Ini dia 4 Tempat Nongkrong di Medan ala Nusantara Style

Hayoooo ngaku dong siapa yang nggak pernah nongkrong di cafe bernuansa nusantara??? Kids jaman now jangan cuma nongkrong di cafe-cafe modern dong. Kita harus juga mengenal cafe-cafe yang bernuansa nusantara sebagai rakyat Indonesia.

So, dimana sih kita bisa nongkrong nusantara style??? MaMa punya 4 to-visit-list nih buat kalian. Cekidot!

1. Sajian Bhinneka

Bhinneka Tunggal Ika! Demikianlah bunyi dari semboyan bangsa Indonesia. Guess what, this is the name of our first to-visit-list; Sajian Bhinneka.

Dari entrance nya aja gue sudah bisa ngerasain Indonesian feel nya itu.

Rata-rata furniture disini sih terbuat dari kayu. Tapi ceiling yang satu ini sangat menarik perhatian gue. Why? Karena disini kalian bisa lihat berbagai ornamen tradisional seperti topeng wayang, dll digantung di langit-langit bumbung gajebo utamanya.

Resto ini memang nggak pake AC sih tapi ruangan terbukanya aja sudah cukup sejuk karena banyak pepohonan disekitarnya.

Yang namanya tempat nongkrong bernuansa nusantara, pastinya ada makanan khas Indonesia dong. Salah satunya yaitu Nasi Tumpeng Pertiwi, makanan yang biasanya digunakan masyarakat Indonesia dalam berbagai perayaan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Nasi Tumpeng Pertiwi

Untuk paket nasi tumpeng dari Sajian Bhinneka, ada ayam suwir, sate ayam, jagung bakar, mie goreng, telur mata sapi, abon ayam, lalapan, sambal ijo dan merah, dan yang pastinya ada nasi kuning. Sambalnya diletakkan di atas tomat yang dibentuk seperti keranjang, dan gue rasa itu unik banget.

Kalian tau nggak sih kalau tiap lauk di nasi tumpeng itu ada makna nya sendiri? Contohnya, telur yang artinya kebersamaan, dan lain sebagainya. Datang dan coba cari tahu deh!

Yukk jangan tunggu-tunggu lagi. Langsung saja kunjungi Sajian Bhinneka

 

2. Budaya Resto

Boleh dibilang Budaya Resto ini merupakan salah satu resto bernuansa Nusantara yang paling cantik di Medan. Yang pastinya, tempat ini superr duperrr luaaaass pake banget! Bagian belakang nya juga ada tempat rekreasi yang namanya Budaya Land. Di dalam Budaya Land, masih ada 1 cafe yang namanya Coffee Cabin. Penasaran seberapa luas Budaya Resto ini? Come and see, then you’ll know.

budaya depan

Dari entrance nya aja pun kalian udah bisa ngerasain nusantara feel nya. Ada payung teduh Bali style gitu dan taman yang dikelilingi gajebo-gajebo.

budaya pondok

Untuk makanan nya, pastinya ada salah satu makan favorit turis yang datang ke Indonesia (menurut buzzfeed.com), yaitu Nasi Goreng Kampoeng yang rasanya sesuai standar cita rasa Indonesia, yaitu ada perpaduan antara rasa pedas, asin, dan sedikit manisnya yang berasal dari kecap manis.

Budaya Resto 08

Nasi Goreng Kampoeng

Wait, masih ada yang lain nih. Ini juga salah satu makanan khas Indonesia, yaitu Gado-Gado.

Budaya Resto 11

Gado-gado

Penasaran? Go visit them and you’ll figure it out! Jangan lupa masuk ke Budaya Land yaa 🙂 Budaya Resto

 

3. Lady Batiq

lady batiq (15)

Dari nama cafe-nya aja udah tau kalo cafe yang satu ini bernuansa nusantara, yakan? Batik adalah salah satu seni khas Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Bahasa gaulnya yah… batiq… biar lebih gawl ala Princess Syahrini gitu.

lady batiq (14)

Lady Batiq sudah dibuka sejak tahun 2013, dan alasan mengapa cafe ini dibuka yaitu karena owner-nya suka dengan hal-hal berbau etnis. Nah, Lady Batiq itu bukan hanya sebuah cafe tapi juga gallery, dan mereka juga ada jual ornamen-ornamen tradisional gitu dan yang pastinya, ada batik! Awalnya sih mereka cuma pengen buka gallery saja, tapi tiba-tiba terpikir konsep untuk membuka cafe, jadi sekalian deh!

