3 Kali Launch Korean Seasonal Menu, Ada Apa Dengan The Three Carrari?

We’ve featured The Three Carrari (TTC) di makanmana.net sekitar 2 tahun yang lalu, sampai akhirnya ulasan ini ditayangkan.

In the between, TTC sudah meluncurkan berbagai inovasi recipes baru dengan nama dan latar yang cukup catchy. Honey Boba, Genmaicha Boba, Thai Green Curry Puff and Lontong Sayur are just some of them.

Yes. Nggak typo kok. Lontong Sayur, Indonesia’s pride right from the kitchen of The Three Carrari.

We’d love to feature those all in our blog, but…… Okay zip it. Scroll down!


Korean Seasonal Menu

Thai Cuisine, French Pastries, Western menus and all those Indonesian Cuisine with their innovative and creative twist is understandable. Carrari Bersaudara memiliki latar belakang lulusan Le Cordon Bleu Sydney, Cesar Ritz Colleges Switzerland, dan Le Cordon Bleu Thailand to sum it up.

But, Korean? 뭐? 진짜?

Ada satu momen ketika Carrari Bersaudara travelling bareng dan diajakin teman mereka untuk cobain berbagai menu Korean. Nggak butuh waktu yang lama untuk ketiganya jatuh cinta terhadap kuliner ala Negeri Ginseng tersebut.

Setelah melakukan research dan melakukan beberapa pertimbangan, they decided to put these Korean-inspired menu (with a twist) menjadi menu seasonal.

PART I—Kimchi Based Comfort Food

Launched 13th Nov 2019

Kimchi Chicken Puff

Kimchi Chicken Puff dengan cincangan daging ayam dan kimchi yang sedikit mild menjadi pembuka yang bagus. Puff Pastry dari TTC sih memang sudah nggak perlu diragukan lagi.

Kimchi Pasta

Without any doubt, Kimchi Pasta ini merupakan highlight dan satu-satunya menu fusion dari Part I—Kimchi Based Comfort Food.

Kombinasi dari homemade Kimchi ala TTC dan French cooking cream menciptakan harmoni yang asyik di lidah. I strongly recommend you to have it while still hot for the best experience.

Ttukbaegi Bibimbap

Bibimbap disajikan dengan kombinasi saus Gochujang rahasia ala TTC. Simply mix it all evenly and enjoy.

It is called as “Ttukbaegi” karena disajikan di dalam pot tanah liat (ttuk-bae-gi).

Kecuali Kimchi Pasta, menu-menu lain yang disajikan dibuat sedekat mungkin ke versi originalnya di Korea. Almost authentic kalau menurut pengakuan owner. Sisanya hanya karena memperoleh sayur-sayuran dan bahan asli dari Korea itu cukup rumit.

Kimchi Bokkeum-Bap

Kimchi Bokkeum-Bap literally berarti Kimchi Fried Rice. Penyajiannya dalam mangkuk ttukbaegi yang panas ini, memberikan sensasi crusty and crunchy pada beberapa bagian nasinya.

Aroma kimchi sudah pasti terasa pada menu ini, lengkap dengan hint garlic dan sedikit rasa pedas dari Gochugaru (chili flakes). Beras yang digunakan pun merupakan beras asli Korea.

Dalkgogi Kimchi-Guk

As what I’ve mentioned above, Kimchi yang digunakan TTC merupakan hasil buatan sendiri. In fact, TTC menghabiskan waktu eksperimen selama 1 tahun untuk membuat kimchi yang menurut mereka “tepat”.

Begitupula dengan Kimchi pada Chicken Kimchi Soup yang menggunakan real homemade chicken stock ini.

Untuk kaum penikmat makanan yang nggak kenyang tanpa nasi, tersedia nasi putih ya.

Kimchi Budae-Jjigae

Budae Jjigae (Army-Stew) bukanlah sup (Guk).

Selain latar belakang sejarah ditemukannya budae-jjigae pada masa perang dulu, kuah Budae-Jjigae yang lebih kental dibanding Kimchi-Guk menjadi perbedaan yang mencolok.

