Skip to content

9 Outlet Ini Udah Legend, Tapi Sayangnya Masih Underrated

  • 6 min read

Kuliner di Kota Medan bisa dibilang udah mengalami perkembangan selama beberapa dekade ini. Banyak tempat makan modern bermunculan, tapi sayangnya tak sedikit juga yang terpaksa menggantung wajan karena beberapa faktor.

kwetiau hau pau kuliner medan

Meskipun begitu, banyak tempat kuliner yang still going strong, yang tak lekang oleh waktu. Beberapa tempat ini lah yang sering MaMa sebut dengan istilah “legend”. Nah, selain Kwetiau Ateng dan Mie Aceh Titi Bobrok yang udah pasti masuk jajaran tersebut, ternyata masih banyak outlet lain yang termasuk legend. Tapi sayangnya, belum banyak yang tau keberadaan atau eksistensinya di Medan.

Makanya, kali ini MaMa mau kasih tau 7 outlet yang udah termasuk legend, tapi masih underrated di Medan. Scroll sampe habis yah!

Kedai Makan Apin (Non Halal)

Jujur, kalo ga direkomen sama Christine, kami pun tak tau eksistensi Kedai Makan Apin ini. Ga pernah ada di radar kami sebelumnya, ternyata outlet yang terkenal sebagai tempat sarapan ini udah jualan selama lebih kurang 45 tahun!

Tempatnya sih memang kecil, tapi menu yang disajikan banyak banget, kayak di restoran besar! Selain itu, kalo kalian datang di hari yang berbeda, menu spesialnya juga berbeda.

Kedai Makan Apin

Jl. Barus (dekat Pajak Hongkong dan Hotel Soechi)
Jam Buka: 08.00-17.00

Kwetiau Hau Pau (Non Halal)

Oke, yang ini mungkin ga underrated amat karena pas tim MaMa ke sana tempatnya rame banget. Salah satu faktornya mungkin ada di citarasa makanan yang disajikan. Maksudnya, meskipun tampilan Kwetiau Goreng dan Mie Gorengnya cukup sederhana, surprisingly rasanya udah nendang banget! Ternyata rahasianya ada di penggunaan minyak babi.

Minusnya cuman kemarin nunggunya agak lama karena dia masaknya per porsi. Meskipun gitu, tim MaMa kagum karena rasanya masih nikmat meskipun udah dingin.

Kwetiau Hau Pau

Jl. Pertempuran No.21
Jam Buka: Sarapan 07.00-10.00
Malam 18.00-21.30
Kamis tutup, tapi kalo lagi ga pengen jualan sih tutup juga 😅
Harga: 17rb (telur) 35rb (lengkap)

Warung Pak Jamal

Sekilas, Warung Pak Jamal ini terlihat kayak warung nasi pada umumnya, tapi eksistensinya selama 50 tahun membuatnya layak disebut legend. Salah satu buktinya adalah para pelanggan setia yang masih mendatangi tempat ini meskipun agak susah dicari.

Alasan lain yang mungkin bikin tempat ini selalu didatangi adalah Ikan Sambalnya yang gurih pedas. Ikan yang digoreng hingga kecoklatan disiram dengan sambal merah yang mengkilat.

Warung Pak Jamal

Alamat: Jl. Pertahanan, Lorong XIX Brayan
Jam Buka: 10.30-15.00 (Tutup Senin & Selasa)

Mie Rebus Riang

Tempatnya sih termasuk kecil dan terletak di pinggiran rel kereta api, tapi ternyata Mie Rebus legend satu ini udah eksis selama 4 generasi!

Jujur aja, citarasa Mie Rebus khas India yang disajikan lebih light, lebih cocok dijadikan comfort food. Nah, kata Leo dan Bobby, kalian harus cobain Mie Rebus di sini setidaknya sekali.