lady batiq (7)

lady batiq (12)

Dan ada 1 hal lagi yang menarik perhatian gue banget. Yaitu ladybug ini yang tebuat dari kulit kelapa. And this is what I called as “kreativitas dan imajinasi tanpa batas” yang tak terkalahkan oleh imajinasi Spongebob. *ehh..

lady batiq (11)

Untuk makanannya, here’s one of their best sellers, yaitu Mie Goreng Tempo Doeloe. Gue suka sih sama mie ini. Karena mie nya itu ditumis becek-style gitu which I like dan kerupuk udang nya itu enak banget karena walaupun gue sudah habiskan waktu buat foto-foto lama banget, tapi kerupuk nya masih renyah! Bawang goreng nya juga nggak pelit. One more thing, telur mata sapinya itu mungkin terlihat overcooked BUT let me tell you something, di tengah egg-yolk nya itu masih melting gimana gitu. Overall, cocok sama tastebud gue sih.

lady batiq (8)

Sayangnya, gue datang ke sini bukan pas malam hari. Karena di lantai 2 Lady Batiq ini ada outdoor area yang baru dibuat dan tampaknya sih bagus untuk gue jadikan lokasi narsis-narsis.

Let me share something. Yang gue paling suka dari cafe ini yaitu soal wifi-nya. Karena username & password wifi-nya semua sudah tertera di atas meja. Jadi kita nggak usah menahan malu buat nanya password wifi-nya ke karyawan, yakan? Agree?

Penasaran? Yukk ajak kawanmu untuk hangout bareng disini! Lady Batiq Cafe & Gallery

4. Bebek Ubud

lokasi bebek ubud medan

Buat kalian yang nggak pernah ke Bali dan pengen rasain sensasi Balinese, you must visit this place! Walaupun masih beda jauh dari Bali yang asli, tapi lumayan deh buat foto-foto, post di Instagram dengan caption “Hi, I’m at Bali.”

bale-bale-bebek-ubud

Kalau dari namanya aja sudah “Bebek Ubud”, pasti speciality nya di hidangan bebek dong, right?

bebek-ubud-crispy

Ini salah satu best seller mereka, yaitu Bebek Crispy.

bebek-crispy-closeup

Walaupun penampilannya bebek ini kering dan keras, tapi ternyata bebek ini crispy banget, sesuai banget dengan namanya. Crispy outside, tender inside. Bumbunya juga meresap banget ke dalam. Overall enak sih menurut gue karena bebeknya gak berminyak banget.

One thing for sure, jangan lupa pesan minuman nya yang fresh biar lebih terkesan seperti lagi di pantai-pantai di Bali gitu. Biar ceritanya ini seperti tips and tricks Bali chillax day versi KW Super.

minuman-di-bebek-ubud-medan

Inilah penampakan Light Pineapple & Karang Asem.

Sampai sejauh ini, gue quite impressed dengan masakan disini karena lumayan mirip dengan yang pernah gue cicipi di Bali. Menurut wawancara sih chefnya itu langsung didatangkan dari Bali.

So, jangan ditunggu-tunggu lagi. Kunjungi aja langsung! Bebek Ubud

Conclusion

Nah, itulah beberapa tempat untuk Nongkrong Nusantara Style versi MaMa. Kalau ada rekomendasi cafe/resto berciri khas nusantara lainnya, silakan comment di bawah ini. Jangan lupa share ke teman kamu yahh!

-Careen

7 thoughts on “Ini dia 4 Tempat Nongkrong di Medan ala Nusantara Style

  1. Bhinneka is a good place for nusantara ambience but food is not that good.

    Desa resto is another nusantara cafe on jln setia budi. Give a try.

  2. setuju banget dengan tempat yang direkomendasikan, gue sendiri paling suka bagian budaya resto, apalagi pas ada mention coffee cabin-nya budaya resto.
    tempatnya asyik untuk dijadikan tempat nongkrong bersama keluarga, teman maupun acara ditambah lagi nuansa outdoor-nya yang sejuk dan greeny.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s