Berbahagialah kaum penikmat nasi, karena menu satu ini sejatinya wajib dinikmati dengan nasi ya.

Haemul Kimchi-Guk

Haemul Kimchi-Guk ini merupakan versi seafood dari Dalkgogi Kimchi-Guk. Stock yang digunakan juga merupakan homemade fish stock.

Kala itu, menu-menu Kimchi based ini hanya tersedia untuk dine-in. Ya memang nggak kebayang sih bakalan jagi apa kalau order sup kimchi atau army stew dari TTC sampe rumah, dan dinikmati dingin-dingin.

Gyeran-Jjim

Meskipun diberikan predikat Korean Style Steamed Egg, tapi menu satu ini memunculkan kenangan ketika menikmati steamed egg rumahan yang hearty, yang dimasak penuh cinta oleh orang tua.

This may not be the best one from the list, but it’s sure have that special spot deep down in my heart.

Honey Yuja

Gelasnya memang mirip. Tenang, nggak bakalan tumpah.

Menyusul makanan yang diluncurkan pada Korean Seasonal Menu, dari sisi minuman juga nggak sabaran untuk unjuk gigi.

To make it short, it’s “honey citron tea” mixed with choices of: mineral water, fizzy soda water, fizzy yogurt soda, or mineral water & aloe vera chunks.

This may sound geeky but yuja and citron are actually different citrus fruits.

Part II—Noods For Life

Launched 4th Dec 2019

Jjampong

Menu Part II didominasi oleh mie, tema utamanya.

Basically, Jjampong menggunakan mie gandum homemade yang dicampur dengan kaldu anchovy-kelp. Satu porsi Jjampong di TTC ini terdiri dari mie (of course), bumbu dasar, Zucchini, kubis, black pepper dan gochugaru.

Tekstur mie yang al dente dengan sup yang sedikit pedas ini dengan cepat menjadi menu favorit Part II.

Jjajangmyeon

Hidangan favorit kami berikutnya datang dari menu yang cukup populer bagi Korean-lovers, and TTC berhasil mengeksekusi Jjajangmyeon dengan menambahkan sedikit twist ala mereka.

Campuran rasa manis yang dominan dan gurih dari black bean sauce mungkin terasa aneh untuk first-timer, but you’ll soon find it enjoyable and the next thing you know is that you’ve just done your second plate!

Chicken Tangsuyuk

Di negara asalnya sendiri, Chicken Tangsuyuk ini sedikit banyak dipengaruhi oleh gaya kuliner oriental (Chinese Food). Daging ayam digoreng dgn tepung hingga crunchy dan dicelupkan ke saus asam-manis yang terbuat dari naturally fermented soy sauce.

Seafood Kalguksu

Sebelum kita berantem, THERE ARE seafood di dalam menu ini. Kalau memang nggak kelihatan, ya karena udah diaduk 😂.

Menu ini juga termasuk menu favorit kami. Warnanya mungkin terasa bening dengan body sup yang clear, tapi kuah kaldunya bener2 thick and hearty.

Chicken Kalguksu

Coba dulu sebelum di-judge. Despite warnanya yang pucat seporsi Kalguksu ini mantul banget!

Kalo yang tadi versi seafood, yang ini versi ayam. Obviously kuahnya juga menggunakan real chicken stock, alih-alih anchovy-kelp broth.

They both tasted good, dengan seruputan kuah yang clear dan aroma yang kuat. Satu hal yang langsung muncul di pikiran adalah kedua menu ini bakalan cocok untuk tamu dine-in yang sudah berumur senior.

Yap, Ah-Kong dan Ah-Ma nggak ada alasan “nggak ngerti” makanan Korea yes.

Japchae Bab

Base untuk mie Japchae Bab ini adalah Dangmyeon (sweet potato starch noodles), yang kemudian dicampur dengan sayuran, telur, jamur, naturally fermented soy sauce, dan minyak wijen.

Tapi, TTC put a little twist dengan menambahkan nasi saat restoran lain malah menyajikannya secara terpisah. Faktanya sih, di Korea, Japchae dihidangkan barengan dengan nasi.

All of us agreed kalau menu ini tasted good di lidah. WDYT?

