nga terlalu pedas bahkan cenderung manis, namun aroma cabe hijau saat kena ke chasio / samcan malah menjadikannya semakin gurih. Cabe hijaunya juga nga overcooked, jadi tidak ada rasa pahitnya. Seporsi dibanderol dengan harga 33rb. Recommended!

Pepes Ikan (20rb)

Kalau kamu lagi nga pengen hidangan babi, ternyata ada ikan pepes disini. Yes MaMa know, agak nga nyambung sih hidangan pepes dengan chasio / samcan tapi pepes disini juga layak diberi kesempatan tampil. It’s not bad at all, cocok bersama seporsi nasi panas in case kamu cari opsi yang lebih less fat.

Lain kali kalau kamu main ke daerah Asia Mega Mas, boleh mampir kesini untuk makan siang ataupun dinner. Saksang Apau buka dari jam 11 siang – 10 malam (tapi menu cabe ijo hanya tersedia sore & malam hari). Kalau kamu pernah makan disini, kasih komentar di kolom komentar dibawah. Selamat mencoba!

Saksang Goreng 59 Apau
Yummy Food Court – Asia Mega Mas
Jam 11.00-21.30

 

3 thoughts on “Saksang Apau 59

  1. Kasih nama kok aneh..? Sejak kapanlah ada saksang yg digoreng..? Sama saja dgn mengatakan sup goreng… Hahahaha

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s