Citarasa Malaka di M&R

Kuliner Nyonya dikenal mempunyai citarasa ‘home-cooked’ yang kaya rempah dan unik karena merupakan perpaduan budaya Melayu dan Cina. Sering juga disebut masakan ‘Peranakan’. Bagi kamu yang kuliah di Malaysia atau pernah mengunjungi Melaka mungkin sudah familiar dengan masakan ini.

cover menu

Rasa dan penyajiannya tidak jauh beda dengan masakan Indo, cuma rasanya lebih asam dan pedas. Kalau kamu nggak anti dengan bau kencong, belacan, daun salam, ataupun kunyit, boleh mencoba restoran M&R di daerah Kampung Keling Madras ini.

interior MR

Olah dapurnya not bad, tapi ntah kenapa tempat ini sepi

Konon, resto ini juga membuka cabang di Jl. Asia. Beberapa kali makan di sana, bisa dibilang olah dapurnya not bad, tapi ntah kenapa tempat ini rada sepi. Apa karena kurang exposure, interiornya yang meskipun bagus tapi lightingnya agak suram, servisnya kurang berkesan (pelayannya ramah, tapi bukan ramah-tamah dan profesionalitas yang di-expect dari restoran, misalnya ada 1 pesanan kami yang ‘lupa’ keluar).

tahu MR

Kurang mendapat perhatian dari pemilik resto?

Sayang sekali… Karena kami masih ingat beberapa tahun lalu ketika resto ini baru beroperasi, menu Tahu M&R-nya ueeenaakkk banget, lembut sekaleee. Saus fla-nya juga kental dan wangi. Rasanya? Pas di lidah. Tapi yang terakhir kami cicipi ini, tahu digoreng terlalu kering dan sausnya terasa banget tepungnya. Untung saja menu lainnya lumayan cocok di lidah, seperti Ayam Goreng Wijen dan Belut Cabe Hijau.

ayam goreng wijen
belut cabe hijau

Kami juga memesan Gurami Kencong atas rekomendasi pelayan resto. Karena saya sendiri penggemar kencong, satu porsi bisa habis saya libas sendirian kalo bukan karena ikannya agak bau tanah. Menu berikutnya, Ayam Hot Pan dengan bau belacannya yang kentara, sayang agak sedikit berminyak. Rusa Lada Hitam, sedap rasanya tapi penyajian kurang berkesan eksklusif dan ‘mahal’.

gurami kencong
ayam hot pan
rusa lada hitam
rusa lada hitam

Menu-menu rich flavored tadi semua untunglah dinetralisasi dengan menu sayuran hijau yang renyah, Tou Miau Cha Polos.

Tou Miau Cah Polos

Tips menikmati masakan Nyonya

Nah, ini sedikit tips untuk menikmati masakan Nyonya:

  1. Pastikan semua menu sudah dihidangkan sebelum mulai makan karena anda pasti tidak bakal suka kalo ada yang ‘gantung’.
  2. Bagi yang sedang diet karbo please ditunda dulu ya karena masakan Nyonya harus dinikmati bersama nasi putih biar pas di lidah.

Urusan dompet bisa dibilang cukup reasonable. Harapan kami manajemen M&R bisa meningkatkan kualitas dan ambience karena kami masih berharap banyak dari resto dengan citarasa authentic ini. Om Nom nom…

M&R Restaurant (Khas Malaka)
Jl. Taruma no. 37 Medan
061- 4536537

6 thoughts on “Citarasa Malaka di M&R

  1. skrang restaurant ini nga sepi lagy guys, just info sudah banyak travel agent yg menyerbu restoran yg 1 ini khususnya chinese jawa, chinese malaysia dan singapore. menu specialnya adalah daging rusa, dan semua hidangannya fress dan wuenak tenan

  2. Restaurant MR, sebenarnya enak rasanya, dibandingin dengan resto yang sejenis nya, sebenarnya makanan nya tergolong enak. Tapi saya sendiri juga bingung, kenapa tempat ini selalu sepi? Mungkin kurang promosi?

    Tempat ini juga cocok utk menjamu tamu, makanannya ga kampungan, rasanya enak, presentasi juga not bad, dan cocok untuk selingkuh dan kencan gelap eh maksud saya relasi dan teman bisnis….hahahah soalnya sepi hahahahahha…..

    1. Hello Paul… Nggak mahal-mahal banget untuk restoran keluarga. For your reference, Belut cabe hijaunya 35rb/porsi, ayam goreng wijennya 40rb/porsi… Yang lumayan mahal Gurami Kencong, jatuh-jatuhnya di 90rb/porsi. Semoga membantu…

  3. Jika ingin mencicipi belut, bisa coba ke warung belut JO diselingi minuman bandrek susu khas sukabumi. Mantap deh. Jangan lupa dilokasi komp multatuli indah blok D 4. Promosi jadi malu deh.

Berikan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s