Kimchi Spicy Mix Noodle

Bukan! Ini bukan Spaghetti Bolognaise ya! Kimchi Spicy Mix Noodle adalah mie gandum yang dinikmati dengan TTC’s Secret Sauce, kemudian diberi topping timun, setengah butir telur rebus dan Kimchi (optional).

Taste-nya manis dengan paduan asam yang juga sama kuatnya. You either hate it or love it.

Bibim-Myeon

Mendengar kata “Bibim-Myeon”, kamu sudah pasti menghubungkannya dengan BiBimBap. Ya, kedua menu tersebut memang mirip. Yang membedakan adalah bahan karbonya, yaitu mie pada Bibim-Myeon. Cara makannya juga sama, campurkan semua bahan dan diaduk sampai merata. Enjoy!

Kimchi-God Ramyeon

This one last menu terasa sulit banget kalau ditolak. Beberapa orang memplesetkannya menjadi “Agam-Myeon”, haha!

Iya, menu ini pada dasarnya adalah mie instan ala Korea. Yang bikin berbeda adalah cara menikmatinya yang harus didampingi oleh homemade kimchi ala TTC.

Why “God” you asked, because “Shin” means “God” in Korean (Kimchi-Shin Ramyun).

Part III—Korean Street Food

Launched 16th Jan 2020

Kimchi Kardashian

Menu “superstar” pada Part III—Korean Street Food ini adalah Kimchi Kardashian, Gnocchi dengan bahan dasar kentang plus squid ink yang dibentuk seperti boba, kemudian dimasak dengan Kimchi, cooking cream, dan parmesan.

Seperti kedua part sebelumnya, twist a.k.a fusion dengan sentuhan ala TTC juga disematkan pada daftar menu Street Food ini.

Benchmark-nya adalah Kimchi Pasta yang terdapat pada part II. Tambahan parmesan yang menjadikan kedua menu ini berbeda.

Korean Fried Chicken

Hampir di semua outlet yang menyajikan “ayam goreng” Korea, menyajikan Wings dan/atau Drumettes sebagai bagian dari menu mereka. Tidak terkecuali The Three Carrari.

Sebenarnya terdapat 3 rasa yang disajikan: Original, Garlic Soy dan Devilish Spicy and Sour.

Garlic Soy pun menjadi topping yang paling kami rekomendasikan. Apalagi kalau request bawang gorengnya diperbanyak.

Boneless Chicken

“Adik” dari menu yang di atas tadi adalah Boneless Chicken. Simply buang tulang2 dan potong dadu fillet ayam.

Ayam yang sudah digoreng dengan bahan yang sama dengan Korean Fried Chicken di atas, juga turut disajikan dengan 3 pilihan saus yang sama dengan menu sebelumnya.

Original Kimbab

The “original” kimbab dengan presentasi sedekat mungkin dengan kimbab dari negara asalnya.

Though, this is everyone’s favorite dan merupakan menu yang bisa dibilang selalu dipesan kalau available.

Stir-Fried Kimchi Kimbab

Beranjak naik level dari the original kimbab, datang Stir-Fried Kimchi Kimbab.

Singkatnya, ini masih tergolong nasi gulung. Panjangnya, ini adalah kimbab dengan nasi yang sudah ditumis dengan kimchi, digulung, dibakar dengan torch dan disajikan dengan keju leleh.

Tentu saja rasa yang ditawarkan lebih “berwarna” dibandingkan dengan kimbab versi asli.


Itu dia 3 sesi launching Korean Seasonal Menu dari The Three Carrari. Surprisingly, rata-rata harga menu Korean ini berada di bawah harga regular menu-nya.

Dengan harga yang ditawarkan, rasa yang diberikan bisa dibilang memiliki higher value. To make it short, all these menu are worth trying!

Not sure how long will it last, but I guess you’ll have to hurry as these menu only available for a few months since their first launch.

The Three Carrari (@thethreecarrari)

Jalan Palang Merah, Ruko Royal Residence No: 10-11
Jam Buka:
10.00-22.00 (Sun-Thurs)
10.00-23.00 (Fri & Sat)
08116321638
Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/dQJMBvC6GyffitvR9