Mie Rebus Riang Mbak Ita

Jl. Martapura (belok kiri dari Jl. Pandu)
Jam Buka: 15.00-21.00
Halal

Mie Tailo (Non Halal)

Lokasinya ada di jalan yang udah terkenal banget sama kuliner malamnya alias Jalan Semarang, tapi outlet Mie Tailo ini justru rada underrated. “Tailo” yang dalam bahasa Konghu berarti “abang pertama” ini ga bisa dibilang pemain baru, soalnya udah eksis selama 3 generasi, atau sekitar 40 tahunan.

Di antara berbagai toppingnya yang bejibun dan bikin ngiler, tim MaMa paling demen sama Chasionya, diikuti dengan ayam suwir dan bakso ikan homemade. Kalo kalian?

Mie Tailo

Jl. Semarang No. 86 (depan Bak Kut Teh Singapore Lina)
Jam Buka : Rabu, 10.00 – 22.30
Harga: 38rb

Es Krim Apo

Legend bukan sembarang legend, outlet Es Krim Apo ini udah eksis dari zaman Belanda! Sang owner yang kini berusia 70an tahun memulai usaha ini sejak ia masih berusia 17 tahun (sekarang sih prosesnya lebih banyak diserahkan ke asisten).

Rasa yang ditawarkan pun terbilang klasik, mulai dari durian, coklat, jagung, kacang merah, dan vanilla. Yang bikin spesial adalah penyajiannya di atas soda yang sepertinya udah susah banget dicari zaman sekarang. Such a nostalgic feeling!

Es Krim Apo

Jalan Ahmad Yani IV
Harga : 18k/Porsi

Cha Cha Acek Bongkok (Non Halal)

Thanks to Joe, tim MaMa jadi tau hidden gem legend ini. Sedikit cerita nih, sebelum MaMa bikin video Youtube di sini, Joe udah lebih dulu posting di IG MaMa (dan surprisingly engagement nya bagus banget). Jadi, Leo dan Bobby kemudian memutuskan buat ke sana dan nyobain sendiri.

Cara masak Aceknya memang kelihatannya santai banget, tapi hidangannya sanggup bikin mata Leo dan Bobby langsung berbinar di suapan pertama!

Cha Cha Acek Bongkok

Jl. Sumarsono, Pajak Karangsari, Medan Helvetia
Jam Buka: 06.00-14.00, 18.00-23.00
Non Halal⁠

Yee Cheong (Non Halal)

Bisa dibilang, outlet Yee Cheong yang berada di Jl. Bogor adalah salah satu outlet Charsiew tertua di Medan. Perabotan jadul yang sedikit termakan usia menimbulkan kesan old school yang mendalam.

Untuk sajiannya, citarasa dan aromanya agak berbeda dengan Charsiew mainstream di Medan (yang mungkin kurang sesuai dengan selera beberapa orang). But still, MaMa salut dengan authenticity yang tetap dipertahankan selama beberapa dekade, dan eksistensinya selama lebih dari 50 tahun membuktikan kalo outlet ini layak berada di jajaran kuliner legendaris Medan.

Yee Cheong Char Siew

Jalan Bogor/Tjong Yong Hian (Masuk dari jalan Cirebon)
Sebelum Jalan Selat Panjang
Open: 11:00 – 15.00

Es Krim Acek Eddy

Another outlet es krim jadul legend yang masih belum banyak orang tau ada di dalam vihara Vimala Diepa (kebanyakan sih di sini).

Di sini, varian es krim paling recommended itu Es Krim Alpukat (kocok)nya. Selain itu, menurut Acek ownernya, varian rasa best sellernya adalah kacang merah. Nah, kalian juga bisa pilih cone atau roti sebagai wadah es krimnya!

Es Krim Acek Eddy

Vihara Vimala Diepa 91, Jl. HOS Cokroaminoto No.15A
Biasanya sih keliling di sekitaran daerah Madong Lubis, Wahidin, Sumatera, Vihara Percut
For Order/Contact : 0813-6119-9038
Es Krim Alpukat 22k, Es Krim Roti 10k, Es Krim Cone 8k

Leave a Reply

Your email address will not be published.