Aku ingat betul bagaimana Istana Koki menjadi restoran pertama yang bikin aku terkesan dengan cara mereka memperlakukan tamu yang makan di sana. Jika ada tamu yang kebetulan berulang tahun dan merayakannya di sana, beberapa orang pelayan akan datang ke meja sang tamu dengan membawa alat musik perkusi kemudian langsung bernyanyi live rame-rame, bukannya cuma memutarkan lagu ulang tahun versi Jamrud yang itu-itu lagi dari speaker.

Kesan yang baik dari sebuah restoran tentu saja tidak diingat dari segi pelayanannya saja, yang paling penting pasti makanannya. Kunjunganku ke Istana Koki untuk mencoba 5 macam menu andalannya baru-baru ini kembali memberi kesan yang mendalam dari sisi rasa dan visual. Apa saja itu?

1. Ayam Crispy Eskimo

Ayam Crispy Eskimo

Ayam Crispy Eskimo – 65 ribu

Ini nih house specialty yang membedakan Istana Koki dengan restoran lainnya di Medan, yaitu ayam goreng dengan sensasi dingin! Kok bisa ayam yang digoreng crispy disajikan di atas tumpukan es? Aku pun sempat mikir, apa nggak jadi benyek tuh ayamnya?

Ayam Eskimo 2

Ayam Crispy Eskimo – 65 ribu

Kalau nggak dicoba, ya nggak bakal tahu keunikan dari menu fenomenal ini. Ternyata suhu dingin dari es (selama belum mencair) bisa menjaga agar tekstur ayamnya tetap renyah di luar. Hidangan dari daging paha ayam yang digoreng dan dibalur saus manis ini pun jadinya crispy dan dingin di luar, tapi panas dan lembut di dalam.

Sebaiknya sih ayamnya cepat dihabiskan sebelum esnya keburu mencair, tapi sesaat setelah mencair pun ayamnya masih terasa cukup garing kok.

2. Gulai Ikan Kakap

Gulai Ikan Kakap

Gulai Ikan Kakap – 99 ribu

Di Istana Koki, menu ini kabarnya termasuk salah satu favorit banyak orang. Porsinya terdiri dari potongan daging ikan kakap yang besar-besar dan tanpa tulang, plus tomat, cabe utuh, dan disajikan bersama pancinya yang diletak di atas tungku pemanas.

Siang itu makan nasi ditambah gulai ikan ini saja sebenarnya sudah cukup memuaskan. Kuah gulainya kental dengan rasa asin dan gurih santannya yang pas. Daging ikan kakapnya pun lembut dan tidak amis.

3. Kepiting Telur Asin Jantan

Kepiting Telur Asin

Kepiting Telur Asin Jantan – 35 ribu/ons

Dari presentasinya saja, menu ini sudah terlihat cukup menakjubkan. Berhubung chef di Istana Koki kabarnya ahli dalam mengolah live seafood, kepiting yang panjangnya sekitar 30 senti ini berhasil dimasak dengan baik. Alhasil, daging kepitingnya yang tebal tetap kenyal namun tidak alot. Saus telur asinnya juga melimpah dan rasa gurihnya masih terbayang sampai hari ini.

4. Sop Buntut

Sop Buntut Istana Koki

Sop Buntut – 39 ribu (Small), 69 ribu (Large)

Musim hujan begini, memang paling sedap jika menikmati sop daging panas-panas. Hidangan Sop Buntut khas Istana Koki ini menggunakan daging ekor sapi yang besarnya mirip kepalan tangan dan dimasak bersama potongan tomat, kentang, dan wortel. Aroma rempah dari sop ini terasa begitu kentara. Lezat!

5. Udang Cabe Garam

Udang Cabe Garam

Udang Cabe Garam – 89 ribu

Teman nasi yang terakhir ini porsinya juga jumbo di mana udang-udang yang berukuran besar digoreng tepung kemudian diselimuti taburan kremes yang asin-asin gurih, potongan cabe merah, dan daun bawang. Disarankan untuk langsung dimakan setelah disajikan ya, agar tekstur udangnya tidak alot karena mendingin.

All in all, jamuan makan di Istana Koki hari itu berakhir dengan memuaskan. Sebagai menu penutup dari hidangan mewah nan ekonomis ini, ada rujak lalapan yang ternyata disajikan gratis tanpa batas. “Hanya bayar dengan senyuman!” begitu ujar seorang staf dengan ramahnya.

Pantesan, mau weekdays ataupun weekend, restoran Istana Koki tetap kelihatan ramai di jam-jam santap siang dan malam. Nggak cuma karena banyak acara sering digelar di sini, tapi para tamu juga datang demi kenikmatan masakannya.

Iskok udang

Nah, bulan November ini MakanMana dan Istana Koki mau traktir kamu nih! Buat kamu yang nanti makan di Istana Koki, kamu bisa dapat hidangan ekstra yang sedap ini dari MakanMana, yaitu Udang Warisan Istana, dengan mengisi form melalui link di bawah ini:

bit.ly/istanamakanmana

Restoran Istana Koki

Jl. Cik Ditiro 110 A Medan

Buka Setiap Hari (11.00-22.00)

Halal