Skip to content

Pork.id—Kreasi Menu Samcan (Babi Goreng) Paling Variatif & Kreatif di Medan!

Tempat makannya sekilas memang berupa ruko kecil di persimpangan Jl. Kediri dan Jl. Pagaruyung. Tapi, penampilan luarnya saja sudah menarik perhatian, dengan dominasi warna hijau giok dan merah, memberikan kesan Chinese yang kental. Ketika masuk ke dalam, sejuknya ruangan langsung berbanding kontras dengan udara luar yang gerah menusuk.

Berbeda dari eksterior, interior dalamnya justru lebih kental dengan warna merah dan abu-abu yang lebih menenangkan. Beberapa poster di dinding sudah langsung memberikan gambaran menu apa aja yang disajikan di sini.

Ketika duduk di meja, kami sudah disodorkan dengan daftar menu berwarna merah, dilengkapi dengan foto-foto yang menggugah selera.

Menu pertama yang kami pilih mungkin adalah best seller di Pork.id, karena pas MaMa masuk ke dapurnya, sudah ada beberapa meja yang memesan menu ini.

Samcan Platter (235rb)

Samcan Platter ini jarang banget ditemukan di restoran berbasis B2 lainnya, dan mungkin restoran Chinese food lain di Medan. Di dalam sepiring besarnya ada Samcan Goreng Andaliman, Samcan Cabe Rawit, dan Samcan Goreng Crispy. Benar-benar pilihan yang lebih praktis dan variatif buat sharing!

Samcan Goreng Andaliman dipotong lebih tebal, layaknya Samcan ala Chinese pada umumnya. Daging Samcan dimarinasi lalu di-deep fried. Sedangkan Samcan Goreng Crispy, sesuai namanya, dipotong lebih tipis dan lebar. Untuk opsi yang lebih manis dan pedas, Samcan Cabe Rawitnya pas banget, baik dimakan langsung ataupun ditemani nasi putih hangat.

Warning: Sambal Andalimannya nendang dan pedas abis!

Selain platter yang tadi, MaMa juga pesan lagi menu Samcan Goreng Madu dan Tulang Lunak Daun Kari. Samcan Goreng Madu punya tampilan yang mirip dengan Samcan Goreng Crispy yang tadi, hanya saja cita rasanya sedikit lebih manis karena tambahan madu. Sedangkan untuk menu Tulang Lunak Daun Kari, bisa dibilang dari segi penampilan mungkin seperti versi non Halal dari Ayam Tangkap.

Salah satu hidangan yang menarik perhatian adalah Samcan Goreng Telur Asin. Aroma khas salted egg yang kuat langsung menguar pas menu ini di-plating, auto mengundang air liur terutama bagi pecinta hidangan salted egg!

Samcan Goreng Telur Asin (90rb)

Aneka menu sederhana tapi nostalgic juga berkesan banget pas itu. Menurut Leo, Tu Kha Sui mengingatkan dia akan masakan khas rumahan yang sejenis: gurih dengan hint rasa manis dari kecap.

Nah, karena di sini spesialisasinya aneka olahan Samcan, menu sayuran MaMa hari itu juga masih mengkombinasikan Samcan Goreng di dalamnya. Cita rasa Buncis Cah Samcan cenderung gurih karena berasal dari Samcan, dengan tekstur buncis yang masih garing.

Tapi, hari itu justru dua menu Croissant ini yang paling mind-blowing!

Seakan tidak mau ketinggalan tren, Pork.id juga menggabungkan Croissant yang buttery dan flaky dengan dua menu mereka, yaitu Samcan Cabe Rawit dan Salted Egg. Cita rasanya sama kok dengan dua menu Samcan yang MaMa pesan tadi, bedanya yang ini bukan dimakan dengan nasi, melainkan dengan Croissant.

Menu lain yang menurut tim MaMa juga cukup enjoyable adalah Cakwe Pork Id. Cakwe yang garing membungkus daging yang padat tapi lembut, dengan rasa yang gurih dan asin. Tambahan saus mayonnaise di atasnya menambah sedikit cita rasa manis dan pedas.

Kurang suka menu babi? Menu Ayam Gorengnya juga boleh kalian pesan (tapi sayang aja sih, karena aneka menu babinya yang menjadi hidangan yang paling mereka tonjolkan).

Sebagai penutup, kalian boleh cobain menu Kembang Tahunya. Tahu yang lembut terasa nikmat banget dipadukan dengan larutan gula merahnya yang ada sedikit hint jahe. Cocok banget buat yang pengen merasakan Kembang Tahu, tapi selama ini mengurungkan niat karena aroma jahe yang kuat pada gula merahnya.

Nggak ada yang mengecewakan!

Setelah MaMa coba semua menunya, jujur nggak ada satupun menunya yang mengecewakan. Tapi, seperti yang lain, MaMa paling merekomendasikan menu Samcan Platter-nya!

Pengen sekedar nongkrong dengan hidangan yang lebih ringan? MaMa rekomendasikan menu Croissant, Cakwe Pork Id, serta Tahu Hua yang bisa kalian nikmati sambil ngeteh atau ngopi.

Kalo meja makan kalian udah penuh gini, kalian comot yang mana duluan?
Leo dan Bobby enjoy banget sama aneka menu di sini!

Dengan variasi olahan Samcan yang sekreatif ini, rasanya nggak afdol kalo nggak kemari setidaknya sekali. Perpaduan Samcan dengan aneka masakan lain seakan menyediakan opsi yang luas bagi preferensi pelanggannya yang beraneka ragam. Mungkin, setelah kunjungan kalian kemari, bukan Samcan Platter yang jadi favorit kalian, melainkan menu lainnya yang lebih mengena di hati.

Pork.id

Jl. Kediri No. 40, Kec. Medan Polonia
https://maps.app.goo.gl/KrZ637GsZo4NLQ4Y9
Jam Buka : 10.00-17.00 (Selasa-Kamis); 10.00-20.00 (Jumat-Minggu)
Senin tutup

Leave a Reply