Bakso Amat—Masih Jadi Salah Satu Primadona Bakso Medan

DISCLAIMER: TEMPAT INI MAMA KUNJUNGI JAUH SEBELUM PANDEMI COVID-19 MELANDA

bakso amat halal juanda medan
Siang hari yang terik gak menghentikan MaMa buat kunjungi tempat ini. Kamu pasti langsung nampak gerai ini kalo lewat simpang Jl, Juanda.

Sudah tak terhitung lagi berapa kali kunjungan kami sejak terakhir kali membuat tulisan ini.

The Big just Got Bigger

bakso amat halal juanda medan
Awalnya, lokasi Bakso Amat cuman 2 ruko, tapi sekarang udah di-expand jadi 3 ruko

Pas kami masuk, gerai Bakso Amat padat pengunjung, sampai-sampai kami harus membuka mata ekstra lebar untuk mendapatkan tempat duduk.

Setelah kami “scan” tempatnya beberapa menit, barulah kami dapat tempat duduk di daerah pinggir, tepat di belakang sterling tempat bakso dibuat.

bakso amat halal juanda medan
Rame banget nih, sampe susah nyari tempat duduk!

Here Comes the Bride Main Course!

Tak berselang lama kemudian, Bakso dan Mie Ayam pesanan kami pun datang. Dari penampilannya sih Bakso kelihatannya lebih light daripada Mie Ayam yang menggunakan daging ayam semur.

Let’s start dengan baksonya, shall we?

bakso amat halal juanda medan
Baksonya yang chewy dan aroma khas bumbu langsung menghantam kami di suapan pertama.
bakso amat halal juanda medan
Daging sapi yang disajikan bersama dengan bakso juga terasa lembut. I don’t know about you, tapi aroma bumbu yang terlalu kuat maybe not suitable for us.

Lanjut dengan yang lebih nendang!

mie ayam bakso amat halal juanda medan
Bedanya Mie Ayam dan Bakso Ayam disini ada di mie yang dipakai, tambahan Semur Ayam, dan telur ayam UTUH
mie ayam bakso amat halal medan
Semur ayam terasa agak manis, bikin keseluruhan hidangan Mie Ayam terlihat lebih kental dan kaya bumbu.

Baksonya basically sama dengan yang ada dalam seporsi bakso ayam. Again, aroma bumbunya yang kuat serta keseluruhan rasanya yang cenderung asin kurang sesuai di lidah kami.

Habis makan pulang? NO

Setelah kenyang dengan dua hidangan yang tadi, kami pun langsung menghampiri beberapa staff untuk kami “interview”.

bakso amat halal medan juanda

Sebenarnya selain dua hidangan yang kami sebut tadi, masih ada Sop Buntut yang sekilas mirip dengan Bakso yang kami santap tadi.

Menurut staff, satu-satunya hal yang membedakan Bakso dengan Sop Buntut hanya penggunaan baksonya, sedangkan kuahnya sama-sama dimasak menggunakan tulang sapi.

bakso amat halal juanda medan

Dengan gerai yang selalu ramai dengan pengunjung yang datang silih berganti, berapa banyak bakso yang harus dibuat dalam sehari, you wonder?

Meskipun gak dibilang jumlah pastinya berapa, dalam sehari bakso yang dibuat harus dalam jumlah besar. 150-200 porsi bakso bisa habis dalam sehari, jadi bakso yang dibuat harus cukup untuk minimal 150 porsi dong.

bakso amat halal juanda medan

Selain itu, terdapat jeda satu hari untuk proses pembuatan bakso. Intinya, bakso dibuat dua hari sekali dengan jumlah yang besar.

What do you think?

bakso amat halal juanda medan

Mungkin rasanya kurang sesuai di lidah anak-anak MaMa, tapi dengan ramainya gerai Bakso Amat terutama saat jam makan siang, pasti ada hal yang bikin mereka begitu enjoy dengan sajian bakso disana.

Kalo kamu salah satunya, menurutmu apa sih yang bikin hidangannya begitu nikmat dan ngangenin?

Oh Ya, Selain Bakso, Ini Juga Jadi Rekomendasi loh!

Ketika duduk, kami juga ditawari berbagai macam makanan ringan, salah satunya sate kerang dan bakso goreng. Nampak di sudut seorang ibu tengah duduk di samping kotak besar kaca berisi sate kerang yang berwarna kemerahan.

Usut punya usut, ibu itu adalah owner dari sate kerang yang disajikan kepada kami, yang berbeda dari owner gerai Bakso Amat.

sate kerang bakso amat juanda halal medan
Sate Kerang (3rb/tusuk, seporsi isi 5 tusuk) yang jadi rekomendasi di Bakso Amat selain menu Main Course nya. Bumbunya sederhana aja, pake Bumbu Jawa terus dimasak lama dengan api kecil. Pedasnya nampol coy!

Rasa pedas langsung meninjuku dengan keras sejak gigitan pertama (apa mungkin karena aku gak terlalu bisa makan makanan pedas ya?). Tapi, daging kerangnya yang lembut tetap bikin aku lanjut menikmati sate kerangnya. Kalo kamu?

Bakso Amat

Jl. Ir. H. Juanda Baru No.112, Medan
Buka: 12.00-22.00 (Jumat tutup)
Telp: (061) 4572275
Location: https://goo.gl/maps/213wt5746uqShmKy7