Skip to content

Sustainable Tourism dengan Bu Annette, Co-Owner Tabo Cottages

  • 5 min read

Bertahun-tahun yang lalu, tepatnya di era 90-an, influx wisatawan yang datang ke Danau Toba meningkat tinggi, kebanyakan dari mereka datang dari Eropa. Tidak jarang apabila ada warga Jerman, Prancis ataupun Swedia yang berjalan-jalan di Samosir untuk melihat keindahan Danau Toba.

Salah satunya adalah Bu Annette, seorang wanita Jerman yang akhirnya berlabuh di Samosir. Bukan hanya karena terpikat oleh seorang pria lokal , tapi juga karena keindahan Danau Toba.

Cerita Bu Annette bagaikan sebuah novel yang ditulis oleh penulis bergenre romansa, bertema takdir dan jodoh.

Bu Annette memulai kisahnya sebagai seorang solo traveller yang berencana untuk mengelilingi dunia selama setahun sebelum akhirnya kembali ke kampung halamannya. Pada saat itu, Danau Toba bahkan tidak berada di dalam list perjalanannya.

Hingga suatu hari di sebuah tempat wisata di Thailand, beliau tidak sengaja mendengar cuitan traveller lain yang mengatakan bahwa Danau Toba merupakan salah satu pulau terindah yang pernah dilihatnya.

Itu pertama kalinya rasa penasaran Bu Annette kepada Danau Toba tersulut. Tapi waktu terus berjalan, Bu Annette pun tetap mengikuti rencana awalnya untuk ke Australia. Tak disangka, ketika berada di Australia, beliau mendengar hal yang serupa dari traveller lain. Di saat itulah beliau berpikir, there must be something there calling for her.

Dengan tekad yang bulat, beliau berangkat ke Danau Toba—tiket ke Amerika-nya hangus begitu saja. Ketika Bu Annette akhirnya sampai di Danau Toba, beliau terpesona oleh keindahan Danau Toba dan pada saat yang sama, bertemu dengan pria lokal yang memikat hatinya, sehingga memutuskan untuk menetap di Danau Toba.

Kisah beliau merupakan satu dari banyak cerita romansa lainnya yang berkecimpung di Danau Toba. Ada pelancong yang akhirnya menetap di Danau Toba, tidak sedikit pula yang membawa pasangannya pindah ke luar negeri.

Keramahan warga Samosir terhadap warga asing merupakan salah satu alasan mengapa banyak terjadi pernikahan antar bangsa di sini.

Bermula dari mengelola sebuah restoran vegan.

Setelah menetap di Danau Toba, Bu Annette dan suaminya mulai mengelola sebuah restoran vegan secara kecil-kecilan sebelum membuka toko roti, dan pada akhirnya, Tabo Cottages.

Sampai sekarang pun, kalian bisa menikmati masakan vegan yang nikmat di sini, serta berbagai roti khas Jerman yang sehat. Try their Brown Bread while you’re there! Rotinya enak dan sehat, tanpa gula dan bahan pengawet. Di sini, mereka juga roast their own coffee beans.

Sedikit info, kalian bisa menikmati buffet breakfast di Tabo Restaurant (tanpa nginap) hanya dengan membayar 99rb. Ada baiknya reservasi terlebih dahulu.

Tingginya minat wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, membuat Tabo Cottage full, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Seorang pecinta lingkungan yang memimpin dengan aksi.

Meskipun sudah lama tidak tinggal di Jerman, beberapa hal yang sudah lama tertanam pada diri Bu Annette tidak berubah. Salah satunya kebersihan lingkungan.

Bu Annette dikenal akan gerakannya dalam kebersihan lingkungan, salah satu contohnya adalah ketika Danau Toba diserang eceng gondok beberapa tahun yang lalu.

Berbekal riset dan pengetahuan yang dipelajari oleh Bu Annette, beliau menemukan bahwa eceng gondok dapat diolah menjadi pupuk organik, bermanfaat bagi tumbuhan lainnya.

Sekarang, sudah dilaksanakan beberapa program di Tabo Cottages terkait kebersihan lingkungan, diantaranya: Environmental Care (peduli lingkungan) dan Sustainability (keberlanjutan). Clean ups; Energy and Resources Saving Program; Eco Enzymes; Reduce, Reuse and Recycle; and Supporting the Local Community.

Something small can have a big impact when you keep doing it,” Begitu kata Bu Annette ketika di interview oleh team Makanmana.

Dan memang benar, beliau telah membuktikan bahwa hal-hal kecil dapat membuat dampak yang besar.

Tabo Cottages, Restaurant, and Bakery.

Alamat: Jl. Lkr. Tuktuk Toba, Tuktuk Siadong, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22395
No. Telp: WA: +62 812 6042 9452 | Tel: 0625 451318
Lokasi: https://g.page/Tabocottages?share

Leave a Reply

Your email address will not be published.