Kwetiaw Beras Yiu Huat 2

Baru-baru ini Kota Medan kehilangan salah satu chef kwetiaw goreng ternama, Kwetiaw Ong (Raja Kwetiaw), yang biasanya berjualan di Jalan Selat Panjang.

Sayang sekali kru makanmana.net tidak sempat mengabadikan gerai dan makanannya disebabkan jadwal berjualan yang tidak menentu karena faktor usia dan kesehatan.

Beberapa penggemar kwetiaw tentunya merindukan makanan yang satu ini. Kabar baiknya, Kwetiaw Yiu Huat ini ialah penerus dari kwetiaw Ong yang berjualan di Jalan Asia (Denah). Update: Sudah pindah ke Jalan S.Parman (Lewat kwetiaw Ateng)

Kwetiaw Beras Yiu Huat 3

Dengan ciri khas yang sama dengan kwetiaw Ong, bahan utama yang digunakan yaitu kwetiaw dipersiapkan sendiri, berbeda dengan gerai kwetiaw yang umumnya menggunakan olahan pabrik.

Selain kwetiawnya lebih fresh, teksturnya juga lebih lembut, less sticky, less glossy karena menggunakan tepung beras, dan lebih gurih. Kwetiaw yang awalnya berupa lembaran itu diambil lalu dipotong berbaris dan kemudian ditimbang sebelum dimasukkan ke dalam wajan beserta lauk.

Dengan menggunakan arang, bara api dan temperatur yang dihasilkan juga berbeda dengan api gas. Hanya saja, ketika ramai pengunjung datang, anda harus sedikit bersabar. Tapi jangan khawatir, karena ada Appetizer.

Kwetiaw Beras Yiu Huat 4

Sambil menunggu, anda juga bisa memesan ciong fan yang juga dipersiapkan sendiri. Berbeda dengan kwetiaw, lembaran ciong fan lebih tipis dan terdapat titik merah dan hijau yang merupakan char siew dan daun bawang.

Ciong fan yang dipotong dari lembaran hanya ditaburi bawang goreng dan sedikit wijen untuk menambah keharuman. Selain itu juga disediakan kecap asin encer agar pengunjung dapat menyesuaikan tingkat keasinan.

Kwetiaw Beras Yiu Huat 5

Penyajian kwetiaw Yiu Huat cukup menggugah selera. 2 ekor udang besar siap menantang lidah anda, dibarengi dengan char siew, bakso ikan dan lauk lainnya.

Kwetiaw ini memiliki cita rasa dan aroma yang baik. Hanya saja penggunaan bahan bermutu juga disejajarkan dengan harganya 20rb seporsi. The legacy continues, not only the taste, but the price as well. Recommended? Yes.

Kwetiaw Beras Yiu Huat 6

Yuk ikuti keseruan dari Makanmana di video terbaru: