Killiney Kopitiam

Pecinta makan Kota Medan pasti setuju, sekarang sangat menjamur rumah makan/cafe yang menawarkan konsep kopitiam (kedai kopi) klasik khas Malaysia / Singapore. Kenapa khas Singapore atau Malaysia? Bukankah di Indonesia sendiri juga banyak dijumpai warung kopi di setiap persimpangan jalan? Well, kopitiam khas negeri tetangga ini biasanya menyajikan beberapa menu yang tidak dijumpai di kopitiam lokal, seperti teh tarik ataupun the ever famous French Toast.

Dari beberapa kopitiam yang cukup ramai dikunjungi di Medan, kali ini kami akan coba mereview Killiney Kopitiam yang merupakan franchise langsung dari Killiney Singapore. Setelah melihat-lihat menu andalan Killiney melalui official website Killiney Singapore, kita sepakat wajib mencoba Singapore Curry with Rice, Singapore Mee Rebus, and of course Kaya Toast. Killiney Cambridge Mall pun kita tuju, karena Killiney disini tempatnya lebih luas dan tidak seramai Killiney Sun Plaza.

Dari segi interior, atmosfer yang ditawarkan lebih bernuansa moderen dibandingkan klasik. Buat kamu yang lebih memilih suasana unik kopitiam, this is not the place. You should go to QQ Kopitiam or Coffeebox instead.

Tapi kabar baiknya adalah, ternyata menu-nya sama dengan yang kami lihat di website sebelumnya. Jadi sudah pasti Curry Rice, Mee Rebus dan Kaya Toast kita pesan dengan tambahan Mammoth Ice Tea Tarik dan Mammoth Ice Milo Tarik. Mammoth here, means Jumbo aka BIG. Gelasnya benar-benar besar, kami sangat puas dengan 2 minuman ini. Satu gelasnya dihargai 17k.

Surprisingly, makanan yang kita pesan juga rasanya lumayan lezat. Curry dengan daging ayam ini punya tekstur kari yang kasar dan kental, berbeda dengan kari khas Medan seperti di RM Tabona. Tekstur-nya yang unik ternyata cocok juga dipasangkan dengan nasi yang disajikan hangat.

Porsi ayam-nya walau tidak terlalu banyak, juga cukup memuaskan mengingat harga yang ditawarkan sekitar 20k. Mee Rebus (also 20k) juga dengan porsi ukuran sedang, memiliki tekstur kuah yang kental dan sedikit kasar. Dengan aroma udang dan rempah yang cukup kuat, mee rebus ini pasti cocok dengan pecinta Mie karena rasanya tidak jauh berbeda dengan Mee Rebus khas Medan.

Yang cukup mengecewakan adalah Toast-nya yang menggunakan roti tawar biasa. Bagi kamu-kamu yang pernah merasakan toast khas Singapore pasti tau bahwa roti yang dipakai adalah roti tawar lembut yang lebih tebal dan berongga. Roti tawar biasa yang dipanggang dengan kaya ini menjadi sangat padat dan keras, mengurangi nilai authentic dari toast khas Singapore.

Kalau kamu datang ke kopitiam sekedar untuk minum kopi atau teh dan mencicipi toast, ada beberapa kopitiam lain yang menyajikan toast yang lebih baik. Tapi soal rasa makanan, this one is a ‘must try’.

activate javascript

  1. Harganya berapa

    Reply

  2. ngomongin toast jadi ingat french toast terlezat versi saya, dengan roti yang tebal dan lembut dan bahan fla yang super lezat karena berasa kayu manisnya. toast favorit itu adanya di resto buffet jw mariot. belum ada tandingan kalau sebatas di indonesia, min. versi saya sih. 😀
    lagian kenapa saya malah ngomongin toast ya? sori ngelantur ya, min. =))

    Reply

    1. Haha.. dari deskripsinya sepertinya memang lezat, tapi kalo hanya makan toast di buffet JW rasanya ga sepadan dgn yg dibayar *versi pelit 😛

      Reply

  3. Oh iya, jangan lupa cicipi Pempek Kapal Selam-nya. Saya pernah dua tahun di Palembang, dan puas menikmati pempek asli palembang. Tapi, pempek kapal selam di Killiney ini enak. 🙂 Serius. Lembut, cukanya juga tidak terlalu asam.

    Killiney tak hanya di Cambridge, tapi ada di Plaza Medan Fair, Sun Plaza, Merdeka Walk, di Jalan Pancing, dan beberapa tempat lain lagi.

    Reply

  4. ah, selain tempat makan, ini tempat ngobrol favorit saya dan ibu saya. Sampai rela bikin member card segala. Menu favorit kami berdua adalah, Mi Rebus Singapore, Kari Ayam + Nasi/Roti, dan Nasi Ayam Hainan. Nasi ayam hainannya enaaakk.. Dan minuman favorit kita berdua gak pernah berubah. Milo iced tea! Enaknyaaa.. Pernah nanya ke pegawainya, kenapa es milo nya enak, ternyata mereka menggunakan Milo buatan Malaysia, bukan buatan Indonesia. Memang bener sih, saat saya bandingkan dengan Milo buatan Indonesia, rasanya beda. 🙂

    Reply

    1. Memang kalau beli milo produksi lokal..jauh lebih manis dan wangi coklatnya tidak begitu terasa…trus yang lokal dgn harga yg setara kadang lebih mahal daripada yang dari malaysia.

      Reply

  5. Apa persyaratan untuk membuka usaha kopitiam ini?

    Reply

  6. Dear Sir,

    Apa persyaratan untuk membeli franchise kopitiam ini.
    Thanks.

    Rgds,
    Herny

    Reply

  7. Langsung aja ketemu managernya di kopitiam yang bersangkutan.

    Trims.

    Reply

  8. Apakah bisa memperoleh alamat dan phone contact, perihal franchise killiney kopitiam, dan berkeinginan buka di Jakarta, diperbolehkan?terima kasih

    Reply

  9. dimana letak kopi killian ini? Trims

    Reply

    1. Cambridge mal dan Sun Plaza

      Reply

    2. ecko cofeman 27 Jul 2012 at 19:17

      killiney dimedan:sun plaza,medan fair,cambrige,merdeka walk,singapore st 2,petronas pattimura,komplek setia budi,petronas ring road,cemara asri,tamrin plaza.

      Reply

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s