Sarapan Pakai Jeroan B2 di Bubur Ci Hong Cuk Aksara

Bubur, yang keliatan simpel tapi justru merupakan salah satu makanan yang sebenarnya lebih versatile dibanding yang kita kira. Mau itu daerah ataupun negara, tiap tempat memiliki cara masak dan penyajian Bubur yang berbeda-beda.

Seperti di Jakarta, Bubur dinikmati dengan kuah kuning dan kacang, plus kecap manis, memberikan citarasa yang manis dan gurih. Di Korea, ada satu jenis Bubur unik dan nikmat yang menggunakan abalone sebagai bahan utamanya. Bubur ini dikenal dengan nama Jeonbok Juk/전복죽. Karakternya adalah warna Buburnya yang umumnya berwarna hijau dan memiliki rasa gurih dengan sentuhan minyak wijen. Menu yang satu ini merupakan local specialty dari Pulau Jeju.

Kalau di Medan, kalian bisa nemuin Bubur unik yang satu ini…

Bubur Ci Hong Cuk

Bubur Ci Hong Cuk

Bubur dengan topping jeroan babi dan darah babi ini dikenal secara umum dengan nama Bubur Ci Hong Cuk. Jadi, kalau kalian ketemu nama tempat makan yang ada tulisan Bubur Ci Hong Cuk, pasti ada menu yang satu ini.

Salah satu Bubur Ci Hong Cuk yang terkenal di Medan adalah Bubur Aksara.

Hanya bermodal sebuah gerobak, sang penjual bertengger tiap pagi di Jln. Arief Hakim dengan segentong besar bubur yang dimasak dengan darah babi. Bubur Aksara ini sudah ada sekitar 60 tahunan, dan sekarang dipandu oleh menantu penjual.

Bubur Aksara

Selain dengan topping darah babi, usus besar dan usus kecil babi juga ikut menyertai seporsi Bubur Ci Hong Cuk. Saus kecap, minyak wijen, dan daun bawang menambah aroma yang harum dan menggungah selera.

Banyak orang yang mungkin “geli” dengan memakan spare part/jeroan, apalagi kalau yang diolah dengan tidak benar, pasti mengeluarkan aroma tak sedap.

Tapi setelah 60 tahun beroperasi, Bubur Aksara jelas sudah menemukan teknik yang tepat untuk mengolah jeroan babi dan juga meracik rasa yang pas. Setelah berjualan selama ini, masih banyak pelanggan setia yang datang.

Jeroan

Jangan lupa untuk pesan cakwe-nya yang digoreng tiap pagi dengan adonan homemade. Garing dan gurih, cakwe merupakan salah satu pendamping Bubur terfavorit. Selain Cakwe, tambahkan juga telor asin yang dijual terpisah.

Untuk review yang lebih jelas, langsung gaskan di Youtube Makanmana!

Bubur Aksara

Alamat: Jl. Arief Rahman Hakim 184-160, Medan
Jam Buka: 07.00 – 13.00
Harga: 15rb
Non Halal
Lokasi: https://goo.gl/maps/c17TeJNVH2nGCjD18

Share this article
Default image
Christine Jillian
Blog Writer & Senior Content Planner at Makanmana
Articles: 79

Leave a Reply