Kwetiaw Gedeh

Bagi sebagian masyarakat Medan, gerai kwetiaw Gedeh ini dinobatkan sebagai salah satu top kwetiaw goreng kota Medan. Ga heran sih, soalnya beberapa pengunjung nampak sudah duduk menunggu antrian dan memadati rumah makan ini sebelum nenek yang sudah puluhan tahun berjualan menuangkan minyak ke wajan yang panas oleh bara api yang berasal dari arang.

Pada mulanya rumah makan ini sangat sederhana dan berjualan di ruko seberang dengan interior yang sempit. Setelah menuai sukses, mereka pun pindah ke ruko seberang yang sekarang berupa 2 ruko sehingga lebih nyaman. Karena tidak menggunakan nama, orang Medan menyebutnya Kwetiaw Gedeh, karena berjualan di jalan Gedeh. Keahlian Trio bersaudari ini tidak diragukan lagi. Yang satunya beraksi di depan wajan, yang satunya mengontrol bahan baku dan menjaga arang, dan yang paling muda membagikan porsi makanan anda yang diangkat dari wajan.

Menu makanan disini simple. Anda tinggal memilih; bihun, kwetiaw, atau mie. Lalu pilihan berikutnya; Polos, Telur, atau komplit. Bersabarlah apabila pesanan anda komplit, karena prioritas utama mereka ialah menu polos, yang kemudian dimasak lagi dengan hanya menambahkan telur atau lauk lainnya.

It may look simple and ordinary, tetapi pada cicipan pertama, anda akan menyadari kenapa kwetiaw ini bernilai Rp 25.000 (komplit), Rp 15.000 (Telur), dan Rp 10.000 (polos). Kwetiaw Gedeh mulai berjualan pukul 18.30 setiap hari. RECOMMENDED.

18 thoughts on “Kwetiaw Gedeh

  1. jl.bilal sebelah komplek bilal prima dekat simpang jl.mustafa,jam operasional 17.45 sampai jam 11malam,sabtu dan minggu ada nasi perang,wajib dicoba juga nasi perangnya,lebih lengkap namanya kwetiau amei/ahok tg.balai

    1. Kwetiau amei rata2 disukai tmn2ku yg dari luar kota seh khususnya tanjung balai, gue personally ga gitu suka karena oily banget…lauknya si buanyak emang.

  2. udah prnh review kwetiaw yg di jln sei kera sp.gb joshua blm y? rasanya mantep jg itu ko leo 🙂

    1. Kalo dari Jalan Sutomo lewat jalan kereta api tempat pak polisi dapet rezeki, terus ada satu jalan di bagian kanan, itu jalan Gedeh namanya.

  3. Review, kwetiaw dijalan gedeh no. 30 B (ga tau nama ainya sapa). Mie Jawanya maknyus… Harganya juga terjangkau. Bakphoknya krenyes”…

    1. Thanks Suryani, udah dikunjungi, cuman foto dan artikel blm ditulis, akan kami publikasikan dalam waktu dekat ini.

  4. Wah, kalo ini saya akui kwetiau Favorit saya. Saya makan sudah puluhan tahun. Tp kwetiau Andalas juga boleh diliput. Pagi anak lelakinya Aseng malamnya anak perempuannya. Hehe cuma sedikit tempremental saja org jualnya haha

  5. Salut kepada Bro Leo yg akhirnya meliput kwetiau (yang menurut saya top se-Kota Medan) ini…
    Di jalan gedeh ini, sebetulnya banyak juga jualan makanan, termasuk kwetiau.
    Kwetiau ini lebih dikenal dengan nama Kwetiau Goreng Botak Yi (A’Yi Botak).

    Bro Leo juga bisa mencicipi kuliner2 lainnya di jalan gedeh yang merupakan pusat konsentrasi suku Cantonese di Medan, dikenal dengan nama 广德隆 (Gwong2dak1lung4)… ^_^

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s