Kwetiaw Beras Yiu Huat

Baru-baru ini Kota Medan kehilangan salah satu chef kwetiaw goreng ternama, Kwetiaw Ong (Raja Kwetiaw), yang biasanya berjualan di Jalan Selat Panjang.

Sayang sekali kru makanmana.net tidak sempat mengabadikan gerai dan makanannya disebabkan jadwal berjualan yang tidak menentu karena faktor usia dan kesehatan.

Beberapa penggemar kwetiaw tentunya merindukan makanan yang satu ini. Kabar baiknya, Kwetiaw Yiu Huat ini ialah penerus dari kwetiaw Ong yang berjualan di Jalan Asia (Denah). Update: Sudah pindah ke Jalan S.Parman (Lewat kwetiaw Ateng)

Dengan ciri khas yang sama dengan kwetiaw Ong, bahan utama yang digunakan yaitu kwetiaw dipersiapkan sendiri, berbeda dengan gerai kwetiaw yang umumnya menggunakan olahan pabrik.

Selain kwetiawnya lebih fresh, teksturnya juga lebih lembut, less sticky, less glossy karena menggunakan tepung beras, dan lebih gurih. Kwetiaw yang awalnya berupa lembaran itu diambil lalu dipotong berbaris dan kemudian ditimbang sebelum dimasukkan ke dalam wajan beserta lauk.

Dengan menggunakan arang, bara api dan temperatur yang dihasilkan juga berbeda dengan api gas. Hanya saja, ketika ramai pengunjung datang, anda harus sedikit bersabar. Tapi jangan khawatir, karena ada Appetizer.

Sambil menunggu, anda juga bisa memesan ciong fan yang juga dipersiapkan sendiri. Berbeda dengan kwetiaw, lembaran ciong fan lebih tipis dan terdapat titik merah dan hijau yang merupakan char siew dan daun bawang.

Ciong fan yang dipotong dari lembaran hanya ditaburi bawang goreng dan sedikit wijen untuk menambah keharuman. Selain itu juga disediakan kecap asin encer agar pengunjung dapat menyesuaikan tingkat keasinan.

Penyajian kwetiaw Yiu Huat cukup menggugah selera. 2 ekor udang besar siap menantang lidah anda, dibarengi dengan char siew, bakso ikan dan lauk lainnya.

Kwetiaw ini memiliki cita rasa dan aroma yang baik. Hanya saja penggunaan bahan bermutu juga disejajarkan dengan harganya 20rb seporsi. The legacy continues, not only the taste, but the price as well. Recommended? Yes.

10 thoughts on “Kwetiaw Beras Yiu Huat

  1. Halo smua.slamat sore.. YIU HUAT skarang yang pastinya sudah pindah di Jakarta, Komplek Palem Lestari blok A5 no.61… jadi kalo bagi anda yang lagi di jakarta ataupun sedang jalan-jalan di jakarta, mampir yah. ^-^ Trims

  2. Bang Leo tolong rekomendasi tempat makan kwie tiaw beras yg 100 persen halal ya…tanks

    1. Bisa coba kwetiaw polos di nelayan atau kwetiaw siram sapi, atau di Crystal Jade hotel angkasa, namun kalo style kwetiaw spt yiu huat ini spt nya susah nemu yg halal.

    1. Sepertinya dari komentar teman2 disini, katanya udah pindah ke Jakarta, kalo mau coba kwetiaw beras ada yg recommend daerah Cemara (blm sempat kami ulas). coba cek di halaman Recommend.

  3. ya sih… coz yg asli sudah RIP n anak2 beliau tidak meneruskannya… lalu da kerabat jauh yg pernah bantu2 mereka ngaku penerus… bo huat lar…
    sayang… soalnya racikan aslinya lebih basah…
    yg Andalas memang yg pagi yg asli… apalagi jika kamu tiba sebelon pukul 07.00 Wib soalny yg masak tu ai nya langsung… setelah itu puteranya ( adik yg masak sore ) yg masak n lokasi di sebelah toko yang buka malam…
    enakan pagi… lebih harum n ga gitu berminyak… met coba deh…

  4. hmm… tu yg pernah coba masakan kwetiaw ong alm… masakan yiuhuat tidak ada apa2nya deh… sorry klo da yg tersinggung… tp ne pendapat kami yg da merasakan masakan aslinya selama bertahun2…
    selain rasa juga panas bara yg disinggung… telur yg diceplokin ke wajan ja ga mateng2 sy liat… mo gimana bisa panas ??? saat dulu almarhum masak… percikan api bara sampai nyambar2 ke luar tungku… di sini mah ga keliatan apa2…
    tapi mang ikut2an gayanya beliau sih ne yiuhuat mpe botol2 aer jg ikut persis… n kwetiaw homemade ny mang skrg cuma tinggal dia… sayang kokinya takut dgn panas bara…
    oya… pernah 2x kunjungi yiuhuat medan… sekali nemani temen beli… sekali coba dgn adik…
    btw… info yiuhuat penerus beliau dr mana ya ? dulu waktu beliau masi jualan kami pernah menanyakan info tsb… dapat info dari anak kandung kwetiaw ong alm… ne yiuhuat cuma kerabat doank… bukan penerus lor…
    saran kami… admin boleh coba racikan kwetiaw Jl. Andalas seberang mie khek… ne jg da legendaris sejak luamaaa… hanya jualan pagi mpe pukul 8.30an doank… muantap deh rasanya… memang udangny ga sebesar yiuhuat… masalahnya kita mo rasain kwetiaw goreng atau udang ???

    1. Dewi, makasi atas infonya. Walau kami ga tau akurat atau ngak, setidaknya itulah info yg kami dpt dalam obrolan singkat dengan pemilik. Sayang sekali kami tidak sempat mengabadikan foto alm kwetiaw Ong karena memang sering absen berjualan.

      Untuk kwetiaw jln Andalas, kami sudah review namun di malam hari http://www.makanmana.net/kwetiaw-mie-goreng-andalas/ *memang denger2 chefnya beda. tapi nanti coba kami telusuri lagi di pagi hari. Makasi atas infonya.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s